Lompat ke konten Lompat ke footer

Teknologi Israel Cimagine di Balik Filter Cuaca dan Augmented Reality Snapchat (2017)

Ada Banyak Aplikasi Chatting dan Aplikasi Foto Bertebaran di dunia maya, 

Yaitu Facebook, Instagram, Whatapp, Line, Twitter, Google+, WeChat, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Beberapa orang menjadi Salah Satu Pengguna Fans Setianya. 

Nah, Pada Tahun 2017. Ada Fitur Menarik yg dikeluarkan oleh Perusahaan Snap.inc milik Evan Spiegel. 

Ini ngga terlepas dari Hasil Kaloborasi dengan Startup Teknologi yg Pernah di Beli Pada Tahun 2016 yg Lalu. 

Ketika itu, Banyak Pengamat Bisnis yg mempertanyakan.

Untuk Apa ya..? Perusahaan Snap.inc Kok membeli Startup Cimagine asal Israel dengan nilai yang cukup besar hingga merogok koceh sebesar $ 40.000.000 Juta Dolar atau Sekitar Rp 532 Miliar Rupiah.


HASIL :

Investasi yg dikeluarkan oleh Snap.inc. Ternyata ngga sia-sia.

Oh ya, Sebelum membahas hal ini. Mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan Startup Cimagine. 

Cimagine Media di Kelola oleh Orang-Orang Israel : Yono Nevo, Ozi Egri, Nir Daube dan Amiram Avraham

Mereka adalah Ahli dalam Teknologi Penglihatan Komputer dan Pengolahan Gambar di Israel.

Kemampuan Cimagine dapat Memanipulasi Keadaan Foto & Video. Mengubah Warna dan Menambah Elemen Bergerak atau Statis. Serta Mampu mengenali Gambar. 

Youtube : Israel Cimagine

Seluruh Hak & Ilmu Pengetahuan Teknologi Augmented Reality milik Cimagine kini telah menjadi sepenuhnya milik Perusahaan Snap.inc. 

Salah Satu Bentuk Keberhasilan Pengaplikasian Cimagine berupa Hasil Fitur yang disebut SkyFilter.

SkyFilter menggunakan Kemampuan AR. 


Mampu mengenali Gambar dengan Background Langit. Kemudian pengguna dapat mengubah pemandangan langit dengan berbagai macam-macam jenis. 

seperti malam berbintang, Nuansa Matahari Pagi, Nuansa Matahari Terbenam Sunset, Nuansa Hujan, Nuansa Pelangi dan Lain-Lain. 

SkyFilter secara otomatis dapat mengenali adanya Langit pada Foto Kita. Cukup di Gesek ke Kiri dan Kekanan dengan Jari. Pengguna dapat mengubah sesuka hati. 

Youtube : Skyfilter

Selain SkyFilter. Ada Fitur menarik Augmented reality yang lain pada Snapchat disebut dengan Lensa Dunia (World Lenses). 


Dengan World Lenses. Pengguna dapat menambahkan eleman apapun yg menarik hati untuk menambahkan objek dan adegan bergerak apapun pada Kamera Anda. Objek tersebut berbentuk 3D. seperti Bunga, Burung, Awan, Pelangi, Buah, Tulisan-Tulisan Cute, dll

Objek 3D ini seolah-olah ada di dunia nyata. Padahal sebenarnya ngga ada. hanya berbentuk Virtual. 

Perusahaan Snap.inc lebih senang menyebut kemampuan ini sebagai Fitur untuk "MELUKIS DUNIA" dengan "PENGALAMAN 3D". 

Ketimbang menggunakan istilah rumit seperti Augmented Reality yg masih banyak orang awam belum dapat memahaminya. 

Youtube : Melukis Dunia dengan Pengalaman 3D di Snapchat

Snap.inc adalah Perusahaan asal Amerika Serikat yg bernilai sekitar $ 30 Miliar atau Sekitar Rp 399 Triliun Rupiah. Total Pengguna Snapchat mencapai 158.000.000 juta orang menggunakannya aktif setiap hari. 

77% Pengguna Setia Snapchat adalah Mahasiswa/i dan Anak Sekolahan (SMP dan SMA)

Tiap 1 Orang menghabiskan waktu kira-kira 20 menit di Snapchat.

Total ada 3+ Miliar kali Foto di Lihat setiap hari dan 10+ Miliar Kali Video di Lihat di Snapchat. [Nb : Video berdurasi Pendek dalam Hitungan Detik, Berbeda hal dengan Youtube.com]

SNAP di Perdagangankan di Bursa Saham NYSE. Dengan Harga Per Saham Sebesar US$ 13 Dolar. (Per Tahun 2017) 


Selain membeli Startup Cimagine dalam mengelola Teknologi Augmented Reality. 

Snap.inc juga pernah membeli Startup Bitstrips seharga $ 100.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 1,3 Triliun untuk membuat Emoji Pribadi yg disebut Bitmojis 


Bitstrips juga digunakan untuk mengelola Teknologi Periklanan yg disebut Flite

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU