Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

China Upgrate Pesawat Luar Angkasa untuk menampung 6 Astronot menuju ke Planet Mars (2018)


Menjelajah Luar Angkasa, Melakukan Spacewalk, Mendaratkan Robot di Bulan, dan Mengirim Astronot Manusia Berawak ke Misi Antariksa bukanlah hal yg asing bagi Negara China.

Ilmuwan Engineer Zhang Bainan dari CAST (China Academy of Space Technology) Pada Tanggal 7 Maret 2018 di Sidang Parlemen Tahunan China memberikan Siaran Pers kepada Publik Tentang Pengembangan Pesawat Luar Angkasa untuk menggantikan Shenzhou.

Selama ini Pesawat Luar Angkasa milik China hanya mampu membawa 3 Astronot dan 8 Ton Bekal. Namun Versi upgrate kali ini ditingkatkan mampu membawa 6 Astronot dan 20 Ton Bekal.

Pesawat ditujukan untuk misi perjalanan ke Pangkalan Markas di Bulan, ke CSS (China Space Station), ke Asteroid dan ke Planet Mars.

TENTANG UPGRATE VERSI TERBARU :

Bentuk Desain bersifat Modular, memungkinkan adaptasi terhadap berbagai persyaratan misi antariksa, Pesawat tersebut memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya sehingga kemampuan radiasi dan perlindungan termal (hawa super Panas) juga ditingkatkan.

Sedangkan Kapsul Pesawat memiliki 2 Sistem Modul.



Jenis Roket yg digunakan disebut Long March 9 buatan China. Ukurannya Besar dan Super Berat Serupa dengan Roket Saturnus V milik NASA Amerika Serikat.

Kemampuan Long March 9 dapat kembali otomatis setelah menyelesaikan misi mengorbit di bumi mirip seperti Teknologi yg ada pada Roket Falcon Heavy SpaceX, Amerika Serikat. Sehingga menghemat biaya karena dapat digunakan kembali.

Sayangnya, Teknologi Roket & Pesawat Luar Angkasa Berawak, buatan China Tersebut masih dalam Proses Pembuatan & Pengerjaan. Diharapkan ujicoba pertama pada tanggal 9 Maret 2030.

PEMBANGUNAN PANGKALAN MARKAS DI BULAN DAN CSS
Foto Keadaan di Bulan yg diambil oleh Kamera Robot Change'e 3 China
Impian Mendaratkan Astronot Manusia Berawak China di Planet Merah Mars di Tunda Terlebih Dahulu. Sebelum Proyek Pembangunan Pangkalan Markas di Bulan dan CSS Selesai.

Pada Tahun 2018. China sedang sibuk menggarap Markas di Bulan dan CSS.

Pada Tahun 2013. Robot Chang’e dan Yutu (Jade Rabbit) Telah mendarat dibulan untuk mensimulasikan situasi keadaan di bulan. 

Seperti melakukan Penelitian Komposisi kedataran medan permukaan, topografi, mineralogy, radiasi, suhu, dan mencari lokasi titik Pangkalan Markas yg ideal.


Profesor Guo Linli Telah Merilis Desain Konseptual untuk Basis Pangkalan Astronot Manusia di Bulan dalam bentuk Gambar berikut di bawah ini :


Bagian dalam interior meliputi Lab Laboratorium, Toilet, Ruang Kesehatan Pribadi, Dapur, Tempat Olahraga, Sistem Komunikasi, Ruang Komputer utama, Kontrol Pusat, 

Ruang Pengolahan Limbah Mikroba, Ruang Budidaya Tanaman/Hewan seperti Ulat Sutra, Belalang, Sawi, Alga, dan Tersedia pula tempat Ruang Sistem Tempat Pendaratan & Peluncuran Roket.

Sumber Listrik berasal dari Panel Matahari Solar Array dan Tenaga Nuklir.  

Artikel Lainnya :

CSS
Foto : Desain CSS
CSS atau Chinese Space Station adalah Satelit buatan yang direncanakan dalam bagian Proyek Program Luar Angkasa Tiongkok. Dikendalikan dari Beijing Aerospace Command and Control Centre di China.

Tujuan Pembangunan CSS digunakan untuk daya sambung, komunikasi, memegang, peluncur, dan memudahkan proses pengiriman ke Planet Mars.

Pembangunan CSS diharapkan Selesai Pada Tahun 2020.


Saat artikel ini ditulis Pada Tahun 2018. Roket Long March 5 dan Roket-Roket China Lainnya Sibuk Melakukan Proses Hilir mudik demi mengerjakan & mengembangkan CSS di Luar Angkasa.


Pada Tahun 2025. Setelah Proyek CSS Selesai.

China diharapkan mengirimkan kembali berbagai macam robot ke Planet Mars. Sebelum Astronot berawak manusia China menginjakkan kakinya di Mars Tahun setelah 2030.


Berikut Tampilan Desain dan Berbagai Macam Wahana dan Desain Markas China di Planet Mars suatu saat nanti.



Pesawat Robot Tersebut dikerjakan oleh BISME (Institute Mekanika dan Listrik Luar Angkasa Beijing) dalam Pernyataan singkat 16 Tes Formal berhasil diselesaikan. Termasuk Sistem Stabilitas.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU