Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel starkware : Teknologi mesin pemercepat penskalaan ethereum dan menghemat biaya fee transaksi blockchain menjadi 20.000 kali lebih murah ( 2021 )

Teknologi blockchain telah mengubah banyak hal untuk pembayaran keuangan, pembukuaan akuntasi modern dan finansial.

Blockchain bekerja melalui cara verifikasi data di dalam database yang kemudian diolah oleh jutaan komputer di seluruh penjuru dunia.

Transaksi berbasis blockchain mampu mengirimkan uang anda kemanapun secara cepat tanpa mengenal batasan fisik geografis dengan biaya fee yang jauh lebih murah daripada transfer ala bank tradisional.

Saat orang orang mulai ramai berkerumunan beralih ke sistem blockchain untuk menggantikan atau meninggalkan peranan bank.

Salah satu jaringan milik Ethereum. Setiap hari mendapatkan tekanan beban untuk menghandle jutaan transaksi jaringan global perdetik yang kian hari bertambah banyak.  

Untuk mempercepat dan mengurangi beban komputasi. Ethereum menggunakan sistem blockchain layer 2.

Permasalahan penskalaan menjadi momok bagi Ethereum, disisi lain hal ini menambah biaya fee gas yang kian memberatkan mengingat jumlah transaksi bertambah banyak dari hari ke hari.

Israel starkware

Semua perhitungan penskalaan membutuhkan daya komputer dan energi listrik.

Ini menjadi penghalang terbesar bagi Ethereum selama ini.  

Perusahaan teknologi asal Israel bernama Starkware mencoba menyelesaikan permasalahan dengan menciptakan produk mesin digital bernama starkdex, starkpay dan starkex.

Starkware menciptakan protokol stark untuk meningkatkan skalabilitas Ethereum dengan tetap menjaga keamanan privasi blockchain. sekaligus menambal kelemahan dari teknologi lightining network. 

Sistem menyerupai seperti sebuah roda bergerigih penghisap data. 

Kemudian memutarnya berkecepatan tinggi demi mempercepat pembentukan nilai matematika. Melalui penerapan skala maka transaksi penskalaan Ethereum mampu ditingkatkan hingga 20.000 kali lipat lebih murah.

Foto : Eli ben sasson.

Tim starware mengatakan :

Di dalam ilmu matematika. Kami percaya itu. Sahutnya.

Perusahaan Starkware didirikan oleh founder bernama : Eli ben sasson.

Beliau adalah professor doktor dari Technion Israel.

Starkware memiliki 90 karyawan muda bersemangat. 

Hampir keseluruhan karyawan adalah lulusan S2 dari berbagai latar belakang bidang seperti ilmu komputer, matematika, fisika dan kriptografi. Turut hadir beberapa professor doktor lainnya.

Sebelum menciptakan starkware. Eli ben sasson adalah pencipta teknologi anonim yang dapat menghilangkan jejak bitcoin tanpa mampu dilacak.

Ada dua jenis mesin roda bergerigih milik starkware yaitu rollup zk dan rollup optimistic.

Rollup zk untuk teknologi penskalaan. Sedangkan rollup optimistic untuk menghasilkan validasi bukti transaksi.

Mesin penskalaan milik starkware sudah digunakan dalam menyelesaikan perdagangan. Mengurangi biaya gas menjadi murah secara dramatis hingga 20.000 kali. Sehingga kontrak pintar dapat berjalan semana mestinya dan diharapkan teknologi ini digunakan untuk populasi orang orang yang lebih banyak lagi.

Langkah selanjutnya dari starkware

Menciptakan starknet alpha di mainnet Ethereum. Perbedaannya yaitu dari sisi kontrol kendali perusahaan. Sedangkan versi starknet merupakan mesin digital yang bakal dilepaskan ke galaksi internet secara terdesentralisasi dan bekerja secara otonom demi menciptakan berjalannya berbagai aplikasi cryptoccurency untuk semua pihak dengan penggunaan konsumsi energi listrik murah dan membentuk sebuah rantai pembayaran mata uang kripto dengan kecepatan tinggi.  

Ketika straknet telah dilepas ke galaksi internet melalui skema DAO (desentralized autonomous organization).

Maka takkan ada seorangpun atau pihak manapun mampu mematikan dan menghancurkannya.

Kecuali seluruh internet dimatikan.  

Teknologi buatan starkware diciptakan dengan pendanaan sebesar $ 161 juta dollar. Sekitar Rp 2,2 triliun atau setara Rp 2.286 miliar rupiah.

Tim starkware mengatakan : 

Solusi pembayaran hemat biaya, handal dan terukur tanpa banyak persyaratan. Sahutnya. 

Pendanaan awal didanai oleh pemerintah Zionis Israel.

Starware berkantor pusat di Israel.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU