Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 perusahaan teknologi startup swasta baru dan 10 investor institusional didanai pemerintah Israel senilai Rp 11 triliun rupiah (2020)

 
Negara Israel dibangun dan ditopang oleh kekuatan aktor pemerintah dengan industri perusahaan swasta dalam negeri sebagai pendukung utama yang menjalin kemitraan erat bersinergi dibawah pengawasan ketat pemerintah Israel.
 
Sehingga diharapkan terbentuklah sebuah proses saling menguntungkan.
 
Sejak tahun 1979. Pemerintah Israel telah mendukung, mendanai, memberikan modal berupa uang, akses ilmu pengetahuan dan membantu UKM, startup, investor, dan berbagai macam perusahaan industri swasta lokal.
 
Setiap tahun pemerintah Israel melalui pusat inovasi IAI dan intelligence Mossad melalui Libertad ventures memilih beberapa startup untuk didanai dan diberikan modal awal.
 
Pada tahun 2020. Ratusan perusahaan startup lokal asal negeri Zionis Yahudi melamar untuk ikut serta.
 
Namun setiap tahun dipilih kurang lebih hanya ada 5 saja setelah masuk dalam tahap shortlisting untuk mendapatkan akses tersebut.
 
5 perusahaan teknologi startup swasta baru yang mendapatkan modal dari pemerintah Israel (2020).

Youtube : Teknologi Israel Technion
 
Perusahaan teknologi yang dipilih oleh pemerintah Israel harus menciptakan produk inovatif dan layak MVP (minimum viable product).
 
Kemudian mereka diharuskan terlibat bersama pemerintah Israel untuk menguji dan memvalidasi teknologi sesuai alur proses kerja.
 
5 perusahaan swasta asal Israel ini selain mendapatkan akses uang modal dari pemerintah Israel dengan total senilai $ 200.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 2,9 triliun rupiah.
 
Masing masing pihak mendapatkan kurang lebih modal awal antara $ 30.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 441 miliar rupiah.
 
Mereka juga mendapatkan akses bantuan ilmu pengetahuan dan R&D dari universitas di Israel dan diperbolehkan menggunakan akselerator dan blueprint IAI untuk bantuan ke ilmu teknologi tinggi militer.  
 
Hezi Yisraeli mengatakan :
 
Tujuannya adalah untuk menggunakan teknologi militer perintis yang dimiliki perusahaan guna memaksimalkannya untuk pangsa pasar sipil. Sahutnya.

 
Ini daftar 5 startup swasta tersebut.
 
1]. QuantLR
 
QuantLR adalah teknologi komputer quantum. Didirikan oleh professor doktor Nitzan Livneh, professor doktor Hagai Eisenberg, Shlomi cohen dan Yanir Farber. Fokus utama yaitu membuat penyebaran komputer Quantum Key Distribution menggunakan perangkat keras berkemampuan keamanan QKD.
 
2]. Aigent Tech
 
Aigent tech adalah perusahaan teknologi AI (Artificial Intelligence) dalam melakukan penalaran integrasi natural language menggunakan sistem komputasi rasional yang meniru proses pengambilan mirip seperti otak manusia namun dirancang oleh mesin dalam skenario dunia nyata.
 
3]. DST
 
DST adalah teknologi pembuatan sistem pemantauan waktu nyata secara real time.
 
4]. Scopoli
 
Scopoli adalah teknologi pelacakan dan memata matai para penjahat dari kerumunan orang orang yang kompleks melalui pengintaian luar angkasa.
 
5]. Fvmat
 
Fvmat adalah perusahaan yang menciptakan jenis material baru yang disebut meta mechanical materials berdasarkan mekanika terapan dan pengoptimalan teknologi sehingga terciptalah sebuah material dengan sifat baru melampaui apa yang ditemukan di alam. Tujuan utama yaitu material ini digunakan dijual ekspor untuk kepentingan industri.
 
Ini 10 investor yang mendapatkan modal dari pemerintah Israel.

Foto : ilustrasi investor
 
Tak hanya startup. Pemerintah Israel melalui kementerian keuangan juga mendanai dan memberikan bantuan uang kepada investor lokal dengan total nilai sebesar $ 580.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 8,5 triliun rupiah pada tahun 2020.
 
Program bantuan ini untuk mengubah investor institusional swasta dalam negeri menjadi pemain penting di kancah investasi keuangan.
 
10 perusahaan investasi institusional asal Israel tersebut adalah :
 
1]. Mizrahi Tefahot
 
2]. Menora Mivtachim Insurance
 
3]. Migdal Insurance Company
 
4]. Psagot Investmen House
 
5]. Leumi Partners
 
6]. Discount Capital
 
7]. The Phoenix Insurance Company
 
8]. More Investment House
 
9]. Poalim Capital Markets
 
10]. Clal Insurance Company.
 
Sebagai informasi. Pada tahun 2020. Israel memiliki 6.583 perusahaan dan startup. 

633 perusahaan tersebut diantaranya bertaraf global internasional.
 
Termasuk memiliki 534 perusahaan investasi keuangan lokal yang semuanya dibangun oleh anak bangsa Yahudi. 
 
Israel memiliki 458.162 UKM mikro, 63.791 UKM small dan 16.821 UKM medium.
 
Semua perusahaan swasta dalam negeri dan investor lokal diawasi secara ketat oleh pemerintah Israel melalui Mossad.

Mengupload: 371712 dari 415390 byte diupload.
 
Sedangkan, Technion didirikan oleh Albert Einsten dan universitas Israel lainnya memegang peranan penting melahirkan banyak ilmuwan, professor doctor, insinyur dan entrepreneur. 

Setelah lulus, mereka kemudian menjadi innovator untuk negara Israel.
 
Orang orang Yahudi yang berbakat dikumpulkan oleh pemerintah Israel ke dalam program tersendiri yang disebut TALPIOT dan UNIT 8200.

 
Setiap tahun. Pemerintah Israel membantu mendanai kurang lebih 5 startup baru dan 10 investor. 

Harapannya ketika EXIT atau IPO go INTERNASIONAL. Beberapa persen uang dari keuntungan saham perusahaan swasta tersebut mengalir masuk kembali ke kas keuangan negara pemerintah Israel.
 
Pada ujung ujungnya, cadangan devisa (foreign exchange reserves / cadev) negara Israel semakin meningkat. Kemudian uang dari keuntungan diputar kembali ke TECHNION dan UNIVERSITAS untuk menciptakan penelitian R&D baru yang lebih mutakhir dari sebelumnya.


Youtube : Teknologi Israel Technion
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU