Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Tapingo dan 10Bis : Startup Pemesanan makanan & minuman untuk karyawan perusahaan dan Universitas berdasarkan keakuratan waktu (2018)


Pemain di ranah toko online paling terkenal di dunia adalah Alibaba dan Amazon.

Namun kita semua mengetahui bahwa dunia perdagangan toko online begitu luas. Masih banyak pasar niche ecommerce yg belum tersentuh di bidang-bidang yg luput dari pandangan perhatian pebisnis atau pengiat online.

Salah satunya yaitu di kawasan ‘perusahaan’ dan ‘universitas’. Startup asal Israel bernama Tapingo dan 10Bis hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

TAPINGO 

Tapingo didirikan tahun 2012 oleh pebisnis asal Israel. Yaitu Daniel Almog, Ellman, Oren Barzilai dan Udi Oster. Kantor pusat pertama Tapingo berada di Tel Aviv, Israel.

Tapingo adalah startup pemesanan, penjemputan, dan pengiriman makanan & minuman khusus bagi mahasiswa dan mahasiswi di lingkungan kampus.

Tapingo terinspirasi dari perubahan budaya mahasiswa/mahasiswi di abad modern ini, dimana semua mahasiswa/i pengen serba cepat, ngga pengen menunggu lama, atau ngga pengen antri berbaris-baris lama-lama di kantin atau restoran lokal di universitas-nya hanya demi memesan sebuah makanan/minuman.

Keunggulan Tapingo terletak pada peningkatan pengalaman berbelanja.


Oster, Founder Tapingo mengatakan :

Orang-orang berharap untuk membeli pesanan dalam waktu 5 menit. Seperti kopi. Tapingo memastikan bahwa kita tidak perlu menunggu di antrian dan memastikan bahwa kopi tak menjadi dingin.

Persamaan waktu sangat penting untuk mengelola operasi bisnis ketika kopi harus dituangkan dan mengatur waktu agar kopi tepat sampai ke konsumen saat meninggalkan oven. Urutan sistem tapingo memungkinkan untuk mengelola waktu.

Tantangannya adalah membuat platform relevan untuk semua hal dimana ketika terjadi kosentrasi konsumen pada jam sibuk yang tinggi. Sahutnya.

TAPINGO DIBELI OLEH PERUSAHAAN AMERIKA SERIKAT GRUBHUB

Pada tahun 2018.

Startup Tapingo yang sukses berhasil menjangkau kampus-kampus Internasional seperti di Kanada, Amerika Serikat, dan United Kingdom ini telah diakuisisi oleh perusahaan Grubhub asal AS senilai $ 150 juta dolar atau sekitar Rp 2 triliun, 220 miliar rupiah.

Setelah pembelian, Kantor pusat Tapingo dipindahkan dari Israel ke San Fransisco, California, Amerika Serikat.

Sedangkan beberapa bakat keahlian dari karyawan insinyur teknisi di kantor Tapingo di Israel dialihkan ke kantor R & D Grubhub yg berpangkalan di Israel.

10Bis 

10Bis serupa dengan Tapingo, tetapi beda sasaran target pasar.

10Bis adalah startup pengiriman makanan online yg menawarkan paket spesifikasi khusus bagi karyawan dan karyawati yang bekerja di perusahaan-perusahaan.


10Bis didirikan pada tanggal 6 Juni 2000 oleh warga Israel bernama Tamir Carmel

Pada tahun 2018.

10Bis di akuisisi oleh perusahaan Takeaway asal Belanda Uni Eropa, senilai $ 157 miliar dolar atau sekitar Rp 2 triliun, 323 miliar rupiah.

Takeaway membeli 10bis dengan alasan untuk mendapatkan & mengintegrasikan hak intelektual teknologi tersebut ke platform miliknya.

Youtube : Tapingo

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU