Lompat ke konten Lompat ke footer

Cara Membuat Rumah Minimalis yang Sempit berlimpah Ikan, Sayuran, Buah, Kelinci dan Ayam (2017)

Harga Kebutuhan Pokok Makanan di Indonesia. Saat ini Terasa semakin sulit terbeli. 

Beras, Lombok, Cabe Rawit, Daging Sapi, Daging Ayam, Telur Unggas, Sayur-Sayuran, Ikan, Jagung, Tomat, dll 

Bagi Penduduk yg tinggal di Perkotaan. Pengen rasanya dapat menghemat keuangan dengan berternak dan menanam Tanaman sayur-sayuran sehingga nantinya diharapkan mengurangi belanja di Pasaran. 

Tetapi banyak orang saat ini terkendala dengan Lahan Kota yg Semakin hari semakin Sempit sehingga menyulitkan kita untuk bercocok tanam & berternak di Perkarangan rumah. 

Alhasil, ini adalah alasan. mengapa banyak orang di Indonesia Jarang makan Ikan, jarang makan Daging dan jarang minum Susu yg bergizi.

Karena kebanyakan orang memilih makan Mie Instan, minum Air Putih Campur Gula, dan Nasi Kecap aja yg Lebih murah tetapi tak bergizi.

Saya berharap. Artikel ini dapat menjadi Solusi dan Inspirasi bagi penduduk perkotaan di Indonesia agar dapat menyediakan hidangan makanan bergizi dengan lebih murah.

RUMAH MINIMALIS

Umumnya, Rumah Model Tipe kebanyakan yang di usung oleh orang Indonesia di Perkotaan. seperti pada gambar diatas ya.  

Jika ditelisik, Rumah Sederhana ini sangat sulit untuk bercocok tanam dan sangat sulit untuk memelihara hewan ternak. Karena Lahan perkarangan sempit banget.

hal ini wajar, mengingat harga tanah di Indonesia kian hari kian mahal. di Luar Negeri juga makin mahal. Kayak ngga ada tanah murah gitu. emang tinggal di laut gitu ya. bisa dimakan hiu nanti. he he..,   

Di Lansir dari Antara TV. di daerah Istimewa Yogyakarta. Seorang ibu berhasil menyulap rumah minimalis dengan menghilangkan atapnya dan menggantikan dengan tempat Kebun Sayur Organik.


hasil panen kebun sayur di atap selain dikonsumsi sendiri. juga di djual sehingga menambah penghasilan keluarga.

berikut teman-teman dapat menyaksikan Kebun diatas Rumah .

Youtube : Keberhasilan Kebun di atas Rumah

Greenhouse

Tadi searching di Google. Tren Kebun diatap rumah nyatanya sudah marak sejak Tahun 2009. 

Beberapa orang terlihat menggunakan Greenhouse (Rumah Kaca) untuk mengurangi masuknya Hama Penyakit dan Terik Panas Sinar Matahari. 


Greenhouse sangat mudah dibuat karena bahannya hanya terdiri dari Plastik UV dan Selang Irigasi Tetes Netafim biar ngga cape-cape nyiramnya. 

Plastik UV dapat dibeli di Tokopedia atau Bukalapak. Sedangkan untuk mendirikan penyanggah. bisa menggunakan Jasa Ahli Tukang Besi / Baja. 

Tanaman yg bisa di Tanam di atas rumah. meliputi Terong, Cabe Rawit, Melon, Semangka, Nanas, Bayam, Kangkung, Selada, Bawang, Jagung, dll. 

Harga Bibit Unggul. Umumnya di jual paling murah Rp 2.500 Rupiah. 

Media Tanam dapat menggunakan Pot, Polibeg, Pupuk Organik, dan Tanah yg dapat digunakan berkali-kali. 


Ada baiknya ngga menggunakan Hidroponik karena terlalu mahal, boros air, dan boros Listrik. karena System Hidroponik membutuhkan Listrik untuk mengalirkan Air ke Tanaman.  

KOLAM IKAN SISTEM RAS

Teknologi Perikanan Terus berkembang Maju. 

Sistem Paling Baik di dunia dalam memelihara Ikan adalah RAS atau Recirculating Aquaculture System. Karena Hemat Air, Hemat Listrik, Hemat Lahan, Tak Berbau, dan Kolam Tak Kotor. 


Bahan-Bahannya Seperti Mesin Pompa, Arang dan Bioball dapat di Beli di Toko Aquarium Terdekat di Kota Anda, 

Dengan Sistem RAS kita dapat memelihara hingga 1.000 - 20.000 Ikan dari berbagai Jenis hanya di Lahan Sempit. Sekaligus menambah Penghasilan Keluarga Tercinta.  

Di Lansir dari Dunia Agro.

Bapak Aswin berhasil berternak Ribuan Ikan di Rumahnya. 

Tak perlu lho mesti memelihara Ikan di Lahan Tambak yg besar atau Pakai Jaring Apung di Sungai atau Danau. Kalau dirumah aja bisa memelihara ribuan ikan. Kenapa ngga...? Tanpa bau lagi, Kalau bau kan gawat bisa dimarahin ama Tetangga.

Nah, berikut teman-teman dapat menyaksikan kesaksiaan beliau. 

Youtube : Ternak Ikan di Dalam Rumah


Artikel Lainnya :

RUMAH MINIMALIS TETAPI DENGAN 3 LANTAI

Nah, bagaimana menginspirasi sekali kan...?

Rumah minimalis di Lahan sempit dapat di Sulap dengan membangun secara Vertikal. 


Di Lantai 1 Tempat memelihara Ikan, Ayam dan Kelinci. 

Di Lantai 2 Tempat Tinggal kita. 

Di Lantai 3 Tempat Berkebun Green House.

Kotoran Ikan, Ayam, Kelinci dan Ikan dari Sistem Lumpur Buangan RAS. dapat di Jadikan Pupuk bagi Tanaman yg ada di atas atap.

Semua pekerjaan ini bisa dilakukan di waktu luang. Pagi dan Sore hari. 

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU