Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

T129 ATAK, Helikopter Penyerang dan Pengintai Buatan Turki (2016)

Turki Merupakan Sebuah Negara Pemimpin dalam Bidang Teknologi Militer di Timur Tengah. Pada Tahun 2007. Perusahaan Turki Aerospace Industries (TAI) Bekerjasama dengan Perusahaan AgustaWestland. Sepakat menciptakan Helikopter Penyerang dan Pengintai.

Walaupun Bekerjasama dengan Agustawestland Asal Negara Italia. Tetapi Semua Sistem akan di Percanggih secara Mandiri oleh Ilmuwan Turki. Mulai dari Radar, Komputer Misi, Avionik, Sistem Persenjataan, Suite Perlindungan, bahkan Hingga Helm Canggih, dan Mesin LHTEC CTS-800 4A, 2 x 1014KW (2 x 1361 shp) Semuanya di Produksi oleh Ilmuwan Turki.

Sehingga Helikopter ini akan menjadi Sepenuhnya Milik Bangsa Turki. Bukan lagi Milik Italia. Karena Turki Memiliki Lisensi dan Hak Kekayaan Intelektual yg Lebih Banyak. 


MENGENAL TENTANG T129 ATAK
T129 ATAK bukanlah sebuah Prototipe atau Khayalan Masa Depan. Nah, Alustista ini Telah ada dan Telah Lahir Terbang Perdana Pada Tahun 2014 yg Lalu ya. Pada Tahun 2016, T129 ATAK Telah di Produksi 9 Unit. Rencananya akan di produksi lagi hingga 60 Unit untuk Kebutuhan Alustista Modern Pemerintahan Turki.


Produksi Unit Bisa di Tambah Lagi Lebih Banyak. Sesembari Menunggu Pesanan datang dari Luar Negeri. Apabila ada Negara Lain yg Berminat untuk Meminangnya. Produksi bisa di Tambah. Tetapi Untuk Merayu Peminat atau Pembeli. Turki Sepertinya Menghadapi Pesaing dari 2 Raksasa Yaitu Amerika Serikat dengan Penjualan Helikopter AH-64E APACHE yg Terkenal Laris Manis dan Rusia dengan Helikopter Mi-35 Hind. juga Laris Manis.


Menurut Informasi yg Beredar. TAI berharap akan Terus Melakukan Pembicaraan Serius dengan Banyak Negara untuk membuat T129 ATAK bisa Terjual menyaingi AH-64E APACHE dan Mi-35 Hind dari Rusia.

KEUNGGULAN
T129 ATAK dilengkapi dengan Kemampuan Peperangan Sistem Elektronik. Ia juga di Lengkapi dengan Senapan Mesin Gatling 20 mm. Untuk Keperluaan Nasional TURKI. T129 ATAK bisa di Install dengan Senjata berupa 12 Roket CIRIT buatan Roketsan dan 8 Rudal UMTAS (Anti-Tank dengan Daya Ledak Tinggi).

Bagi Negara Lain yg Tertarik Membeli T129 ATAK. Bisa juga memasang Produk Senjata lainnya dari Non-Turki. Seperti Memasang Rudal AIM-9 Sidewinder (Anti-Pesawat), AGM-114 Hellfire (Anti-Tank), MISTRAL, STINGER, TOW, SPIKE, dll.

T129 ATAK memiliki Mesin yg Lebih Hening ngga Seberisik Helikopter Seperti Umumnya. Mesin ini juga Tahan di Lingkungan Cuaca yg Panas atau Extrem. Mesin Buatan Turki ini juga Bahkan Mampu di Hidupkan dalam Waktu yg Cepat. Dan Mampu Membawa Helikopter Terbang Tinggi hingga 6 Km di atas Langit-Langit Kemudian Meliuk ke Bawah Membentuk Lingkaran Busur.

Mesin juga di Klaim mudah untuk dirawat sehingga biaya Operisonal lebih rendah. Segala Sistem Komunikasi Telah Terintegrasi ke Helm Canggih. Kinerja Unggul, Kelincahan dan Stabilitas yg Canggih.

SPESIFIKASI
Nama : T-129 ATAK

Buatan : Turki Aerospace Industries

Kecepatan Terbang : 269 Km/Jam

Jarak Jangkau : 561 Km

Jarak Jangkau (Dengan Tambahan Bahan Bakar di Udara) : 1.000 Km

Ketinggian Terbang : 6 Km

Panjang Helikopter : 13 meter

Tinggi Helikopter : 3 meter

Baling-Baling : 5 Bilah Rotor Utama

Berat : 2.350 Kg

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer


Semoga Bermanfaat. Terima Kasih. GBU