Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Outbrain akuisisi perusahaan Swiss Switzerland Video intelligence vi sebesar $ 55 juta dollar atau sekitar Rp 781 miliar rupiah [ teknologi media video ] ( 2021 )

Hampir keseluruhan jaringan iklan digital yang beredar di internet seluruh dunia.

Dikuasai dan dipimpin oleh perusahaan Alphabet inc

Alphabet adalah sebuah perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat. Merupakan Induk dari Google, Android dan Youtube.

Alphabet memang menguasai hingga 98% pangsa pasar iklan dunia di tahun 2021.

Mulai dari iklan teks hingga ads video di Youtube.

Namun, bukan berarti tak ada celah bagi perusahaan lain berhadapan dengan raksasa Google.

Outbrain adalah salah satu perusahaan alternative iklan digital menggunakan sistem pembayaran berbasis PPC pay per click melalui tautan grid thumbnail menarik. Demi mengarahkan pengunjung atau pembaca ke halaman tautan web/blog pengiklan.

Israel Outbrain akuisisi perusahaan Switzerland video intelligence vi

Pada tahun 2021.

Perusahaan teknologi asal Israel Outbrain. Mengumumkan telah mengakuisisi perusahaan media video digital intelligence AG (vi) yang berkantor pusat di negara Swiss (Switzerland).  

Pembayaran dilakukan menggunakan 2 cara yaitu :

1]. Tunai (cash), dan

2]. Saham.

Pembayaran melalui saham atas keinginan orang orang Swiss itu sendiri.

Mereka memilih kepemilikan beberapa persen terhadap saham perusahaan Outbrain. Alih alih dibayar sepenuhnya dengan uang tunai. Mereka memilih saham milik Outbrain sebagai investasi masa depan berkelanjutan.

Total kesepakatan akuisisi senilai $ 55.000.000 juta dollar atau sekitar Rp 781 miliar rupiah.

Sebelum mengakuisisi video intelligence vi.  

Sejak 2016 – 2020. Outbrain telah mengakusisi beberapa perusahaan teknologi lainnya seperti Ligatus, Zemanta dan Revee yang kemudian setelah proses akuisisi perusahaan itu di tutup permanen untuk diambil alih sepenuhnya menjadi milik Outbrain.

Kostman mengatakan :

Kami yakin ini menjadi langkah awal bagi kami untuk memasuki jaringan video dan OTT. Vi dapat mencocokkan iklan secara kontekstual di area televisi digital dan kami berharap dapat memanfaatkannya. Sahutnya.  

Lanjut ia mengatakan :

Akuisisi perusahaan video intelligence dapat membantu meningkatkan bisnis video. Perkiraan menyumbang 9% dari pendapatan kami dan itu meningkatkan tambahan pemasukan uang sekitar $ 100.000.000 juta dollar per tahun. Bisnis besar kami di bidang outstream dan kami melihat bagaimana cara memperluas ke basis video yang merupakan area peluang bisnis yang jauh lebih besar. Sahutnya.

Tentang intelligence video vi

Perusahaan intelligence video vi berkantor pusat di Swiss Switzerland.

Perusahaan vi menciptakan sebuah teknologi machine learning (ML) dan artificial intelligence (kecerdasan buatan AI) yang memungkinkan pemilik media lainnya dalam meningkatkan keterlibatan dengan rasa kualitas premium untuk menambahkan konten video yang relevan, aman dan berdampak bagi penggunannya.

Tentang Outbrain

Outbrain adalah perusahaan teknologi asal Israel.

Diciptakan pertama kali di tahun 2006 oleh 2 founder. Yaitu Yaron galai dan Ori Lahav dari lulusan universitas TAU (Tel Aviv University) Israel.

Foto :  Ori Lahav

Sebelum mendirikan Outbrain. 

Pada tahun 2000. Yaron galai adalah sosok pencipta teknologi mesin pencari Quigo.

Kemudian ia menjual teknologi miliknya ke perusahaan AOL. Lalu dari uang segar itu ia kemudian menciptakan perusahaan Outbrain.

Foto :Yaron galai

Outbrain memiliki 850 karyawan.

Perusahaan Outbrain menawarkan iklan PPC untuk pemilik website dan blog dengan bayaran bagi hasil menggiurkan hingga 75%. (Bandingkan dengan Google hanya 68%). Sehingga setiap publshier bakal tergiur atau tergoda untuk memilikinya sebagai alternative kombinasi dari Google ads.

Pada tahun 2021. Dalam jangka waktu 1 hari saja.

Iklan outbrain telah menembus pageview diangka 10.000.000.000 miliar per hari.

Walau hanya dikendalikan oleh 850 orang saja. Setiap tahun, Outbrain mampu menghasilkan pendapatan sebesar $ 760 juta dollar atau sekitar 10 triliun rupiah. (setara Rp 10.000 miliar rupiah per tahun).

Untuk bekerjasama dengan Outbrain.

Publisher web/blog diwajibkan memenuhi beberapa syarat tertentu.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU