Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Climacell : Teknologi prediksi intelijen pemetaan cuaca hyperlocal BMKG realtime dengan gelombang sinyal WIFI internet (2019)


Model prediksi cuaca tak banyak berubah dalam beberapa dekade. Dirancang untuk memenuhi kebutuhan terluas saja alih-alih memberikan jawaban akurat atas peralaman cuaca lokal.

Hanya kota besar saja diberikan laporan akurat. Padahal didekat wilayah kota-kota besar terdapat kota lain disekitar memiliki cuaca dan suhu berbeda-beda.

Mengapa masih sulit untuk memprediksi cuaca..?

Alasannya simple.

Karena badan seperti BMKG (badan meterologi, klimatologi dan geofisika) dan lembaga pemerintahan lainnya mengandalkan teknologi tradisional seperti sensor radar dan satelit.

Satelit dan radar cuaca memiliki kelemahan. Karena tentu saja mahal selain itu cakupan radar menggunakan data kompleks besar sehingga melewatkan sebagian besar data daerah kota lokal terpencil.

Diseluruh dunia hanya terdapat 940 radar cuaca.

ISRAEL CLIMACELL 

Mungkin selama ini anda tak mengetahui bahwa smartphone yang kita gunakan dapat memancarkan gelombang frekuensi dimana sebenarnya sinyal tersebut dapat memetakan suhu dan cuaca di sekitar lokasi anda.

Dari situlah perusahaan teknologi asal Israel berinovasi.

Alih-alih menggunakan sensor radar & satelit. Climacell menggunakan smartphone yang anda pakai untuk mengumpulkan lebih banyak data tentang perkiraan cuaca microweather.

Teknologi penginderaan ini sebenarnya tak hanya menggunakan smartphone.

Melainkan mengindeks berbagai jaringan sinyal mobil terhubung otonom, drone, sinyal kamera CCTV, sinyal pesawat terbang, smart televisi, perangkat IoT yang memancarkan gelombang wifi, menara BTS (base transceiver station) dan benda-benda elektronik lainnya yang terhubung dengan jaringan nirkabel internet untuk membentuk data semacam stasiun cuaca virtual.


Yang lebih kompleks adalah bahwa Climacell telah mengembangkan teknologi yang sanggup mengumpulkan dan mengekstrak data dari kondisi atmosfer melalui perambatan sinyal microwave dari satelit ke darat.    

Founder Climacell, Elkabetz mengatakan :

Idenya adalah bahwa semuanya sensitive terhadap cuaca dan kita dapat mengubahnya menjadi sensor cuaca. Itu sebabkanya kami menyebutnya WoT (Weather of Things). Teknologi ini memungkinkan kami menempatkan sensor virtual di mana-mana. Sahutnya.

Youtube : Israel Climacell

TENTANG CLIMACELL, MODEL BISNIS dan PREDIKSI PENANGGULANGAN BENCANA ALAM SEBELUM TERJADI

Climacell didirikan oleh 3 founder asal warga Israel. Oleh Itai Zlotnik, Rei Goffer dan Shimon Elkabetz

Teknologi Climacell diciptakan dengan modal pendanaan sebesar $ 75.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 1 triliun rupiah.


Climacell memetakan semua data cuaca di dunia dengan hipersensing baru via sinyal gelombang internet dan peralaman microweather demi melayani ekonomi konsumen dan daerah yang tak terjamah informasi BMKG dan lainnya.

Salah satu tujuan utama Climacell adalah mencegah kematian.

Pada tahun 2018 saja terdapat lebih dari 10.000 kematian akibat banjir. Kematian sia-sia tersebut diakibatkan karena miskomunikasi intelijen data cuaca yang tak menjangkau wilayah daerah-daerah terpencil.

Seharusnya masyarakat sudah dapat diungsikan oleh pemerintah sebelum bencana badai banjir terjadi. Namun  terjadi malah sebaliknya. Banyak pemerintah tak memiliki data intelijen micro cuaca. Sehingga terjadilah kematian massal disebuah kota-kota kecil yang seharusnya tak perlu terjadi.


Professor doktor Amir Givati dari Israel mengatakan :

Masalahnya adalah sebagian besar dunia kekuarangan data. Tidak ada cukup data untuk melacak meteorological dan hydrological. Itu membuatnya sangat sulit menerapkan peramalan banjir berkualitas tinggi. Sahutnya.

Teknologi Climacell asal Israel ingin membantu pemerintah dari berbagai negara mencegah kematian.

Saat ini, model bisnis Climacell yaitu menjual data intelijen informasi pribadi kepada berbagai pemerintahan negara yang ingin bekerjasama. Caranya sederhana, hubungi Climacell. 

Climacell memberikan prediksi lokasi dimana di wilayah kota-kota negara anda yang kemungkinkan terjadi badai & banjir.

Nama perusahaan : Climacell

Kantor pusat : Israel

Kantor cabang : Amerika Serikat dan United Kingdom (inggris)

Wilayah operasi : internasional

Alamat investasi dan kerjasama bisnis : Climacell.co


Youtube : Israel Climacell

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU