Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Carmel : Senapan Serbu Bullpup Ringan Terbaru (2019)


Pada tahun 2019. Perusahaan senjata Israel Weapon Industries kembali memperkenalkan senapan terbaru kepada khalayak dunia internasional disebut dengan CARMEL.

Senjata sudah tersedia saat ini dan telah dibeli oleh berbagai sejumlah aparat penegak hukum, pemerintah dan tentara untuk menerima umpan balik.

Carmel adalah senjata inovatif. Terbuat dari baja unggul, aluminium aviation grade dan modified polymer yang tahan terhadap benturan berkekuatan tinggi, stabil, tahan karat korosi dan tahan segala cuaca hujan, salju, lumpur, dan panas terik debu.

ISRAEL CARMEL

Foto : Senjata Carmel buatan Israel
Pemerintah Israel secara tegas telah berkomitmen bahwa senapan genggam utama pasukan IDF Israel salah satunya adalah TAVOR

Tavor untuk menggantikan senapan Ace Galil yang telah digunakan berdinas sejak 1970.

Jadi senjata terbaru ‘Carmel’ bukan digunakan oleh Israel melainkan ditujukan untuk kepentingan ekspor. Jika ada unit militer Israel yang nantinya menerima senapan ini sekedar untuk pengujian saja atau untuk pelatihan wajib militer berusia muda yang belum terlatih.

Carmel berbobot ringan hanya 3,3 kg. Ukuran peluru 5.56x45 mm. Bandingkan dengan Tavor berbobot 4,1 kg dengan ukuran peluru 7.62x51 mm.


Foto : Carmel
Belum jelas untuk tujuan apa CARMEL diciptakan jika Israel sebenarnya sudah memiliki TAVOR. Padahal desain Bullpup memiliki kesamaan hampir mirip.

Melihat spesifikasinya saja tentu CARMEL sudah kalah telak dengan kehandalan Tavor yang battle proven terjual ratusan ribu unit ke berbagai angkatan bersenjata dari banyak negara.

Carmel hanya mampu menembak sejauh 500 meter dengan rata-rata tembakan putaran 850 butir peluru permenit. Sedangkan Tavor menembak sejauh 600 meter dengan rata-rata tembakan putaran rate of fire sebanyak 900 butir peluru permenit.

Foto : Israel Tavor
Foto : Senjata Tavor dari negara Bintang Daud

Youtube : Israel TAVOR

Jika CARMEL VS TAVOR dihadapkan face to face.

Tentulah orang yang menggunakan Carmel tewas terlebih dahulu tertembak Tavor.

Kuat dugaan CARMEL diciptakan memang dipasarkan untuk tujuan ekspor bagi menyasar kepentingan negara-negara berkantong pas-pasan demi bersaing mengganti senapan seperti AK47, AR15, M16, dll.

Carmel lebih pendek dan lebih ringan.  

Ronen Hamudot dari Israel mengatakan :

Kami memiliki senjata Micro Tavor yang merupakan salah satu senjata terbaik di dunia dalam konfigurasi bullpup. Perusahaan kami terus menerus menyesuaikan dan mengubah senjata untuk memenuhi tuntutan perang modern dan memenuhi kebutuhan pelanggan internasional. Kami pun telah mengembangkan senjata baru ini dalam konfigurasi berbeda-beda. Sahutnya.

INFORMASI LEBIH LANJUT TENTANG CARMEL
 
Foto : Carmel assault rifle
Carmel dioperasikan oleh gas (short stroke gas piston) dengan rotating bolt. Mengadopsi free floating barrel dan mudah cepat dibongkar pasang.

Popor polimer dapat dilipat atau dilepas. Senapan ini merupakan platform yang sepenuhnya ambidextrous dapat dioperasikan oleh tangan kidal. Rail picatinny dapat disesuaikan dengan berbagai perangkat termasuk scope pembidik optic meprolight.

Tentang :

Israel Weapon Industry yang memproduksi Carmel adalah salah satu perusahaan teknologi persenjataan asal Israel yang berada dibawah naungan perusahaan holding pertahanan keamanan swasta, Israel SK GROUP.

SK Group tunduk dan patuh terhadap pemerintah Zionis Israel dan berada dibawah hukum kekuasaan kebijakan tertinggi kementerian pertahanan Israel.

Carmel cocok untuk pertempuran perkotaan jarak dekat, memiliki recoil rendah, akurat dan diklaim daya tahan kuat untuk berperang dalam jangka waktu lama. Dalam keadaan darurat dapat digunakan oleh fisik tubuh warga sipil non-tentara karena ringan.


Youtube : Israel Carmel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU