Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel globale akuisisi perusahaan teknologi Amerika Serikat Flow senilai $ 545 juta dollar atau sekitar Rp 7 triliun rupiah ( setara Rp 7.700 miliar ) [ Perangkat lunak ecommerce UKM ) ( 2021 )

Seperti yang kita ketahui. Toko online telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang pada saat ini untuk berdagang, berbisnis dan memenuhi kebutuhan belanja sehari hari mereka.

Mulai dari membeli pakaian, sepatu, gadget, kerajinan meubel dan lain lain sebagainya.

Namun, banyak pelaku pemilik toko UKM online terhambat perkembangan merk bisnisnya karena ekonomi lokal yang stagnan ditempat asal negaranya, sehingga pendapatan mereka cuma segitu gitu aja.

Maka oleh sebab itu di butuhkan untuk memperluas pangsa pasar produk miliknya ke pasar internasional. Tetapi itu menjadi tantangan sulit bagi kebanyakan pelaku UKM. Diakibatkan masalah perbedaan lintas negara.

Tentang Globale

Perusahaan globale berbasis di Israel.

Tahu bagaimana cara menghadapi tantangan tersebut.

Globale didirikan oleh Amir schlachet, Shahar tamari dan Nir debbi.

Bermula dari kesulitan bagi warga Israel untuk berbisnis toko online karena pangsa pasar lokal yang kecil sehingga sulit bertumbuh. Tak ada yang dapat diandalkan untuk negara yang hanya berjumlah populasi penduduk 9.200.000 juta orang.

Disisi lain, negara tetangga melakukan embargo perdagangan.

Globale adalah platform untuk mengaktifkan toko online ecommerce liintas batas internasional tanpa halangan geografi. Sehingga pedagang dapat dengan mudah menjual barang atau produk miliknya ke pelanggan pembeli luar negeri dan sebaliknya.

Mendukung 25 bahasa internasional dan sekitar 100 lebih perusahaan bank besar ternama di masing masing negara sebagai transfer pembayaran. Termasuk menerima sistem pembayaran digital dari perusahaan Paypal, Alipay, unionpay dan masih banyak lagi.

Jadi ketika seorang pedagang asal Korea Selatan menjual sepatu ke India. Globale secara otomatis menghandle segala macam perbedaan bahasa, pajak, kurir pengiriman, dan pembayaran.

Orang India melihat situs berbahasa India. Sebaliknya orang Korea Selatan melihat situs berbahasa Korea Selatan. Ketika proses pembayaran terjadi. Orang India membeli dengan mata uang dari asal negaranya, sedangkan orang korea selatan menerima uang dengan mata uang asal negaranya.

Hal yang sama terjadi pula dari Brazil ke Meksiko, dan dari negara lain lain lain.

Globale akuisisi perusahaan Flow

Flow adalah perusahaan yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Didirikan oleh Rob keve dan mike bryzek. Ini bergerak di bidang pencipta perangkat lunak yang menyediakan alat mutakhir untuk pengoptimalan website, algoritma konversi, kontrol konfigurasi, checkout, dan pertukaran mata uang.

Globale tertarik mengakuisisi Flow karena teknologi integrasi API edge miliknya.

Debbi dari Israel mengatakan :

Platform globale mendukung perdagangan lintas batas dengan cara yang cerdas, sederhana dan terlokalisasi. Akuisisi flow mengikuti strategi kami yang pada akhirnya memungkinkan kami untuk menjangkau UKM kecil dan baru dengan cara yang paling canggih dengan memanfaatkan teknologi flow edge yang digabungkan dengan keahlian globale dan model big data. Kombinasi ini memposisikan kami sebagai perusahaan yang melayani lintas batas solusi menembus perbatasan untuk semua jenis ukuran pedagang. Mulai dari toko merk kecil yang masih baru hingga perusahaan perdagangan besar di dunia. Sahutnya.

Pada tahun 2020.

Globale secara resmi telah mengakuisisi perusahaan Flow dengan mahar senilai $ 545.000.000 juta dollar atau sekitar Rp 7,7 triliun (setara Rp 7.700 miliar rupiah).

Berdasarkan keputusan keinginan dari founder dan karyawan Flow. 

Porsi transaksi uang akuisisi dibagi ke dalam dua jenis yaitu berbentuk uang tunai (cash) dan setiap anggota Flow berhak menerima beberapa persen kepemilikan saham di Globale.

Globale bermarkas besar di Israel.

Walaupun hanya dikendalikan oleh 500 orang. Setiap tahun, Globale mampu meraup pendapatan kotor sebesar di atas $ 800.000.000 juta dollar per tahun atau sekitar Rp 11,3 triliun rupiah. (setara Rp 11.300 miliar per tahun).

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU