Lompat ke konten Lompat ke footer

Cara Israel Menanam Tanaman Pertanian di Lahan Super Kekeringan dan Tandus Air (2015)

Tadi nyoba lihat Statistik Website ini Melalui Hitstat. Ngga nyangka Ternyata Banyak Orang Indonesia yg Penasaran dan Bertanya-tanya ya. Bagaimana ya, Cara Israel Menanam Tanaman di Lahan Super Kekeringan dan Tandus Banget.

Padahal ya, Jika kita Baca di Arsip Wikipedia.org. Israel adalah Negara yg Berada di Timur Tengah yg dikelilingi oleh 22 Negara Arab. Sejatinya, Negara Israel yg seluas 4 Pulau Bali ini memiliki Geografi Lahan Padang Pasir Gurun Nan Tandus. Tapi kok mereka bisa menjadi Penjual Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran.

Padahal ya. Jika Kita pengen menanam Tanamanan. Kan membutuhkan “Air yg Banyak”. Nah Darimana Negara Yahudi ini mendapatkan Air dan Bagaimana Cara Tanaman Bisa Tumbuh Subur di Padang Pasir. Yuk kita cari Tahu Tips Trik Cara orang Yahudi…?


TEKNOLOGI IRIGASI :
Ternyata Cara Umat Yahudi ini Bisa Menanam Tanaman di Lahan Kering adalah Melalui Penelitian Riset dan Ilmu Pengetahuan. Salah Satu Organisasi Tersebut adalah ARO (Agricultural Research Organization).

Ini Merupakan Perpaduan Kumpulan Interaksi Kerjasama yg Erat antara Ilmuwan Yahudi, Konsultan, Petani dan Industri Pertanian Israel yg Saling Membahu Bekerjasama dalam Menyelesaikan Problem Kekeringan ini.

Di Dalam ARO ada 6 Lembaga. Yang Terdiri dari Ahli Bibit Tanaman Unggul dan Hewan, Ahli Perlindungan Tanaman, Ahli Tanah, Ahli Air, Ahli Ilmu Lingkungan dan Ahli Teknik Teknologi Pertanian. Selain ARO. Sebenarnya ada Juga Beberapa Ahli lainnya. Yaitu Ahli Unit Komputer Khusus Tanaman, Ahli BioFilter, Ahli Genomics, Ahli Bio Informatika, dan masih banyak lagi.

Salah Satu yg Lainnya adalah Ahli Irigasi. Atau biasanya disebut juga dengan NETAFIM. Netafim adalah Sebuah Produk Teknologi Micro Irigasi Sistem Tetes. Yang Menggunakan Selang Selang Kecil, yg di Taruh di Tanah. dan Mampu Meneteskan Air dan Pupuk Cair kepada Tanaman dengan Takaran yg Tepat dan Efesien. Sesuai dengan Usia Tanaman Tersebut.  


Jadi ya, Misalkan nih. Kita Menanam Jagung di Padang Pasir. Petani Tinggal Menaruh aja Selang ini ke Dalam Tanah. Ketika Bibit Jagung di Tabur. Selang ini bisa diatur Volume Tetes Air-nya. Untuk Menyirami Tanaman Secara Otomatis. Video Detailnya Bisa Anda Lihat di Bawah ini.


VIDEO : NETAFIM

Dari Beberapa Sumber yg Saya Baca di Internet : Ada Beberapa Orang Indonesia yg Pernah Berwisata ke Israel. Ia melihat di Sepanjang Perjalanan. Selang-Selang NETAFIM menjulang hampir disetiap penjuru. Menetes Neteskan Air ke Tanaman dan Pohon-Pohon Setiap Hari Sesuai Dosis Umur Tanaman Tersebut yg diatur oleh Program Komputer agar Efesien dalam Penggunaan Air.

Inilah Salah Satu Teknik Cara Yahudi bisa Menanam di Tanah yg Penuh dengan Kekeringan.

Darimana Israel dapat Air. Bukankah Negara Gersang

Kita mungkin Bertanya..? Lalu Bagaimana sih Selang-Selang NETAFIM Tersebut di atas ini mendapatkan Pasokan Air dari Sungai atau Danau Israel. Padahal kan Selang ini Terhubung ke Danau, Bendungan atau Waduk.

Secara Logikannya kan Israel Negara Gersang Tanpa Air. Dari mana Bangsa Yahudi ini mendapatkan Air dan Bagaimana Caranya Waduk mereka berisi Air.

Sebelum mengetahui hal ini. Mari Kita Cari Tahu dulu ya. Asal Asul Air Tawar.

ASAL USUL AIR TAWAR :
Bumi Tempat Tinggal Kita ini. 70% nya adalah AIR. Tapi dari 70% Volume Air di Bumi 97,5% adalah Air ASIN


Bagi Tanaman Seperti Melon, Semangka, Pisang, Kelapa Sawit, Jagung, Tomat, Lombok, Padi, Kangkung, Gandum, Mangga, Jambu, Karet, Nanas, Kopi, Jengkol, dll.

Air ASIN dari Laut sangatlah beracun bagi Tanaman Tersebut. Dan Bisa Sangat Mematikan.

Bagi Manusia, Ayam, Sapi, Kambing, Burung, dll juga bisa mati apabila mengkomsumsi AIR ASIN dari LAUT secara Terus Menerus. Karena di anggap berbahaya dan Racun Bagi Tubuh kita. Hanya ada Beberapa Spesies Tanaman dan Hewan aja yg dirancang Tuhan untuk Kebal Terhadap AIR ASIN.

Sisanya 2.5% adalah AIR TAWAR. Nah, AIR TAWAR ini lah yg Bisa di Konsumsi oleh Manusia, Hewan Darat, dan Tanaman Perkebunan & Pertanian.

Di Bawah ini adalah Video Detail tentang Proses Terbentuknya AIR TAWAR dan AIR ASIN.


Saat ini di dunia ada 7.000.000.000 Miliar Penduduk. Seluruh Penduduk di Bumi ini mengkonsumsi Air TAWAR yg hanya sebanyak 2.5% saja. AIR TAWAR terbentuk Karena Proses Hujan yg Tertampung ke Danau, Bendungan, dan Sungai.

Namun, Apabila Musim Kemarau Datang. Air Tawar Tersebut akan Menjadi Kering dan menyusut. Sehingga Banyak Orang akan Membutuhkan Mesin Pengeboran ABT (Air Bawah Tanah). Atau  Banyak Orang yg Saling Rebutan Pengeboran Pipa Pipa Aliran Air yg Semakin Dalam menancap ke Bawah Tanah.

Sehingga agar AIR TAWaR bisa semakin Banyak Lagi. Mesti menunggu Musim Hujan Lagi agar AIR TAWAR Terisi Kembali.  

Cara Paling Masuk Akal untuk Menciptakan dan Membuat AIR TAWAR selain menunggu Hujan adalah dengan Mendirikan Perusahaan Penyulingan AIR ASIN dari LAUT untuk di ubah menjadi AIR TAWAR. atau Dengan Mendaur Ulang Air Tawar dari Limbah Rumah Tangga menjadi Air Bersih. Tapi cara ini dinilai SANGAT MAHAL.


Israel sendiri sebenarnya punya Teknologi Penyulingan AIR ASIN menjadi AIR TAWAR. dan juga memiliki Sistem Daur Ulang dari Limbah Rumah-Rumah dan juga Menerapkan Sistem Komputer untuk Menampung Air Hujan dari Seluruh Atap Rumah Tangga di Israel yg nanti akan Salurkan ke Penampungan Waduk, Bendungan atau Danau Buatan. Tapi Bukan ini yg menjadikan Andalan Bangsa Yahudi.

Lalu, Bagaimana Bangsa Yahudi bisa menciptakan Air Tawar untuk Kebutuhan Tanamannya yg sangat banyak.

Caranya adalah dengan HUTAN. Tetapi sebelumnya, Israel menyedot air laut asin terlebih dahulu untuk disulap menjadi air tawar melalui teknologi mesin Mekorot. 90% air tawar di Israel dihasilkan melalui Mekorot.      


Youtube : Israel Mekorot



ANDALAN ISRAEL MENCIPTAKAN AIR SELANJUTNYA SETELAH PENYULINGAN AIR LAUT MENGGUNAKAN MEKOROT YAITU MENGGUNAKAN HUTAN UNTUK MENGUNDANG HUJAN AIR TAWAR

Tahukah Teman Teman tentang FAKTA HUTAN.

hutan+buatan+israel.jpg (606×395)

Bagi Banyak Orang. HUTAN di Pandang Sebelah Mata. Banyak orang Membakar Hutan, Menebang Pepohonan, Merusak Hutan, dan Bahkan Sampai Menjarah Semua Kayu yg ada di Dalamnya.

Namun, Bangsa Yahudi Israel justru melihatnya dengan cara yg berbeda. HUTAN justru adalah Penyelamat bagi Bangsa Yahudi. Jumlah Pohon yg Banyak Bisa Melindungi Umat Yahudi dari Kejahatan dan Memperlambat Gerak Gerik.

Selain itu, HUTAN juga bisa Menciptakan HUJAN BUATAN. Karena Keadaannya yg Selalu Lembab dan Basah. Sehingga Bisa Mengurangi Penguapan Matahari. Di Pagi dan Malam Hari. Hutan akan menciptakan Embun Embun Awan Air melalui Dedaunan.  

hutan.jpg (607×447)

Semakin Banyak Pohon dan Hutan. Maka Semakin Banyak Gelembung-Gelembung Air Embun yg Tercipta oleh Pepohonan di Pagi dan Malam Hari. Hal ini akan Menyebabkan Kondisi yg disebut HUTAN HUJAN TROPIS

HUTAN juga bisa menghisap efek Pemanasan Global (Rumah Kaca) yg Mampu Mengubah Hawa Panas di Israel menjadi Sejuk.

HUTAN juga bisa mendatangkan Keanekaragaman Satwa Liar. Seperti Kijang, Burung, Kancil, Rusa, Kelinci, Ayam Liar, dll. Kotoran dari Hewan ini akan menghasilkan Pupuk Organik yg Kemudian akan menyuburkan Pepohonan Israel menjadi semakin Lebat Lagi. Semakin Lebat Hutan di Israel, Maka Semakin Banyak Pula mengundang “HUJAN AIR TAWAR”.

Air TAWAR dari Hutan ini lah yg Kemudian di Irigasikan Israel ke Waduk, Bendungan dan Sungai Buatan. Yg kemudian di alirkan kembali ke Lahan Pertanian. Begitu terus Terjadi secara berulang-ulang.

danau+israel.jpg (610×404)

Negara Israel sendiri sebenarnya adalah GURUN PASIR yg TANDUS. Namun, orang-orang Yahudi telah menanam Pohon di Padang Pasir melalui Program KKL JNF. Selama Lebih dari 140 Tahun.

Sehingga ngga heran, Jika Pohon yg ada di Israel bukan Tumbuh Sendiri ya. Tapi Pohon ini di Tanam oleh anak anak Yahudi menjadi HUTAN BUATAN.

Hutan berfungsi untuk mengubah 1 tetes air menjadi 5  tetes air melalui hujan. 

hutan+yatir+israel.jpg (603×453)

Di Perkirakan. Pada Tahun 2015. Jumlah Pohon Hutan Buatan yg di Tanam telah berjumlah 240.000.000 juta. Israel masih melanjutkan Proyek Hutan Buatan di Padang Pasir ini untuk menciptakan Air Tawar demi Lahan Pertanian dan Anak Cucu Bangsa Yahudi.

Berdasarkan sejarah geografi. Pada tahun 1948 wilayah Israel hampir seluruhnya gersang, kering dan tandus, hanya menyisakan 2% lahan hijau saja ketika itu. Namun pada tahun ini lahan hijau yang dapat ditanamami oleh tanaman dan hutan meningkat menjadi 40%. Sedangkan sisanya 60% masih gersang berwarna cokelat pasir tandus.  


VIDEO HUTAN BUATAN ISRAEL :

Semoga Bermanfaat ya. GBU