Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Ini 6 Penyebab Baterai HP Boros dan Cara Mengatasinya (2019)


Kamu pasti setuju bahwasannya ada banyak faktor penyebab baterai hp boros. Apalagi baterai adalah salah satu komponen terpenting pada hp android. Kenyataannya, masih banyak para pengguna android yang mengeluh karena baterai yang cepat habis. Walaupun mereka sudah memakai android dengan kapasitas baterai mencapai 4000 mAh, namun keluhan tersebut masih saja tetap mengalir sampai saat ini.

Fakta penting yang perlu kamu ketahui yaitu kapasitas baterai tersebut tidak menentukan baterai android cepat habis atau tidak. Lalu apa saja faktor penyebab baterai hp boros? Simak semua penjelasannya dibawah ini beserta dengan cara mengatasinya.


Aplikasi “Pemakan” Baterai
Apapun jenis android yang kamu pakai, pastinya akan dimanjakan dengan berbagai pilihan aplikasi yang bisa digunakan. Namun jika kalian tidak ingin baterai cepat habis, maka sebaiknya berhati-hatilah dan lebih memilih aplikasi yang dipasang di hp kamu. Karena biasanya ada aplikasi yang memakan banyak daya baterai, sehingga penggunaan baterai lebih cepat boros. Aplikasi itulah yang dinamakan aplikasi “Pemakan” baterai.

Cara mengatasinya, kalian bisa periksa di menu settings, kemudian klik battery, dan jangan ragu-ragu untuk mencopot aplikasi yang paling menghabiskan banyak daya. Mungkin kamu juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk memonitor battery. Jadi ketika ada satu aplikasi yang memakan banyak daya battery bisa langsung dihentikan.


Charger yang Rusak
Penyebab baterai hp boros yang kedua adalah dari charger. Bisa jadi charger yang kamu gunakan selama ini sudah rusak, dan hal tersebut bisa menjadi indikasi battery menjadi cepat habis. Charger yang rusak atau bermasalah, tentu akan membuat battery hp juga ikut bermasalah dan boros. Jadi sebelum ganti battery, cobalah dengan mengganti chargeran yang baru.

Auto Brightness Pada Ponsel
Mungkin penyebab yang satu ini terlihat sepele, namun ternyata hal ini bisa menguras battery kamu sangat cepat dari biasanya. Auto brightness kerap diaktifkan oleh orang-orang yang malas mengatur kecerahan secara manual. Jadi ketika berada di luar ruangan, otomatis kecerahan layar akan berada di tingkat yang maksimal tanpa harus diatur lagi.

Padahal pengaturan auto brightness adalah penyebab battery hp boros paling cepat dibanding penyebab lainnya. Jadi lebih baik, pakailah aturan kecerahan secara manual saja, untuk menjaga agar battery hp tetap awet dan tahan lama.

Percepat Waktu Sleep
Penyebab selanjutnya juga tak kalah sepelenya dari penyebab ketiga, yaitu permasalahan mengatur time sleep. Apabila hp sudah tidak digunakan, dan lampu dibiarkan tetap menyala, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab battery hp boros. Maka dari itu, percepatlah waktu sleep, supaya ketika kamu lupa mengunci layar hp, secara otomatis lampu hp akan mati dengan cepat, tanpa harus menunggu lama dan menghabiskan banyak daya battery.


Google Play Service
Masalah selanjutnya ada pada sistem google play service. Penggunaan aplikasi tersebut juga ternyata cukup menguras banyak battery. Kabar buruknya, aplikasi ini tidak bisa dihapus karena google play merupakan salah satu aplikasi penting untuk hp android. Namun ada satu cara untuk mengatasinya, yaitu dengan clear chace di aplikasi google play service secara berkala.


Baterry Sudah Rusak
Apabila kamu sudah memperhatikan dan melakukan semua solusi diatas, maka penyebab yang terakhir bisa jadi adalah battery hp kamu memang sudah benar-benar rusak. Setiap battery memang punya masa pakainya masing-masing. Jika digunakan normal, rata-rata battery mempunyai usia selama kurang lebih 3 tahun.

Jika memang kamu sudah menggunakan battery tersebut lebih dari 3 tahun, maka bisa jadi penyebab battery hp boros selama ini adalah karena memang sudah rusak. Gantilah dengan yang baru agar battery bisa berfungsi dengan baik.

Terima kasih.