Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perusahaan senjata Leonardo (Italia/EU) akuisisi Hensoldt senilai $ 733 juta dollar atau sekitar Rp 10 triliun ( 2022 )

Hendak bermaksud memperbesar kapasitas dengan cara terus melakukan inovasi dan selama beberapa tahun mengakuisisi pencaplokan terhadap perusahaan lain seperti Saillabs dan Mahytec.

Namun, alam semesta berkata lain.

Kali ini malah dirinya yang di caplok oleh perusahaan lain. Itulah yang terjadi pada Hensoldt. 

Perusahaan senjata Leonardo (Italia/EU) akuisisi Hensoldt senilai $ 733 juta dollar atau sekitar Rp 10 triliun ( 2022 )

Perusahaan senjata asal Italia, Leonardo mengumumkan awal bulan Januari 2022 bahwa mereka telah menyelesaikan akusisi terhadap perusahaan Hensoldt asal Jerman.

Dibayar lunas secara tunai.

Leonardo kemudian menjadi pemegang saham utama Hensoldt.

Nilai mahar akuisisi berjumlah $ 733 juta dollar atau sekitar Rp 10 triliun rupiah. ( setara Rp 10.000 miliar rupiah )

Setelah proses akuisisi. 

Perusahaan Hensoldt tetap beroperasi mandiri seperti biasa di kantor pusat Jerman dengan menggunakan identitas brand yang sama.

Leonardo takkan mematikan atau tak menutup perusahaan Hensoldt.  

Hanya saja, beberapa dari jajaran karyawan dan petinggi di Hensoldt bakal diganti dengan kandidat yang dipilih oleh Leonardo.

Leonardo mengklaim bahwa tujuan akuisisi untuk memudahkan atau memuluskan setiap aksi kebijakan dan rencana perusahaan bersama untuk memperluas kehadiran produk militer di pangsa pasar pertahanan lokal dan internasional tanpa harus tersandung banyak perdebatan keributan yang tak perlu.

Sejak lama. Hensoldt dan Leonardo memang telah saling bermitra bekerjasama untuk berbagai macam program pembangunan senjata asal Uni Eropa seperti proyek besar pesawat tempur Eurofighter Typhoon dan masih banyak lagi.

Kesepakatan akuisisi Hensoldt yang dilakukan oleh Leonardo. Menciptakan kedalaman akses teknologi yang menawarkan solusi kaloborasi kerjasama secara mulus tanpa rintangan ketidakcocokan.

Thomas muller mengatakan :

Kami melihat banyak peluang kerjasama dengan Leonardo untuk saling mendukung dalam strategi pencapaian kesuksesan dan memperkuat pertumbuhan bisnis jangka panjang Hensoldt. Sahutnya.

Tentang Leonardo

Didirikan pertama kali pada tahun 1948.

Sebelumnya bernama Finmeccaniaca, kemudian ganti nama menjadi Leonardo.

Leonardo adalah perusahaan teknologi senjata terbesar peringkat # 13 di dunia dan # 2 di Uni Eropa setelah Airbus.

Leonardo berkantor pusat di kota Roma, Italia (Uni Eropa). Ini tergolong sebagai perusahaan publik swasta yang terdaftar di bursa saham, namun 30% sahamnya dimiliki atau dikuasai oleh pemerintah Italia.

Leonardo memproduksi pesawat tempur latih Alenia, helikopter tempur Agusta westland, senapan mesin Oto melara, pembuatan aerostruktur, elektronik, cyber security, rudal MBDA dan pesawat terbang komersial untuk sipil bermesin baling baling turboprop.

Setiap tahun, Leonardo mampu meraup pendapatan kotor sebesar $ 11 miliar dollar atau sekitar Rp 157 triliun rupiah (setara Rp 157.000 miliar rupiah). Beberapa persen pendapatan Leonardo mengalir ke dompet pemerintah Italia.

Di tanggal 30 Januari 2018. Leonardo mempresentasikan rencana untuk aktif dan makin gesit dalam menghadapi persaingan industri persenjataan yang kian panas nan kompetitif.

Pencaplokan Hensoldt merupakan salah satu taktik untuk memastikan keberlanjutan perusahaan ini mampu bertahan dalam jangka panjang.

Leonardo terus melakukan peningkatan optimasi, memastikan pengeluaran uang yang terukur secara hati hati, mendaur ulang defisini portofolio produk yang menghasilkan banyak keuntungan, memperkuat struktur bisnis, mempercanggih teknologi dengan inovasi penelitian R&D yang diperkuat, menambah lini produk baru dan mempercepat akselerasi.

Jumlah karyawan : 50.000 ribu orang.

Tentang Hensoldt

Hensoldt adalah perusahaan senjata terbesar peringkat # 64 di dunia.

Hensoldt berkantor pusat di Jerman (Uni Eropa) dan memiliki kantor cabang di Amerika Serikat dan Africa Selatan.

Memiliki jumlah karyawan : 6.000 orang.

Hensoldt memproduksi radar, optronics, avionic dan teknologi peperangan elektronik.  

Akuisis Leonardo terhadap Hensoldt menjadikan perusahaan Rheinmetall sebagai satu satunya pemain tersisa bagi industri senjata yang dimiliki oleh Jerman.

Leonardo menetapkan Hensoldt tetap beroperasi dari Jerman. Tanpa harus berpindah ke Italia.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU