Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 alasan tersembunyi Amerika Serikat latihan perang TNI Indonesia dan US Army dalam tajuk Garuda Shield [ Salah satunya sebagai bekal persiapan perang bagi AS melawan sang Naga China dan mempercepat persetujuaan penempatan teknologi alustista canggih seperti radar, patriot, F-35, F-15, Drone MQ-9 reaper, Blackhawk, Tank Stryker, Tank M1 Abrams, Globalmaster, Apache dan THAAD di Indonesia] (2021)

Perang padang pasir yang panas dan tandus di Timur Tengah pernah dilakoninya, perang salju, perang perbukitan berbatu tajam di Afghanistan pernah ditempuh, perang laut mengalahkan kekaisaran Jepang pernah dicapai dengan kemenangan yang sukses, perang perkotaan di kota Jerman untuk mengalahkan NAZI juga pernah dilakukan, perang lumpur dan perang hutan di Vietnam pun pernah dijalankan.
 
Hampir segala jenis perang pernah dilakukan oleh militer Amerika Serikat.

Amerika Serikat berpengalaman dan kenyang berperang.     
 
Diatas kertas, militer Amerika Serikat pemimpin dunia #1 di bidang persenjataan. Baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
 
Industri senjata AS turut memimpin #1 dunia sebagai perusahaan terbesar dan terkaya di dunia.
 
Pada tahun 2021. Sepanjang tanggal 1 – 14 Agustus 2021.
 
TNI Indonesia dan militer Amerika Serikat US Army menggelar latihan perang bersama yang bertajuk Garuda Shield.
 

Latihan perang diadakan pada 3 lokasi. Yaitu Kalimantan Timur, Sulawesi utara dan Sumatra selatan. Kegiatan melibatkan ribuan tentara. Di pihak Indonesia. Latihan dipimpin oleh Jenderal Andika perkasa dan di pihak Amerika Serikat dipimpin oleh jenderal a Flynn.
 
Garuda Shield adalah latihan perang skala besar Indonesia sepanjang sejarah dan berbentuk lintas negara yang tak pernah dialami oleh generasi TNI sebelumnya dengan melibatkan kerjasama dengan militer Amerika Serikat.

 
Pengamat militer Connie rahakundini bakrie mengklaim bahwa agar latihan perang ini adil. Maka ajak juga China dan Rusia untuk latihan bersama dengan kita. Karena Indonesia memiliki sifat no aliansi atau bebas aktif.
 
Namun hal tersebut di soroti oleh Sutiyoso untuk berpikir hati hati karena China justru banyak merugikan bangsa Indonesia.
 
Sutiyoso bahkan menyetujui latihan perang antara militer Indonesia Amerika Serikat dan menolak latihan perang dengan China.

 
Sutiyoso mengatakan :
 
Biar China juga paham agar tak mudah menekan kita. Karena kita punya teman namanya Amerika. Tetapi sebaliknya kalau kita latihan dengan China. Kita harus berpikir panjang ya, karena kita masuk aliansi Asia Tenggara yang banyak dirugikan oleh China. Sahutnya. 
 
Dalam sebuah pidato. Jenderal Amerika Serikat, Flynn mengatakan :
 
Latihan ini merupakan simbol dari tujuan yang lebih besar dalam kerjasama militer antara Indonesia dan Amerika Serikat di masa mendatang. Sahutnya.
 
Berikut adalah 7 kisi kisi tersembunyi Amerika Serikat dibalik latihan perang tersebut :
 
1]. Sebagai persiapan perang bagi AS di masa depan melawan China.

 
Dalam acara ulang tahun partai komunis China ke 100 di tahun 2021.
 
Presiden China, Xi Jinping mengklaim bahwa China siap menghempaskan kepala musuhnya yang melawan dan menentang setiap kebijakan untuk dihantam ke tembok baja China dengan api.
 
Pesan ini sesungguhnya ditujukan kepada Amerika Serikat. Bukan kepada Indonesia. 
 
Amerika Serikat dan China memang bermusuhan.
 
Sebagai persiapan perang di masa depan.
 
Militer US Army membutuhkan pijakan, landasan dan sekutu lokal demi melawan raksasa China.
 
Indonesia terpilih bagi US ARMY. Karena Amerika Serikat memandang Indonesia merupakan bangsa besar yang memiliki kekuatan militer #1 tak terbantahkan di ASEAN. 
 
2]. Sebagai sinyal bahwa negara Indonesia ikut blok Amerika Serikat.

 
Pesan latihan militer antara TNI dan US ARMY sebagai sinyal menantang bagi Amerika Serikat kepada militer China.
 
3]. Amerika Serikat berkeinginan tinggi agar Indonesia menjadi teman atau sekutu.

 
Bagi Amerika Serikat hanya ada 2 pilihan. Yaitu teman atau musuh. 

Amerika Serikat kini tak mengenal apa itu no aliansi atau blok bebas aktif.
 
Amerika Serikat memandang bahwa Indonesia adalah negara besar nan hebat yang layak untuk dijadikan sekutu bagi negeri paman Joe biden tersebut.
 
4]. Wilayah territorial Indonesia berada di bawah payung perlindungan US ARMY.

 
Amerika Serikat tak ingin wilayah Natuna, tanah, air, mineral dan kepulauan sekitar Indonesia dicaplok oleh militer China.
 
Jika itu terjadi melalui perampasan wilayah milik Indonesia, maka China menjadi semakin kuat dan kaya raya dari hasil merebut SDA milik negara lainnya.
 
Amerika Serikat tak ingin hal itu terjadi.
 
Jika sejengkal saja wilayah Indonesia di caplok oleh China.
 
Maka militer Amerika Serikat siap bertarung untuk menggagalkan aksi militer China.
 
5]. Hedegomi dominasi Super Power.

 
Insting Amerika Serikat tak menginginkan jika status dalam tanda kutib ‘Super Power’ miliknya tersaingi.
 
China melalui partai komunis PKT secara tahun ke tahun tumbuh dengan pesat dari segi politik, ekonomi dan militer. Itu berarti menantang dominasi Amerika Serikat.
 
Amerika Serikat tak mau posisi ini tergantikan.
 
Tujuan utama Amerika Serikat latihan perang yaitu untuk memberikan pesan kepada China bahwa dirinya tetap Super Power. Dilarang menyalip, menyaingi dirinya atau harus berhadapan secara face to face dengan militer Amerika Serikat untuk berperang.
 
6]. Penempatan alustisa militer

 
Garuda Shield merupakan langkah awal kerjasama Amerika Serikat dan Indonesia.
 
Pada kedepannya diharapkan pemerintah Indonesia mengizinkan bagi akses teknologi militer US ARMY berpangkalan di pulau Natuna membentuk armada base sebagai payung bagi mantra udara, darat dan air.

Jikapun tak disetujui oleh pemerintah Indonesia untuk mendirikan pangkalan militer. 

Amerika Serikat tetap bersabar dan masih memiliki penyangga lainnya seperti Australia, Singapura dan pulau Diego Garcia. 

Baca juga :
 
7]. Penyangga Australia

 
Di dekat wilayah Indonesia. Amerika Serikat memiliki beberapa pangkalan militer terbesar yaitu di pulau Diego Garcia. 

Diego Garcia menjadi rumah bagi kapal perang, pesawat bomber dan pesawat siluman B2 Spirit. Termasuk keberadaan US ARMY di wilayah Australia. Terutama di Darwin menjadi rumah bagi ribuan pasukan Amerika Serikat yang siap berperang di masa depan melawan China.  
 
Indonesia dianggap menjadi wilayah penyangga bagi Amerika Serikat untuk melawan China.
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU