Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Kelebihan yang Bisa Kamu Rasakan Ketika Punya Mobil Tanpa Pengemudi (2019)


Kecanggihan dan kemutakhiran saat ini sudah mampu melahirkan berbagai kelebihan mobil tanpa pengemudi. Tentunya kamu sudah pernah mendengar, terciptanya mobil yang mempunyai sistem self driving. Walaupun harganya masih sangat sulit terjangkau untuk banyak pihak, namun setidaknya mobil tersebut mempunyai banyak kelebihan dibanding mobil manual yang sudah banyak dipakai saat ini.

Beberapa kalangan menganggap munculnya mobil dengan sistem self driving tersebut nantinya bisa mengubah hidup banyak orang, seperti fenomena ojek online yang saat ini sudah berjalan setidaknya lebih dari 5 tahun. Banyak orang yang merasa dipermudah oleh kehadiran sistem online tersebut. Apalagi jika suatu saat, mobil tanpa pengemudi ini sudah bisa terbeli oleh semua kalangan. Berikut adalah 5 kelebihan mobil tanpa pengemudi yang bisa kamu rasakan.


Mencegah Terjadinya Kecelakaan
Kecanggihan teknologi yang disematkan dimobil masa depan tersebut salah satunya adalah mempunyai sensor disetiap sudut mobil, yang bisa memantau wilayah sekitarnya untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Hasil riset menunjukkan lebih dari 30.000 orang meninggal setiap tahunnya akibat kelalaian sang pengemudi.

Nah, dengan kehadiran mobil tanpa pengemudi tersebut nampaknya bisa membuat siapa saja yang menaikinya akan merasa aman, karena ada sistem tersebut yang bisa mencegahnya dari kecelakaan. Bahkan tidak hanya itu, sensor active tersebut memungkinkan mobil untuk menghindari kontak fisik dengan objek yang ada disekitarnya. Itu artinya, keselamatan pejalan kaki juga menjadi prioritas utama dari self driving ini.

Meminimalisir Terjadinya Kemacetan

Kelebihan mobil tanpa pengemudi selanjutnya yaitu mampu meminimalisir kemacetan. Bahkan mungkin kamu pernah menjadi salah satu korban para pengemudi yang egois, yang menjaraki mobilnya dengan mobil yang ada didepannya sejauh 10 meter. Hanya dengan alasan keamanan saja. Tentunya sikap yang seperti ini bisa memperparah jarak kemacetan yang terjadi.

Namun hal tersebut dijamin tidak akan terjadi jika semua orang menggunakan mobil tanpa pengemudi. Tekhnologi yang diciptakan pada mobil tersebut bisa lebih peka terhadap wilayah sekitar, termasuk setiap sudut mobil, mulai dari depan belakang, samping kanan kiri. Oleh karena itu, jarak beberapa puluh cm saja antar mobil, sudah dianggap cukup aman.

Hemat Bahan Bakar
Jika dibandingkan dengan mobil konvensional lainnya, tentu saja mobil self driving ini bisa hampir 10 kali lipat lebih hemat soal bahan bakar. Hal tersebut dikarenakan mesin yang ada di mobil tanpa pengemudi tersebut diprogram agar tidak memberikan gaya dorong ketika tidak dibutuhkan. Sehingga bisa dikatakan kelebihan mobil tanpa pengemudi itu kecepatannya lebih stabil, dan membuat lebih hemat bahan bakar. Bahkan penggunaan mobil self driving mampu mengurangi emisi CO2 sebesar 300 juta pon per tahun.

Tidak Repot Mencari Tempat Parkir

Masalah ini pasti sering kamu rasakan, apalagi di kota-kota besar yang penggunaan kendaraannya sudah cukup banyak. Namun masalah tersebut bisa teratasi dengan mobil self driving ini. Karena mereka sudah diprogram bisa mencari lahan kosong dengan sendirinya untuk parkir. Ketika kamu ingin pulang, tinggal tunggu mobil self driving datang menjemput.


Dijamin Tidak Melanggar Lalu Lintas
Walaupun tekhnologi self driving seringkali diragukan orang, namun kamu tetap bisa mempercayainya. Karena kecanggihan yang diterapkan dimobil tersebut dijamin sudah terprogram sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku. Mulai dari mengenal rambu-rambu lalu lintas, batas kecepatan berkendara, dan aturan menyalakan lampu. Itulah beberapa kelebihan mobil tanpa pengemudi yang bisa kamu dapatkan dari perkembangan teknologi yang begitu canggih.

Semoga bermanfaat.