Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Iron Fist : Teknologi Perisai APS Penghancur Rudal Anti Tank (2019)


Belajar dari masa lalu yang pahit nan suram ketika lebih dari 50 Tank Merkava hancur lebur dan rontok gosong terkena serangan rudal Kornet mematikan buatan Rusia yang ditembakkan oleh pejuang syiah Hizzbullah di Lebanon.

Memaksa pemerintah Israel berinovasi untuk mencari langkah anti-dot dengan menciptakan teknologi Trophy dan Iron Fist untuk melindungi Tank miliknya.

Teknologi Perisai APS ANTI-TANK IRON FIST ISRAEL

Sebagai informasi. Pada tahun 2019. Israel memiliki dua jenis teknologi Active Protection System. Yaitu Trophy untuk pertahanan tank MBT Merkava kelas berat dan Iron Fist untuk pertahanan tank kelas ringan, kendaraan lapis baja IFV dan tank roda rantai.

Di artikel hari ini. Yuk kita membahas tentang Iron Fist.

Iron Fist dirancang untuk mematahkan serangan seperti roket, RPG dan berbagai macam jenis rudal genggam berpemandu laser. Menghancurkannya sebelum menyentuh lapis baja pada jarak aman dengan perlindungan 360 derajat.

Iron Fist dengan cepat mendeteksi, melacak, menangkis dan menghancurkan rudal musuh menggunakan teknik penginderaan, RF, IR infrared, radar AESA, dan perhitungan komputer matematika super cepat.

Ketika sensor dan radar mendeteksi serangan.

Amunisi hulu ledak kecil berenergi kinetik ditembakkan tepat ke arah lintasan rudal musuh. Ledakan serpihan fragmen tersebut kemudian hancur bersama-sama.

Iron Fist memiliki berat sistem keseluruhan 329 kg. Diciptakan oleh perusahaan Elbit System asal Israel.


Sistem Iron Fist telah diinstal pada tank Namer milik Israel sejak Juli 2009. Sedangkan Trophy diinstal pada tank tempur Merkava.  

Banyak pemerintahan negara masih gigit jari ketakutan melihat fenomena serangan RPG dan rudal genggam yang mampu melululantahkan tank dengan mudahnya. Sedangkan Israel telah menikmati sistem teknologi Trophy dan Iron Fist sejak 1 dekade yang lalu.

Saat artikel ini ditulis. Ilmuwan Israel sedang mengembangkan teknologi APS generasi ke 3 yang lebih canggih berkemampuan laser dengan penggabungan 2 fitur.

Pihak pemerintah Israel menilai ada peluang besar dalam pemasaran teknologi ini ke seluruh dunia untuk menciptakan keamanan tank menjadi lebih baik.

Youtube : Israel Iron Fist

PEMASARAN DAN PERSAINGAN APS

Israel bukan satu-satunya pemilik teknologi perisai APS. Sejauh ini hanya sedikit negara saja pemilik teknologi canggih ini.

Rusia memiliki Drozd, Carena dan Afganit. Sedangkan Turki memiliki Akkor, China memiliki GL5 dan Jerman Uni Eropa memiliki ADS melalui perusahaan Rheinmetall.

Sedangkan Amerika Serikat memiliki Iron Curtain dan Quick Kill buatan raksasa Raytheon.

Namun sejauh ini dari hasil tes ujicoba, produk senjata APS buatan Raytheon memiliki banyak permasalahan sehingga berisiko terhadap keamanan tentara. Walhasil dianggap belum matang dan butuh penelitian, riset, modal, dan pengembangan lebih lanjut.

Mengambil kesempatan dalam kesempitan di antara pertarungan persaingan perusahaan militer swasta Raytheon dan perusahaan militer swasta General Dynamic asal AS.

Perusahaan Elbit System asal Israel dengan tindakan cepat memutuskan berkerjasama dengan General Dynamic untuk memasarkan Iron Fist dengan cap label yang sulit ditandingi ‘COMBAT PROVEN’ telah teruji di medan perang.

Sedangkan Trophy dipasarkan melalui pihak ke 2 via Leonardo DRS asal Italia (Uni Eropa) untuk memastikan penjualan pesaing Rheinmetall asal Jerman UE terganggu. 

Begitulah persaingan diranah perusahaan militer. Terkenal begitu sengit. Kadang-kadang, butuh membeli & kaloborasi dengan pihak lain namun terkadang-kadang harus bersikap bak hukum rimba ala kapitalisme.

Negara kecil Israel merupakan salah satu pencipta ahli di bidang ini.


Youtube : Israel Iron Fist

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU