Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi jari bengkak, ada nanah sakit akibat infeksi bakteri penyakit Paronikia karena tangan sering basah (2020)


Dunia tempat bumi kita tinggal dipenuhi oleh berbagai macam bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit.

Jika kita memiliki mata super yang sanggup melihat benda ukuran mikro nano.

Kita bakalan terkejut jika disekeliling kita terdapat ada banyak berbagai parasit makhluk hidup.

Bagi mereka para pekerja atau karyawan yang sering terpapar limbah air kotoran. Sebaiknya mewaspadai terhadap penyakit Paronikia.

Apa itu Paronikia


Paronikia adalah sebuah nama penyakit disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus atau oleh candida yang masuk melalui jari tangan akibat terluka oleh sayatan kecil.

Ketika terjadi sebuah luka didekat jari tangan. Ini menjadikan sebuah jalan masuk bagi bakteri untuk menyebabkan infeksi ke bagian tubuh dalam.

Paronikia dibedakan menjadi 2. Yaitu ringan dan berat (kronis).


Pada kasus saya. Paronikia dapat sembuh secara sendiri dengan mengkonsumsi obat Paracetamol dan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi dan berharap pada daya tahan tubuh untuk mengobati diri sendiri.

Namun, hal ini bukan saran untuk kebanyakan orang.

Jika jari tangan terasa bengkak, terasa sakit apabila dipegang dan nampak muncul warna kuning di bagian dalam kulit berisikan nanah. (Terbentuk semacam abses atau kumpulan nanah)

Segeralah ke rumah sakit atau puskesmas terdekat di kota anda untuk mendapatkan pertolongan dari tim medis dan dokter.

Paronikia versi berat (kronis) dapat menyebarkan infeksi lebih dalam ke peredaran darah jika terlambat diobati dapat menyebabkan kuku terlepas dan jari tangan berubah ke bentuk abnormal.  

Dilansir dari Alodokter.com :

Pengobatan paronikia menerapkan suntikan disekitar jari terinfeksi, penggunaan obat salep dan resep antibiotik untuk diminum.

Rata-rata pasien sembuh dalam waktu 3 minggu.   

Cara mengatasi dan mencegah penyakit Paronikia agar tak menginfeksi tubuh



Ada banyak penyebab mengapa jari seseorang menjadi bengkak yaitu seperti terkena penyakit asam urat, clubbing finger, dll.

Artikel hari ini kita membahas tentang paronikia saja ya.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati.

Rasa sakit diakibatkan oleh Paronikia begitu tak mengenakkan.

Apabila kasus penyebaran infeksi menyebar menyebabkan kesakitan hingga berminggu minggu.

Bagi teman teman yang sering terpapar air atau berkerja di bidang air. Seperti pembersih kotoran limbah air sapi, peternak, nelayan, petani kolam ikan, pencuci laundry, pembersih toilet, pemerah susu, pencuci motor, pengepel kotoran lantai, pencuci limbah makanan, peternak ayam, petugas pegawai pemerintahan di bidang bendungan, dll.

Daftar pekerjaan diatas adalah orang yang sering tangan dan kakinya terendam air kotor sehingga memiliki risiko tinggi untuk menderita penyakit paronikia.

Strategi untuk mengatasi yaitu menghindari air limbah kotor terciprak atau bersentuhan ke tubuh.

Gunakan alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan karet dan sepatu bot karet.

Hati hati apabila tubuh memiliki luka agar usahakan tak bersentuhan secara langsung dengan air kotor. Termasuk hindari terhadap paparan deterjen seperti rinso, super pel wipol, sabun cream ekonomi yang telah terkontaminasi kotoran limbah.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU