Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Rampage : Rudal Supersonik Serangan Pesawat tempur akurat Jarak Jauh 150 km penembus perisai anti udara (2018)


Penjualan sistem perisai anti udara seperti rudal Patriot/THAAD milik Amerika Serikat dan rudal S-200/S-300/S-400 milik Rusia.

Menunjjukkan volume peningkatan pembelian begitu drastis yg mulai diborong oleh banyak negara.

Beberapa negara diketahui telah menggunakan produk rudal buatan AS dan Rusia tersebut untuk melindungi aset militer yang vital.

Nan jauh disana, tepatnya di Timur tengah. Pada tanggal 11 Juni 2018. Negara kecil Israel secara resmi memperkenalkan rudal supersonic baru berjuluk ‘RAMPAGE’.

Konsep utamanya adalah untuk menembus kemampuan dari sistem pertahanan buatan AS dan Rusia tersebut dengan kecepatan Supersonik. Alih-alih menggembangkan rudal berkecepatan hypersonic yg diketahui berbiaya terkesan terlampau mahal.

Israel memiliki hubungan buruk dengan Syiah Suriah dan Syiah Iran, disana telah terinstal S-200, S-300 dan S-400 yg dioperasikan oleh angkatan bersenjata Rusia.

Sedangkan Arab Saudi memiliki Patriot yg dibeli dari Amerika Serikat. Arab Saudi adalah musuh Israel sejak 1948. Hingga saat ini, Saudi menolak untuk memiliki hubungan diplomatik dan bersama 57 negara muslim OKI terus melakukan embargo terhadap Israel.

TENTANG RUDAL RAMPAGE

Rudal Rampage diciptakan oleh gabungan kaloborasi perusahaan Israel Aerospace Industries bekerjasama dengan IMI SYSTEMS.

Rampage adalah Rudal berkecepatan tinggi supersonic berkecepatan diatas 3.500-4.000 km/jam yg ditembakkan melalui pesawat tempur (air to ground).

Rampage sebenarnya adalah turunan ‘roket artileri extra’ yg berbiaya murah. 


Namun diolah sedemikian rupa sehingga dapat dipandu mirip seperti rudal dengan penambahan bagian yang diperkuat dengan lugs attachment.

Sistem panduan rampage bekerja handal siang malam, walaupun saat terbang melintasi wilayah musuh mendapat perlawanan dari serangan pengganggu cyber, jamming & elektronik.

Rudal rampage tak didesain menjadi rudal hypersonic atau siluman.

Saat ditembakkan, musuh dapat dengan mudah mendeteksi keberadaannya melalui radar dan menembak jatuhnya.

Tapi ini dipastikan sulit dan lawan kudu memikirkan tentang kerugiaan biaya harga setiap anti-rudal yg ditembakkan.  

Rampage diklaim sebagai rudal jarak jauh serangan udara ke darat termurah dan paling efesien yg pernah diciptakan oleh Israel.  


Setiap pesawat dapat membawa 4 rudal disetiap sisi sayap.

Rentangan tembakan rampage adalah 150 km dengan keakuratan CEP kurang dari 10 meter. 

Segala jenis pesawat seperti F-16, F-15, dan F-35 dapat menginstal rudal rampage dengan mudah.

Hulu ledak rampage memiliki 2 jenis. yaitu bom penembus bunker/armor dan ledakkan gelembung pecahan api.


Target serangan Rampage meliputi tank, helikopter yg sedang mendarat, pesawat tempur yg sedang mendarat, kapal perang, pusat komando, infrastruktur, radar, truck baterei, basis logistik, gudang persenjataan, markas tentara, dan jaringan komunikasi militer.

Boaz Levy mengatakan :

Kami mempercayai senjata Rampage, karena ini adalah produk penting yang memenuhi kebutuhan operasional yang sebenarnya dengan cara yang sangat murah. Sahutnya

Eli Reiter mengatakan :

IMI Systems dan IAI dengan bangga mengungkap tanggapan terhadap tantangan medan perang modern. Rudal Rampage bergabung dengan keluarga roket yang akurat, yang telah kami sediakan untuk militer maju selama bertahun-tahun. 

Rampage melengkapi respon udara dengan lompatan kuantum dalam kinerja dan rasio efektivitas biaya yang luar biasa, dua faktor penting bagi banyak angkatan udara di seluruh dunia. Sahutnya

Artikel Lainnya :

 PENJUALAN DI MULAI TAHUN 2019

Selain digunakan oleh IAF (Angkatan bersenjata Air Force Israel) sebagai serangan udara ke darat. Bersama dengan gabungan rudal-rudal lainnya buatan Israel seperti Spike, Spice, Rampage dan Delillah.

Rampage ditujukan pula untuk pelanggan internasional yang berminat. Pihak perusahaan berjanji siap memproduksi rampage pada tahun 2019. Kepada negara yg berniat membelinya.

   
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU