Lompat ke konten Lompat ke footer

10 Jumlah penduduk agama di Amerika Serikat ( 2021 )

 1]. Kristen protestan

Jumlah : 146.232.000 juta orang.

Amerika Serikat dibangun pertama kali oleh nilai nilai protestan dengan cara memisahkan kepentingan negara dan agama. Jadi, Amerika Serikat bukanlah sebuah negara agama. Ini negara sekuler yang menjunjung kebebasan demokrasi.

Kristen protestan identik dengan Amerika Serikat. 

Amerika Serikat adalah negara terbesar satu satunya di dunia dimana mayoritas persentase penduduk menganut Kristen Protestan. 

Denominasi Kristen protestan di Amerika Serikat terbagi ke dalam 2 cabang besar yaitu Kristen protestan kharismatik pentakosta dan Kristen protestan evangelist.

Dari tahun ke tahun. Jumlah penganut agama Kristen protestan terus menurun. Terutama dari evangelist.

Penelitian dari PEW yang berpusat di Amerika Serikat melansir telah terjadi penutupan sebanyak kurang lebih 3.000 unit gereja selama beberapa tahun belakang ini.

Beberapa gereja banyak terbengkalai kekurangan jemaat sehingga kesulitan membiayai perawatan gedung. 

Jemaat mempertanyakan tentang keimanan, teologi Tritunggal Trinitas, dan masalah ajaran penafsiran kitab suci Alkitab yang dimana saling berbeda beda tanpa adanya kesatuan pemahaman bersama, saling bertolak belakang, bertentangan terhadap tafsir lain sehingga membuat kebingungan antara jemaat.   

Data ini membawa masalah serius pada tantangan masa depan terhadap perkembangan umat kristen protestan itu sendiri di Amerika Serikat. 

2]. Kristen Katolik

Jumlah : 98.130.000 juta orang.

Jumlah umat Katolik di Amerika Serikat meningkat pesat selama beberapa dekade dari 77.000.000 juta orang menjadi 98.130.000 juta orang di tahun 2021.

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan baptis dewasa dan peralihan agama dari kerinduan hati orang orang Kristen protestan dan denominasi lainnya seperti Kristen protestan Lutheran, Kristen protestan calvinisme, Kristen protestan Presbyterian, kristen protestan kharismatik pentakosta, kristen protestan gereja baptis dan Kristen anglikan untuk kembali kepada asal usul sejarahnya dengan meninggalkan gereja lamanya untuk menuju ke agama Katolik yang satu dan universal.

Kristen Katolik dikenal sebagai agama tertua di ajaran Kristen.

Katolik berasal dari kata Katolikos yang berarti secara keseluruhan, universal atau gabungan untuk sebutan bagi seantero dunia Kristen di penjuru bumi yang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus. 

Katolik berlandaskan tafsiran magisterium berpusat di Vatikan. 1]. Kitab Suci, 2]. Tradisi suci seperti tanda salib. 3]. Magisterium dan Katekismus.

3]. Atheis

Jumlah : 58.290.000 juta orang.

Atheis tak beragama, tak percaya surga neraka dan mereka anti agama.

Kebanyakan orang orang ini berasal dari agama Kristen yg berpindah keyakinan ke ateis.

Mereka menganggap Tuhan hanya ‘dongeng fiksi semata dan tak dapat masuk ke dalam nalar pikiran.

Di Amerika Serikat terjadi kenaikan pada orang orang yg menolak Tuhan.

Penjualan buku tentang ateis di toko dan di supermarket AS menjadi penyebab mengapa kenaikan jumlah para penganut penolak agama ini kian bertambah banyak dari hari ke hari.

4]. Kristen lainnya [ Kristen anglikan dari United Kingdom, kristen ortodoks dari Rusia, Kristen Mormon, dan Kristen saksi Yehuwa ]

Jumlah : 23.897.000 juta orang.


Kristen di Amerika Serikat terdiri lagi ke dalam banyak aliran. Yaitu anglikan, ortodoks, Mormon dan saksi Yehuwa.

Dari tahun ke tahun. Jumlah gabungan penganut agama Kristen ini terus menurun.

5]. Agama tradisional [ Wakan Tanka ]

Jumlah : 8.900.000 juta orang.

Foto : Nabi dari suku orang orang Indian

Sebelum Kristen masuk ke Amerika Serikat.

Penduduk asli Amerika Serikat dari suku Indian sudah mempunyai kepercayaan tradisional sendiri.

Salah satunya yaitu Wakan Tanka.

Wanka Tanka diartikan sebagai kekuatan atau kesucian yang bersemayam dalam segala objek dianggap memiliki kekuatan keramat atau kemampuan gaib spritual masing masing.

Agama ini memiliki nabi bernama Shawnee.

Ia lahir pada tahun 1775 dan meninggal dunia pada tahun 1836.

Ia adalah ayah dari 20 orang anak dan memiliki 3 istri.

6]. Islam

Jumlah : 6.322.000 juta orang.

Foto : Muslim asal Amerika Serikat

Untuk pertama kalinya dalam sejarah di Amerika Serikat. 

Pada tahun 2021, Islam dengan cepat mengalahkan posisi agama lainnya.

Beberapa dekade yang lalu. 

Jumlah pemeluk Islam di Amerika Serikat hanya ada 1.900.000 juta orang saja.

Namun saat artikel ini ditulis bagi anda.

Islam telah menggeser posisi Yahudi, Buddha dan Hindu ke posisi peringkat # 6.

Populasi Islam naik pesat dari 0,6% ke 1,9%.

Dari tadinya hanya ada 1.900.000 juta orang saja menjadi 6.322.000 juta orang.

Hal ini terjadi karena masifnya jumlah mualaf baru asal Amerika Serikat. Terutama dari kalangan Kristen yang mengkonversi diri menjadi Islam sejak peristiwa tragedi 11 september 2001. 

Beberapa orang orang Kristen di Amerika Serikat mulai menyadari bahwa pada kenyataannya Islam turut pula mengimani Yesus kristus seperti yang mereka yakini, namun dengan status berbeda. 

Suatu pandangan yang tak pernah diduga oleh beberapa umat Kristen asal Amerika Serikat tentang Islam. 

Sehingga banyak dari umat Kristen di AS mulai mencari tahu tentang keberadaan Isa Almasih atau Yesus di Alquran dan mempelajari Islam secara mendetail. 

Kemudian memutuskan menjadi penganut muslim tanpa adanya paksaan dan siksaan.

Hampir keseluruhan Islam di Amerika Serikat adalah muslim sunni, bukan syiah.

7]. Yahudi Zionist

Jumlah : 4.200.000 juta orang.

Agama Yahudi Zionist di AS menurun dari perhitungan populasi berdasarkan survey PEW (pew research center). Tahun 2013 sebanyak 5.700.000 juta orang menjadi tersisa 4.200.000 juta orang pada tahun 2021.

Penyebab, karena adanya banyak perpindahan agama Yahudi  ke Kristen, Atheis dan Islam.

Kini, Jumlah umat populasi agama Yahudi Zionist di Amerika Serikat terus menurun setiap tahunnya. Salah satu penyebab lainnya yaitu adanya proses pemanggilan Aliyah oleh pemerintah Israel untuk membawa pulang ke tanah nenek moyangnya di Timur Tengah.

Sisa orang orang Yahudi Zionist di AS yang tertinggal masih dalam proses antri untuk mendapatkan tiket pulang ke Israel. Sesembari menunggu pembangunan infrastruktur, gedung apartement, pemukiman, perkebunan, jalan raya, jembatan, dll yang membutuhkan waktu lama.

Pemulangan hanya diperuntukkan bagi orang-orang Yahudi Zionist saja. Sedangkan Yahudi Haredi (Ultra Ortodoks) tak memiliki hak untuk mendapatkan tiket dan dibiarkan tinggal di Amerika Serikat untuk selamanya.  

Yahudi Zionist adalah agama sekaligus kepercayaan berbasis gerakan politik yang dipelopori oleh Theodor Herzl pada abad ke 19.

Zionisme adalah gerakan dari kombinasi gabungan antara agama, kitab suci, politik, tentara, suku, bangsa, budaya, keterikatan, kebersamaan, kebulatan, integritas, solidaritas dan kesatuan hati antar sesama kehidupan orang orang keturunan Yahudi pendukung pendirian ideologi negara Israel sebagai pertahanan, perisai dan perlindungan bersama. 

8]. Buddha

Jumlah : 3.327.550 juta orang.

Buddha membentuk sekitar 1% dari total populasi AS. 

9]. Hindu

Jumlah : 2.994.000 juta orang.

Hindu membentuk sekitar 0,9% dari total populasi AS

10]. Yahudi Haredi ( Ultra Ortodoks ]

Jumlah : 600.000 ribu orang.


Yahudi ortodoks adalah salah satu agama yang mentaati seluruh hukum Taurat berjumlah 613 mitzvot.

Dari proyeksi tahun ke tahun. Agama Yahudi Haredi meningkat dari 500.000 ribu menjadi 600.000 ribu orang.

Berbeda dengan Yahudi Zionis yang melarang orang dari suku lain memeluk agama kepercayaannya. Maka, Yahudi ortodoks memperbolehkan semua orang orang yang bukan berdarah genetik DNA keturunan Yahudi untuk memeluk agama Yahudi ortodoks (Haredi).

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU