Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Sumber Kolagen untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku (2020)


Miliaran orang setiap hari membuang ceker kaki ayam dan sirip kulit ikan ke tong bak sampah.

Namun tak banyak orang menyadari dari kandungan gizi tersebut memiliki sumber kolagen yang baik bagi kesehatan tubuh.

Pada saat usia masih kecil. Tubuh kita nampak muda. Hal ini diakibatkan karena proses pertumbuhan alami dari masa kanak-kanak menjadi dewasa.

Ketika tubuh telah beranjak besar pada usia 25 tahun. Maka banyak pula zat-zat makanan harus diasup untuk mempertahankan tubuh dari kerusakan sel. Sayangnya banyak orang tak menyadari hal ini termasuk penulis artikel ini. he he…,   

Kolagen adalah protein yang ada di kulit, otot, urat, rambut dan kuku.


Setiap hari sel kolagen di tubuh kita rusak sehingga harus diganti dengan sel yang baru. Ini menyebabkan rambut rontok, kuku rapuk, kulit menghitam, muncul noda flek, kusam, keriput dan elastistas kekenyalan kulit berkurang.

Skincare dan kosmetik takkan sanggup menutupi kerusakan sel akibat pudarnya kolagen. Melainkan kombinasi keduanya yaitu dari dalam dan luar.

Penurun kolagen dapat dicegah dengan mengkomsumsi makanan bergizi mengandung tinggi kolagen.

Karena tubuh kita ngga dapat memproduksi kolagen. Oleh sebab itu kolagen hanya didapat dari asupan luar melalui makanan bergizi.

Berikut beberapa 10 sumber kolagen tersebut :

1]. Ceker kaki ayam

Ceker kaki ayam dibuang ke bak sampah hampir setiap hari di pasar.

Kelihatannya murah meriah sehingga kadang-kadang dianggap tak berguna untuk diberikan ke anjing atau babi.

Padahal ceker kaki ayam terdiri dari tulang rawan dan tendon kaya kolagen gelatin.  

2]. Segala ikan berserta sirip kulitnya 

Sirip ikan gurame, nila, mas, salmon, gabus, bawal, dll mengandung kaya kolagen. Padahal setiap hari dibuang ke bak sampah oleh pedagang ikan.

Hem…, bukan berarti kita mengkomsumsi sirip ikan karena teksturnya memang keras sehingga justru merusak pencernaan tubuh. 

Sirip kulit ikan haruslah diolah dan diekstrak terlebih dahulu dengan teknologi canggih agar menjadi senyawa nano agar dapat dikomsumsi oleh manusia untuk mendapatkan kandungan kolagen.  

3]. Daging merah (Tulang Sapi) 

Kolagen mirip seperti jaringan sel ikat. Tak ayal, mengapa daging merah seperti kambing, ayam, domba, dan sapi turut serta mengandung sumber kolagen.

Termasuk pada sup kaldu dari tulang hewan ternak tersebut mengandung senyawa penyusun kolagen seperti glucine, proline dan hydryproline.

Ayo, sekarang. Kita rame-rame beli tulang iga sapi kemudian rebus dijadikan sup enak dan bergizi bagi keluarga kita.

4]. Segala macam buah-buahan dan sayuran 

Sayuran dan buah-buahan mengandung likopen dan vitamin C sebagai salah satu komponen nutrisi sintesis kolagen.

5]. Ever E Essential


Kolagen di tubuh kita butuh perhatian lebih besar karena bertambah usia di umur 25 tahun dan dampak bobot tubuh kita. Maka kolagen semakin berkurang. Ever E Essential mengandung kolagen, marine protein, multivitamin, mineral dan antioksidan. Membantu membangun kolagen yang berkurang untuk dipasok kembali ke tubuh kita.

Harga 1 kotak sekitar Rp 137.000 ribu rupiah. (Per tahun 2020)

6]. Putih telur

Putih telur memiliki zat prolin dan nutrisi asam amino yang diperlukan untuk salah satu komponen pembentuk kolagen.

7]. Bawang putih


Bawang putih mengandung sulfur yang merupakan mineral alami membantu menyintesis pencegahan kerusakan kolagen.

8]. Jus jeruk murni tanpa gula


Buah jeruk seperti jeruk nipis, lemon, limau, dll mengandung vitamin C yang berperan penting dalam produksi pro-kolagen.

9]. Buah Anggur 

Anggur mengandung Alpha Hydroxy Acids dalam meregenerasi jaringan sel sehingga memiliki peran vital dalam menghancurkan sel kolagen lama menjadi sel kolagen baru.

Sehingga kulit, kuku dan rambut anda nampak terlihat selalu baru, fresh dan awet muda karena proses regenerasi terus berlanjut.  

10]. Byoote Collagen


Byoote Collagen menggunakan teknologi hydrolized buatan Jepang yang artinya senyawa kolagennya sudah diurai menjadi molekul yang lebih kecil agar dapat diserap oleh tubuh kita.

Byoote Collagen adalah suplemen yang mengandung glutathione grade A, collagen, alga biru, snow algae, green algae, vitamin C dan vitamin B-Complex.

Harga 1 kotak sekitar Rp 350.000 ribu rupiah. (Per tahun 2020)

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU