Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Mantis MV4D : Teknologi Kamera Smartphone Pencitraan 3D untuk Augmented Reality dan Virtual Reality (2018)

Teknologi Kamera 3D saat artikel ini ditulis belumlah menjadi sesuatu yg digunakan oleh banyak orang. Hanya sebagian kecil orang yg telah menggunakannya.

Raksasa AMAZON yg dipimpin oleh Jeff Bezos, Orang Terkaya Nomor 1 di dunia telah mengembangkan Smart 3D dan LCD Dimensi.

Begitu juga dengan Raksasa Apple asal Amerika Serikat dimana telah melakukan akusisi terhadap Perusahaan asal Israel PrimeSense untuk mengembangkan Teknologi Sensor 3D Dimensi pada Smartphone iPhone.   

Jadi, Ada Jutaan Dolar Telah di Investasikan Kepada Teknologi Penginderaan 3D.

Tujuannya demi menciptakan sesuatu di masa depan yg lebih baik dimana Pembuat Konten dapat berbagi Konten dan memanipulasi konten sehingga membuat banyak orang menghabiskan waktu dan tenggelam dalam lingkungan virtual.

Salah Satu Perusahaan yg mengembangan 3D adalah MANTIS VISION.

TENTANG MANTIS VISION
Foto : Insinyur Mantis Vision
Teknologi MANTIS MV4D dikembangkan dan diciptakan dengan Total Pendanaan awal sebesar $ 37,5 Juta Dolar atau sekitar Rp 506 Miliar Rupiah.

Pendanaan sebesar $ 12,5 Juta berasal dari Investasi Luar Israel.

Yaitu Samsung, Formation 8, Flextronics, dan Qualcomm.

Bagaimana 'MANTIS' dapat bekerja…?


Pertama-tama menangkap dan memetakan data 3D dengan memproyeksikan pola cahaya inframerah, kemudian proyektor kamera digital dan sensor kedalaman melapisi cahaya ke apapun yang ingin anda pindai disinkronkan ke proyektor.

Teknologi MANTIS dapat bekerja sekalipun dalam ruang cahaya kegelapan total karena mencakup iluminasi tersendiri. Bahkan dalam Keadaan Kamera sedang bergerak.



LOVEN mengatakan :

Teknologi intinya berupa Single Frame Terstruktur sistem triangulasi aktif ringan. Agak mirip dengan PrimeSense. Kemajuaanya berasal dari Tingkat Kode-Kode yang meningkat menjadi Tingkat Sinyal. Sehingga Data 3D dapat kita Capture.

PERANGKAT KERAS HARDWARE (KAMERA MANTIS)


Kamera dan Mesin Perangkat Hardware Mantis Telah di Sematkan oleh Perusahaan Alphabet.inc ke dalam Smartphone & Tablet berbasis Proyek Google Tango di Lenovo Phab 2 Pro dan ZenFone AR.

Namun Tahun 2018 Telah di Hentikan Karena Google menciptakan Teknologi Sendiri yang disebut ARCode dan Teknologi-Teknologi 3D/AR/VR Lainnya. Memungkinkan menggunakan Augmented Reality dikombinasikan dgn fitur Kamera Pada Perangkat Smartphone Pixel.

Dengan Penyematan Tersebut. Alphabet Google yg semula menggunakan Teknologi Mantis kini berbalik menjadi Pesaing Terberat.

Loven mengatakan :

Tujuan kami adalah untuk menembus lebih banyak mitra kerjasama bersama Perusahaan-Perusahaan Smartphone dengan memberikan Lisensi Teknologi Inti kepada OEM agar mereka dapat mengakses komponen dan perangkat keras ke rantai pasokan mereka untuk mendorong pengembangan perangkat lunak ke tingkat inti. Kita sebut saja Mesin 3D yang membuat input kamera menjadi data 3D. tapi juga platform aplikasi yang bukan aplikasi kami sendiri. Mirip seperti SDK untuk pengembang Developer yang memungkinkan pengeditan, perubahan dan manipulasi konstan untuk sampel data 3D. Sahutnya.

Perusahaan Flextronic asal Amerika Serikat yg memiliki Pabrik di Singapura dan China merupakan satu-satunya saat ini yg menyematkan Teknologi Mantis Pada Kamera Tablet Aquila.


Namun mengingat salah satu Investor Mantis berasal dari Perusahaan SAMSUNG asal Korea Selatan.

Tak menutup kemungkinkan Perangkat Keras Hardware & Mesin Mantis Tersedia Kelak di Hampir Semua Lini Kamera Smartphone, Televisi, Tablet dan Produk-Produk Samsung Lainnya di Masa Depan.

Tahun 2018, Smartphone Samsung Galaxy S8 Telah menggunakan Teknologi asal Israel ini.


Termasuk Perusahaan Mikroskop Digital asal Amerika Serikat telah menyematkan Teknologi MANTIS didalam produknya. 

PERANGKAT MANDIRI

Selain bekerjasama dengan Perusahaan Vendor Smartphone dan Perusahaan-Perusahaan Lainnya.

MANTIS menciptakan pula Perangkat Hadware mandiri agar lepas dari Ketergantungan Pihak Lainnya. Disebut dengan F6. Pengembangan Upgrate dari F5.


Tetapi Perangkat F6 ditujukan bagi Kalangan Bisnis Enterprise. 

Seperti untuk Industri, Pertambangan, Pemerintahan, Kesehatan, Manufaktur, Agrikultur Pertanian, Entertainment, Kelautan, dan lain-lain sebagainya.


Lion Susan mengatakan :

Kami percaya bahwa Pencitraan 3D akan menjadi sarana komunikasi yang semakin penting dan bahkan menjadi yang utama. Tim Mantis Vision telah membuktikan kemampuannya dengan menciptakan Teknologi 3D kepada Produk yang diberikan.

Nama Perusahaan : MANTIS VISION

Asal : Petah Tikva, Israel

Alamat : www.mantis-vision.com


Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU