Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Perusahaan vendor Smartphone Terbesar, Penjualan Terlaris dan Masih Bertahan (2019)

Pada tahun 2019. Kira-kira terdapat lebih dari 150 perusahaan vendor smartphone. Saat artikel ini saya tulis bagi anda. Persaingan diranah ini begitu kompetitif.

Karena kerasnya saingan beberapa perusahaan lain mengalami kebangkrutan. Terkadang mencaplok (akuisisi) dan saling hantam menghantam. Lihat saja promosi iklan saling menjelekkan perusahaan pesaingnya. Namun tentu saja, konsumen diuntungkan.  

Berikut daftar list 25 perusahaan pencipta smartphone terbesar di dunia dari antara 150 perusahaan yg masih bertahan di tahun 2019. Korea Selatan, China dan Amerika Serikat merupakan pemimpin dunia dalam teknologi ini.

1]. SAMSUNG


Buatan : Korea Selatan

Samsung adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung Chull pada tanggal 1 Maret 1938. Divisi Samsung terdiri dari berbagai macam produk, mulai dari kapal, peralatan rumah tangga, jasa periklanan, kontruksi, teknologi medis, bahan kimia, militer, SSD, perhotelan, asuransi, dll


Produk smartphone buatan Samsung terdiri dari : Galaxy A9, Samsung Galaxy A7, Samsung Galaxy J6+, Samsung Galaxy Note9, dll

DAPATKAN LEBIH BANYAK DATA SEPANJANG 2018 :

1]. Samsung berhasil menjual sebanyak 293.700.000 juta smartphone di tahun 2018

2]. Apple berhasil menjual sebanyak 212.100.000 juta smartphone di tahun 2018

3]. Huawei berhasil menjual sebanyak 206.000.000 juta smartphone di tahun 2018

4]. Xiaomi berhasil menjual sebanyak 120.300.000 juta smartphone di tahun 2018

5]. Oppo berhasil menjual sebanyak 119.600.000 juta smartphone di tahun 2018

6]. Perusahaan lainnya berhasil menjual sebanyak 436.100.000 juta smartphone di tahun 2018


Sumber : Canalys

2]. APPLE

Buatan : Amerika Serikat

Apple adalah perusahaan teknologi multinasional didirkan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne dalam merancang, mengembangkan dan menjual alat-alat elektronik, perangkat lunak, layanan online, jam tangan, Televisi, speaker homePod, sistem operasi, browser, iPhone, iPad, komputer pribadi, jasa fintech, dll

3]. HUAWEI



Buatan : China

Huawei adalah perusahaan yg didirikan oleh mantan insinyur militer dari tentara pembebasan rakyat China pada tahun 1987.

Produk Huawei meliputi : Honor, Hilisicon, Huawei

4]. XIAOMI



Buatan : China

Xiaomi adalah perusahaan teknologi yg berkecimpung dalam memproduksi smartphone, aplikasi seluler, laptop dan peralatan elektronik rumah tangga. Didirikan oleh Lei Jun pada tahun 2010.

Produk Smartphone Xiaomi meliputi : Mi Max 2, MI MIX 2, Redmi Y2, Redmi 6, Redmi 6A, 5Pro, POCO F1, Redmi 5, Redmi 5A, dll

5]. OPPO ELECTRONICS



Buatan : China

Oppo adalah perusahaan elektronik dimana menurut data IDC pada tahun 2017 yg lalu, perusahaan ini berhasil menduduki posisi peringkat ke #4 dengan penjualan smartphone terbanyak di dunia.


Produk : Oppo, Vivo, Oneplus.

6]. LG



Buatan : Korea Selatan

LG adalah perusahaan multinasional dalam pembuatan smartphone, kulkas, AC, mesin cuci, vacuum cleaner, air purifier, wine storage, televisi, proyektor, LCD, notebook, home theater system, speaker, digital mixer, mixing engine, dll


Produk smartphone LG meliputi LG7+, ThinQ, LG G7, LG V30, LG CANDY, LG K7i, dll

7]. LENOVO  



Buatan : China

Lenovo adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 1984 bergerak dibidang manufaktur dan penjualan smartphone, server, laptop, PC komputer, smart televisi, cloud, perangkat lunak manajemen TI. Dll. Lenovo memiliki 54.000 karyawan.


Produk Lenovo termasuk Smartphone motorola. Produk Lenovo termasuk Smartphone Motorola, Lenovo P Series, Lenovo K Series, Zuk Series, Lenovo A Series, Lenovo VIBE series, dll. 

8]. ALPHABET



Buatan : Amerika Serikat

Alphabet adalah perusahaan holding dan konglomerat yang menaungi banyak perusahaan-perusahaan lain meliputi berbagai sektor seperti teknologi, kecerdasan buatan, perpanjangan kesehatan hidup abadi, smartphone, satelit, robot, game, sistem operasi, internet, toko online, produk elektronik canggih, energi, kota smartcity, database bigdata, machine learning, dll


Produk smartphone Alphabet.inc adalah Android One, Pixel 3XL, Pixel 3 dan Google Pixel C. 

9]. MICROSOFT



Buatan : Amerika Serikat


Microsoft adalah perusahaan yg didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Pada awalnya sebagai pembuat sistem operasi perangkat lunak MS DOS. Kemudian menyebar ke berbagai bidang. Termasuk divisi smartphone Lumia. 

10]. SONY



Buatan : Jepang

Sony adalah perusahaan yg didirikan pada tanggal 7 Mei 1946 oleh Masaru ibuka dan akio Morita. Bisnis terdiri dari perangkat elektronik, film movie hiburan, layanan keuangan, video game, semikonduktor, jaringan, rekaman music, manufaktur televisi, baterei listrik, smartphone, dan masih banyak lagi.

Produk smartphone Sony meliputi Xperia Z5 Premium dual, Xperia M4 Aqua, Xperia Z3+ Dual, Xperia C4 Dual, dll

11]. MEIZU TECHNOLOGY



Buatan : China


Meizu adalah perusahaan elektronik pada awalnya memproduksi MP4, Namun pada tahun 2008 berinovasi ke bidang fokus di smartphone. Pada tahun 2015. Meizu adalah produsen smartphone terbesar peringkat ke 11 di dunia. 

12]. TRANSSION TECNO MOBILE

Buatan : China


Transsion Tecno Mobile adalah perusahaan produsen smartphone. Pada tahun 2017 merupakan pemimpin penjualan terbesar di benua Africa.


Produk : Phantom, camon, Spark, Pouvoir, Pop, Itel, Spice, Infinix, dll

13]. HMD GLOBAL



Buatan : Uni Eropa


Nokia adalah perusahaan berafilliasi dengan Nokia. 

14]. YOTA (BANGKRUT)



Buatan : Rusia


Yota adalah produsen smartphone. Dimana 4.5% saham dimiliki oleh perusahaan teknologi negara Rusia. Keunikan produk Yotaphone terkenal karena layar screennya baik untuk kesehatan mata tanpa membuat perih. 

15]. BLACKBERRY


Buatan : Kanada


BlackBerry adalah perusahaan perangkat solusi nirkabel untuk pasar komunikasi seluler seluruh dunia. Menawarkan sistem QNX dan layanan perpesanan BBM, push, iklan, lokasi, peta, analitik, layanan scoreloop dan infrastruktur keamanan. 

16]. GENERAL MOBILE



Buatan : Turki

General Mobile adalah perusahaan yang memiliki gagasan menciptakan merek smartphone internasional melalui 3 prinsip yaitu harga murah bersaing, tetapi spesifikasi berkualitas tinggi dan memiliki dukungan solusi layanan teknis 24 jam.


Produk smartphone : GM9Plus, GM9Pro, GM8GO, GM8, dll

17]. SIRIN LABS


Buatan : Israel


Sirinlabs adalah perusahaan pencipta smartphone Solarin dan Finney berbasis blockchain open source pertama di dunia dengan keamanan cybersecurity terenkripsi. 1 unit smartphone Solarin dijual pada harga diatas Rp 220.000.000 juta per unit. Perusahaan ini juga menyediakan sistem operasi Sirin OS untuk vendor smartphone lainnya menggantikan sistem operasi Android. 

NB : Afrid Fransisco memiliki kepemilikan saham di Sirinlabs.

18]. ADVAN



Buatan : Indonesia


Advan adalah perusahaan elektronik asal Indonesia didirikan pada tahun 1998 di Jakarta. Salah satu produk smartphone miliknya adalah ADVAN G3. Pada tahun 2017, Advan sanggup merebut posisi top peringkat 3 smartphone terlaris di Indonesia dengan penjualan terbanyak ke-3.  

19]. TCL MOBILE


Buatan : China


TCL Mobile adalah perusahaan pengembang televisi, smartphone, AC, mesin cuci, lemari es dan peralatan listrik lainnya. Didirkan pada tahun 1981. Awalnya produsen kaset. 

20]. PHILIPS



Buatan : Uni Eropa


Philips adalah produsen elektronik konsumen salah satu terbesar di dunia. Memperkerjakan lebih dari 161.000 karyawan dan memiliki kantor cabang di 60 negara. Produk Philips terbagi ke dalam beberapa divisi yaitu Consumer electronics, Chip semikonduktor, lampu lighting, Philips medical systems dan Philips domestic appliances personal care. 

21]. COMMUNITAKE INTACPHONE


Buatan : Israel

CommuniTake adalah perusahaan yg membangun solusi keamanan, produktivitas dan manajemen untuk tingkat keamanan cyber tertinggi bagi kepolisian, militer, individu, organisasi dan industri. Platform perlindungan Endpoint memastikan perlindungan kuat dari serangan peretas jarak jauh dengan arsitekstur solusi keamanan terbaik. 

22]. MICROMAX



Buatan : India


Micromax adalah perusahaan elektronik dan smartphone murah meriah. Micromax mengklaim dirinya sebagai vendor terbesar peringkat 10 di dunia. Keunggulan terletak pada inovasi harga terjangkau untuk kantong dompet pas-pasan dan memiliki jiwa dekat dengan hati kaum anak muda yg penuh semangat dan pertualangan.

Produk smartphone micromax terdiri dari berbagai macam. Yaitu Infinity, Bharat, SparkGo, Canvas, Dual, Selfie, Evok, Vdeo, Unite, Boltsupreme, dll. 

23]. ZTE



Buatan : China


ZTE adalah perusahaan pemasok global perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan telekomunikasi.


Produk smartphone ZTE terdiri dari ZTE NubiaX, ZTE Nubia Z18, ZTE Axon 9Pro, ZTE Nubia Red Magic Mars, ZTE Z18, dll

24]. VESTEL



Buatan : Turki


Vestel adalah perusahaan elektronik konsumen yg memproduksi teknologi mobile smartphone, peralatan listrik rumah tangga, TV LED, lemari es, mesin cuci baju, rice cooker, mesin cuci piring, pemanas air, AC, signage digital, set top box digital, lampu, robotika, dll.


25]. ASUSTEK COMPUTER


Buatan : Taiwan


ASUS adalah perusahaan memproduksi komponen komputer, kartu grafis, notebook, smartphone, layar LCD, tablet, server, alat multimedia,  UPS, workstation, motherboard, dan produk lainnya. 

NB : Nomor bukan peringkat. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU