Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghilangkan sifat sombong, dengki, iri hati dan marah di luar kendali (2020)


Bagaimana cara menghilangkan sifat sombong, dengki, iri dan marah.

Memang sesungguhnya agak sulit dihilangkan ya. Bahkan beberapa orang sebut saja seperti Deddy Corbuzier mengaku bangga jika dirinya dicap sombong.

Ada banyak artikel kesehatan dan motivasi yang saya baca mengklaim bahwa sifat-sifat ini sesungguhnya ngga bisa dihilangkan tetapi diminimalkan.

Bagi pribadi saya, sifat sombong, dengki dan iri sepertinya sudah melekat di jiwa.

Ini ibaratkan sampah busuk yang melekat ditubuh, pengen dibuang tapi ngga bisa.

Mendapatkan gaji dari Google Adsense. Padahal besarannya juga masih kecil Rp 1.400.000 juta rupiah udah nongol di rekening BCA. Tapi udah merasa sombong banget.

Kadang-kadang juga punya sifat dengki, iri dan marah diluar kendali yang sulit terkontrol hanya untuk masalah permasalahan sepele saja.

Afrid, penulis artikel ini kalau marah tu, jarang sih pakai suara keras teriak-teriak karena memang ngga bisa berteriak dengan suara nyaring nan keras. Walaupun pernah juga teriak karena marah. Tapi kebanyakan marah berada di dalam jiwa di tahan-tahan aja. Itu sebenarnya jenis marah yang jauh lebih kompleks ya.

Jika kita melihat. Ada banyak orang yang mengalami jenis marah kompleks kayak gini.

Ngga ngomong selama bertahun-tahun kepada orang yang dituju sehingga menjadi pendendam. Itu justru lebih berbahaya ketimbang marah dengan suara keras.


Cara menghilangkan sifat sombong, dengki, iri dan marah di luar kendali (2020) 


Ada banyak tips trik dan referensi artikel di luaran sana untuk meminimalkan karakter sifat ini. Tetapi tak banyak membantu, karena tergantung dari kepribadian masing-masing orang.

Jadi, benar apabila ada pepatah mengatakan :

Hidup tak semudah omongan Mario Teguh.

Bagi saya pribadi.

Pengen rasanya menghilangkan sifat sombong, dengki, iri hati dan membuangnya dari tubuh.

Karena nampaknya karakter ini sangat sangat sangat sangat berbahaya.

Sehingga membuat diri saya kesulitan untuk meraih kesuksesan. Keadaan terjadi sebaliknya mengharapkan orang lain mengalami kegagalan, mengharapkan kehancuran, menciptakan pikiran overthinking akibatnya ketika keinginan tak tercapai semana mestinya. Maka kepala jadi pusing nyut nyut banget di otak seperti di tekan oleh tekanan iri hati, sombong dan dengki.

Keadaan pusing kepala berangsur-angsur terjadi datang beberapa kali setiap bulan selama bertahun-tahun.

Pusing ini menghasilkan tekanan pada kepala seperti di tusuk tusuk paku.

Meringankannya cukup dipijat-pijat lembut pakai tangan.


~ Pusing kepala

~ Pakai obat Paratusin dan Panadol aja.

Hem…, kayaknya sih ngga ada obat untuk penyakit pusing jenis ini. Karena sebenarnya ini bukan tipe jenis merk brand penyakit pada umumnya. Seperti Malaria, Diabetes, Stroke, Jantung, dll.

Bukan seperti itu.

Tapi penyakit pusing yang dibuat-buat sendiri aja kok.

Obat penyakit ini adalah ketenangan hati yang bebas dari rasa sombong, dengki, iri dan marah.

Kesombongan :

Akhir-akhir ini bersifat sombong berlebihan.

Tak hanya bagaikan sampah didalam tubuh yang sulit dibuang bagaikan penyakit kanker.

Sombong berlebihan adalah sifat mutlak mirip dari karakter iblis yang ada didalam diri.

Saya sendiri ngga tahu bagaimana mencegahnya. 

Harapan satu-satunya yang saya ketahui adalah berdoa kepada Tuhan Yesus Kristus.

Berdoa agar menangkal, melawan & mengusir sifat kegelapan iblis di dalam tubuh ini yang nampaknya terus terusan ingin menyerang bathin lebih dalam berhasrat membawa kita ke jurang kegagalan, kepahitan, kekecewaan, kesemuan dan kegelapan darknest yang pekat. Agar sifat sombong, iri dengki, marah, dll ini dihancurkan oleh terang KRISTUS. 

Tak hanya matahari yang terang bersinar. Tetapi Tuhan Yesus Kristus lebih bersinar bercahaya menyinari hingga ke dalam tubuh kita mengalahkan kegelapan kuasa jahat iblis yang berusaha memasuki, menakuti, meneror & merasuki jiwa tubuh kita

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU