Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Beelzebul. Benarkah Iblis memiliki tingkatan dan itu namanya (2020)


Beelzebul merupakan salah satu istilah di Alkitab. Tertulis sebanyak 7 kali.

Hasil penelusuran di Google dari beberapa sumber ada 3 kesimpulan yang saya dapat.

1]. Beelzebul adalah nama iblis.

2]. Beelzebul adalah sebuah tingkatan kedudukan iblis yang lebih tinggi. Umpamanya Lucifer sebagai presiden maka Beelzebul adalah gubernur.

3]. Beelzebul adalah iblis baal lebih tinggi dari Lucifer.

Nampaknya ada perbedaan berbeda-beda secara signifikan dalam mendefinisikan Beelzebul.

Apa itu Beelzebul 

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Silahkan bagi para ahli sarjana Alkitab dan pendeta mengkoreksi artikel ini. Karena ini merupakan pemahaman sejauh ini yang saya mengerti.

Yuk, lanjut…,

Mari kita bongkar apa itu Beelzebul…?


Markus 3 : 22

Dan ahli ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata : Ia kerasukan Beelzebul dan dengan pengulu setan Ia mengusir setan.

Apa itu Beelzebul dapat lebih mudah dipahami di :

Matius 10 : 25

Cukuplah bagi seorang murid jika ia menjadi sama seperti gurunya dan bagi seorang hamba jika ia menjadi sama seperti tuannya. Jika tuan rumah disebut Beelzebul, apalagi seisi rumahnya.

Yuk perhatikan cetak tebal.

1]. Tuan rumah disebut Beelzebul

2]. Apalagi seisi rumahnya.

Apa teka-teki dari arti ini ???

Mari kita perhatikan 2 perbandingan gambar ruangan rumah dibawah ini.

1]. Foto ruangan rumah yang indah & terang. 
Apa kesan teman-teman ketika melihatnya..?

 2]. Foto ruangan rumah yang kotor, angker & gelap.
Apa kesan teman-teman ketika melihatnya..?




Jika kita melihat foto gambar 1 seakan terasa nyaman dan damai banget.

Tetapi jika melihat foto ruangan gambar 2 rasanya jadi merinding karena angker banget.

****

Jika tuan rumah disebut Beelzebul, apalagi seisi rumahnya.

Alkitab mendefinisikan seisi rumah sebagai tubuh & jiwa seseorang.

Sedangkan tuan rumah disebut Beelzebul. Beelzebul ternyata istilah oleh orang-orang Yahudi di Israel kala itu untuk menggambarkan sosok iblis yang merasuki, tinggal dan menetap di tubuh seseorang.

Jadi Beelzebul adalah iblis yang hinggap di tubuh orang.

Alkitab mendefinisikan : Jika di tubuh orang itu ada sesosok SETAN. Apalagi orangnya juga disebut sebagai SETAN. Karena rumahnya saja angker seperti SETAN, maka sosok penghuninya yang bernama setan atau iblis juga betah tinggal disana.

Konfirmasi mendetail ada di 2 Raja-raja 1 : 18. Tentang Baal-Zebub. Ini ternyata iblis di tubuh seseorang dapat dimintakan wangsit atau petunjuk untuk meramal sesuatu prediksi ramalan.

Menurut saya Beelzebul ataupun Baal-Zebub merupakan istilah sosok hantu, iblis, setan yang mendiami tubuh seseorang. Sedangkan pemimpin raja dari seluruh setan-setan dan arwah-arwah gentayangan adalah malaikat LUCIFER. Lucifer adalah pemimpin praise & worship, Sang ahli ibadah dan disebut juga bintang timur. LUCIFER adalah raja segala raja para setan & iblis.  

Apakah orang kerasukan setan (Beelzebul) dapat diusir

Apakah setan dapat diusir dari orang yang kerasukan. Jawabnya tentu saja bisa.

Seperti video Youtube diatas ketika Yesus mengusir setan dari tubuh jiwanya. Menandakan bahwa setan memang dapat diusir.

Tetapi ngga menjadi jaminan.

Tertulis di Alkitab Matius 12 : 43

Apabila setan keluar dari diri seseorang, ia akan mengembara ke tempat-tempat yang gersang untuk mencari tempat peristirahatannya, tetapi tidak menemukannya. Lalu kata setan itu, aku akan kembali ke rumahku yang kutinggalkan. Ketika setan itu kembali, didapatinya tempat itu kosong, bersih tersapu, dan rapi teratur. Lalu pergilah setan itu dan mengajak tujuh setan lainnya yang lebih jahat daripadanya. Kemudian mereka masuk dan tinggal di situ. Akhirnya keadaan orang itu menjadi lebih parah daripada keadaannya yang semula. Hal yang sama akan terjadi pula dengan generasi yang jahat ini.

Apa artinya ini :

Artinya setan dapat diusir oleh pendeta atau oleh pengusir roh jahat lainnya. Namun tak menjadi jaminan permanen. Ketika setan telah keluar dari tubuh orang tersebut diluar, setan beristirahat sebentar, kemudian mengikuti dan membututi orang itu lagi kemanapun dia berada dan setan ternyata melihat wow rumahku (tubuh orang tadi) yang kutinggalkan tadi masih kosong, masih bersih, masih rapi teratur katanya. Ini artinya di tubuh orang tadi ngga ada TERANG KRISTUS. Makanya setan bilang wah kosong banget, bersih banget dan rapi. Lalu, setan tadi mengajak atau mengundang 7 setan-setan lainnya untuk merasuki tubuh orang tadi. Akhirnya orang tersebut kerasukan lagi. Tapi kali ini setannya lebih banyak yang masuk ke tubuhnya.


Bagaimana melawan Beelzebul agar kita tak kerasukan

Beelzebul atau setan yang pengen memiliki, mengendalikan & merasuki tubuh kita. Dari informasi diatas sesungguhnya dapat dipahami bahwa setan ngga dapat diusir. Jikapun dapat diusir, keesokan harinya, setan bakalan merasuki lagi. Itulah maksud dari ngga dapat diusir.

Satu-satunya cara untuk melawan Beelzebul adalah menerima YESUS KRISTUS agar DIA bercahaya di tubuh kita melenyapkan kegelapan.  

YESUS adalah benteng & perisai terkuat.

YESUS diibaratkan sebagai pembawa persenjataan PEDANG tercanggih. Dimana pencuri (iblis) tak dapat mencuri rumah karena pasti dikalahkan-NYA. Tetapi jika tak ada YESUS di dalam jiwa & batin. Maka sang pencuri rumah (iblis itu) dengan mudahnya merasuki tubuh orang tersebut.

Tak ada nama lain berkuasa dikolong bumi ini selain nama ‘YESUS KRISTUS’.

Setan, iblis, hantu, kuntilanak, jin, tuyul, pocong, kuyang, dll memang menakutkan.

Tetapi yang lebih menakutkan adalah YESUS KRISTUS. Karena YESUS adalah persenjataan tercanggih yang sanggup membakar jiwa, batin dan roh dengan api.

Siapa yang tak bersama YESUS maka ia melawan YESUS. Maka ia dihinggapi kerasukan oleh iblis dan orang itupun menjadi IBLIS.

Saya berdoa agar para pembaca artikel ini tak pernah mengalami kerasukan iblis karena itu fatal akibatnya. Tolong Berdoa juga untuk saya (Afrid Fransisco) agar tak dirasuki oleh iblis. 

AMIN. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU