Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Colorchip : Teknologi Hardware Optimasi Kecepatan Pusat Server Data Center (2018)


Transmisi data berkecepatan tinggi menjadi elemen yang menentukan di kehidupan kita.

Perusahaan dan industri yg menggunakan kecepatan sangat cepat dipastikan menjadi pemimpin di bidangnya.

Teknologi terus mempercepat laju data dengan lebih cepat, lebih cepat dan lebih cepat untuk menghasilkan solusi bagi umat manusia demi mendukung skala aliran data dalam jumlah besar ke miliaran orang.

ISRAEL COLORCHIP 

Perusahaan teknologi yg berpusat di kota Yokneam, Israel mengembangkan 2 perangkat komponen hardware yaitu :

1. Transceiver optic untuk mengubah panjang gelombang optik menjadi sinyal listrik untuk digunakan oleh komputer.

2. Splitter optic untuk berbagai macam produk IT demi peningkatan berkecepatan tinggi.

Perangkat diciptakan dengan biaya modal sebesar $ 112.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 1,657 triliun (1 triliun, 657 miliar rupiah).

Investor pendanaan tersebut meliputi Gemini, IGP Israel Growth Partners, Vintage, dll. Mayoritas modal ventures berasal dari Israel.

Perusahaan ColorChip diciptakan pertama kali oleh Eli Arad, Shimon Eckhaus, dan Shlomo Ruschin dari Universitas Tel Aviv bersama 250 pakar ilmuwan, professor dan insinyur Israel lainnya.


Colorchip menciptakan sebuah solusi hardware berukuran seperti kotak shampo untuk transmisi data bandwidth berkecepatan tinggi bagi pusat data center perusahaan-perusahaan besar demi menangani video streaming HD, gambar piksel beresolusi tinggi, cloud computing, virtual reality, perangkat IoT (Internet of Think) hingga melayani permintaan berjuta-juta bandwidth website.

Kedua perangkat tersebut berfungsi sebagai solusi single mode hyperscale yang memanfaatkan Systemonglass.


Dimana teknologi Systemonglass telah dipatenkan oleh Colorchip untuk menghasikan transceiver optik yang ringkas, kompak, dan mendukung lalu lintas data intesif dalam jumlah yang sangat besar.


Systemonglass menggunakan wafers glass untuk perangkat optik sehingga unggul di penghematan biaya.

Salah satu pengguna setianya adalah Facebook.

Dimana Facebook menggunakan komponen Colorchip pada teknologi di servernya.

COLORCHIP DIBELI OLEH PERUSAHAAN CHINA 

Pada bulan Agustus 2018.

Perusahaan China membeli ColorChip dengan harga mahar sebesar $ 300.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 4,440 triliun (4 triliun, 440 miliar rupiah).

Kesepakatan pembelian merupakan hal yg udah dapat diprediksi mengingat perusahaan-perusahaan semikonduktor Cina semakin hari semakin aktif membeli atau melakukan akuisisi kepada perusahaan-perusahaan lain demi tujuan utama meningkatkan dan memaksimalkan nilai kemampuannya di sektor teknologi.

ColorChip kini resmi 100% menjadi milik perusahaan China. Markas dan pabrik ColorChip yg berada di Israel segera di tutup di pindahkan ke negeri tirai bambu.

Pembeli ColorChip adalah San’an optoelektronik.

Sebuah perusahaan semikonduktor asal China yang berdiri tahun 1993, terdaftar di bursa efek shanghai, memiliki 1.000 karyawan dengan valuasi keuangan mencapai $ 13 miliar dolar atau sekitar Rp 192 triliun rupiah. 


Youtube : ColorChip

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU