Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Bentuk Pasukan Khusus Angkatan Udara Terbaru 7TH WING (2020)


Di era serba Teknologi. Peran pasukan khusus dalam tantangan masa depan menjadi lebih kompleks.

Tugas dinas special force bukannya malah berkurang. Melainkan semakin dibutuhkan oleh sebuah negara karena menjadi salah satu garda terdepan untuk melindungi dan menjaga kedaulatan.

Pasukan khusus dibutuhkan untuk menyusup, menusuk dan menerkam secara langsung ke jantung musuh secara senyap nan siluman.

Seperti memasuki sebuah kota tanpa terdeteksi untuk membunuh target yang diincar.

Memasuki terowongan goa bawah tanah untuk menghancurkan fasilitas nuklir, meledakan infrastruktur rudal ICBM, meledakkan laboratorium bawah tanah, menguasai lapangan bandara militer musuh untuk mempersiapkan pendaratan bagi pesawat tentara infanteri lain. Melakukan misi penyelamatan kepada pilot pesawat tempur yang jatuh, melakukan pembangunan lapangan udara dibelakang garis musuh, menembak aset panglima musuh dengan senapan sniper, menghapus jejak pembunuhan agar tak terdeteksi, dll sebagainya.

Israel Bentuk Pasukan Khusus Angkatan Udara Terbaru 7TH WING
 
Foto : Tentara IDF Israel
Secara teoritis, satu negara cukup memiliki tiga jenis pasukan khusus saja.

Pasukan khusus itu mahal harganya menguras isi dompet APBN dalam jumlah besar. Baik saat membentuk, melatih maupun maintenancenya.

Terlalu banyak cabang cabang pasukan dan pasukan khusus terlampau banyak jadi kurang efesien, tak efektif sehingga menyebabkan pemborosan anggaran.

Negara kecil Israel paham dengan hal ini.

Sehingga pada tahun 2020. Pemerintah Israel mulai membentuk sebuah pasukan baru yang dijuluki 7TH WING untuk mendampingi pasukan khusus SAYERET MATKAL di darat.


Terlalu banyak cabang pasukan khusus memang merumitkan.

Terkadang sesama tentara juga tak tahu fungsi dari cabang rekan rekannya dan terlalu banyak komando menjadikan banyak perintah simpang siur.

Pasukan elit ‘7TH WING’ menggabungkan semua jajaran cabang cabang untuk angkatan udara Israel menjadi hanya satu komando.

Sehingga menghasilkan cetak biru yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel di mana semua organisasi pasukan khusus diranah udara bergabung menjadi satu dengan kemampuan multifungsi, efektif, efesien, hemat biaya dan lebih unggul dibandingkan sebelumnya.


Amikam Norkin dari Israel mengatakan :

Pengenalan pasukan khusus 7TH WING menunjjukkan sebuah era baru sejarah angkatan udara Israel. Kami berdiri di pundak para pendahulu kami yang pemberani dalam mengambil tindakan. Sekarang kami memimpin jalannya. Hari ini kami bergerak maju ke babak baru. Sahutnya.


Pemerintah Israel memahami perampingan dan perubahan reorganisasi ini.

Beradaptasi untuk lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Menciptakan keunggulan tentara, membuat pertempuran menjadi lebih efektif, membangun keputusan komunikasi lebih cepat dalam satu komando, menghemat anggaran sebaik mungkin, menciptakan superioritas pasukan angkatan udara dan meningkatkan kekuatan.  


Berikut daftar cabang organisasi pasukan elit milik Israel yang dihapus atau ditiadakan. Yaitu Maglan, Duvdevan, Egoz, Unit 699 heliborne, Shaldag dan Front landing.

Semua unit kini bergabung menjadi satu kesatuan “SPECIAL FORCE 7TH WING

7TH WING berkerja di ranah semua skenario misi peperangan udara dan kawasan sekitar pendaratan.

Sedangkan pasukan khusus Sayeret Matkal berkerja beroperasi di ranah darat.  


Youtube : Pasukan khusus special forces 7TH WING

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU