Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 macam jenis denominasi agama kristen terbesar di dunia ( 2022 )

Selama ini mayoritas orang di Indonesia. Tak banyak menyadari bahwa agama Kristen terbagi ke dalam banyak cabang berbeda beda.

Ada orang beranggapan bahwa Kristen itu sama saja secara menyeluruh.

Padahal sebenarnya ngga demikian ya.

Kristen itu beda beda lho, walaupun punya Tuhan Yesus Kristus yang sama. Walaupun punya salib yang sama. Tetapi pemahaman ajaran ideologi, dokrin, teologi dan tata ibadah mereka saling berbeda beda.

Pada awalnya, agama Kristen hanya ada satu yaitu Katolik. Namun sejak adanya protes yang dilakukan oleh seorang pemuda bernama Martin Luther pada tahun 1517. Maka agama kristen terpecah menjadi banyak aliran denominasi. Sejarah mencatat pernah mencapai angka 33.000 cabang.  

Di abad modern karena perkembangan pesat informasi melalui kanal Youtube, Google, Facebook dan Instagram. Nampak kini beberapa orang orang Kristen telah bertobat untuk memutuskan kembali lagi bergabung menjadi seorang Katolik melalui baptisan dewasa.

Sedangkan beberapa denominasi kristen lain. Tetap memilih berpisah dari Katolik dan beberapa aliran lain kehabisan dana akibat penurunan jemaat hingga akhirnya denominasi itu atau gereja ditutup menuju ke alam kebangkrutan.

Di tahun 2022.

Daftar jumlah total denominasi Kristen di seluruh dunia telah menurun dari sebanyak 33.000 unit menjadi tersisa 30 unit saja.

Jadi, menarik untuk disimak.

Manakah denominasi gereja yang bertahan kuat hingga di masa depan.

Dan, manakah denominasi gereja yang akhirnya mengalami penurunan drastis hingga menyebabkan kolaps atau bangkrut ditelan oleh kehancuran.

Berikut adalah  6 macam jenis denominasi agama kristen terbesar di dunia yang masih bertahan.

Penasaran, yuk mari kita semok :

1]. Kristen Katolik

Kantor pusat : Vatikan

Jumlah pengikut : 1.344.403.000 miliar orang.

Kristen Katolik adalah agama tertua di ajaran Kristen. Berasal dari kata Katolikos yang berarti secara keseluruhan, universal atau gabungan untuk sebutan bagi seantero dunia kristen di penjuru bumi. Katolik berlandaskan tafsiran magisterium berpusat di Vatikan. 1]. Kitab Suci, 2]. Tradisi suci seperti tanda salib. 3]. Magisterium dan Katekismus. Jadi, Katolik ngga boleh sembarangan menafsirkan Alkitab karena terdapat otoritas berwenang yang dipimpin oleh Paus Benediktus.

2]. Kristen Protestan Kharismatik Pentakosta

Kantor pusat : Amerika Serikat

Jumlah pengikut : 644.000.0000 juta orang.

Salah satu pendeta paling terkenal di Kharismatik pentakosta adalah Benny Hinn dan Joel Osteen.  

Menurut PEW. Perkembangan pertumbuhan Kharismatik pentakosta berkembang sangat cepat sekali. Bahkan banyak orang orang Kristen dari aliran denominasi lain memutuskan pindah ke gereja ini dan dibaptis ulang.

Orang orang Kristen dari Pentakosta kharismatik terlibat dalam pengalaman spiritual pribadi bersama Tuhan, berbicara dalam bahasa roh, pengurapan dalam kepenuhan roh kudus, mujizat penyembuhan kesembuhan dan keberanian dalam pengusiran setan. 

Di Indonesia. pendeta paling berpengaruh di aliran Kristen ini adalah Gilbert Lumoindong, Yesaya pariadji, Philip Mantofa, Niko Njotorahardjo, dan masih banyak lagi. 

Denominasi ini pertama kali hadir di Indonesia dibawakan oleh 2 keluarga asal Amerika Serikat yang menumpang di kapal Suamaru menuju Jakarta pada tanggal 4 Januari 1921.

Berdasarkan sejarah. Ajaran Kharismatik Pentakosta berasal pertama kali dari Amerika serikat.

Denominasi Gereja ini percaya bahwa akhir zaman sudah dekat. Oleh sebab itu, gereja membutuhkan pembaharuan dengan penyembuhan iman. 

3]. Kristen Ortodoks

Kantor pusat : Rusia

Jumlah pengikut : 200.000.0000 juta orang

Kristen Ortodoks adalah agama yang berpegang pada Alkitab tanpa kritik. Mengakui Yesus memiliki sifat sebagai TUHAN dan MANUSIA. 

Kristen denominasi ortodoks memiliki sifat kedekatan dengan Islam.

Di Indonesia. Jumlah pengikut kristen ortodoks begitu sedikit sekali. Jikapun ada jumlahnya minim. 

4]. Kristen Protestan Evangelist

Kantor pusat : Amerika Serikat

Jumlah pengikut : 187.715.000 juta orang

Salah satu pendeta paling terkenal di Evangelist adalah Billy Graham.

Evangelis secara eksklusif artinya menjadi Kristen, kelahiran kembali dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan Kristus Mesias. Evangelis menitikberatkan Alkitab dan keselamatan oleh kasih karunia hanya melalui iman di dalam YESUS KRISTUS dalam Trinitas Tritunggal. (Allah Bapa, Anak Yesus Kristus dan Roh Kudus).

Amerika Serikat tetap menjadi tuan rumah bagi mayoritas pengikut kristen protestan evangelis #1 terbesar di dunia. Amerika Serikat sekaligus menjadi tempat monitor dan kantor pusat utama gereja ini.

Di Indonesia. Jumlah pengikut kristen protestan evangelist begitu sedikit. Hanya ada 1.121.867 juta orang saja.

5]. Kristen Protestan Lutheran

Kantor pusat : Jerman Ferancis Belanda Denmark Finlandia Swedia (Uni Eropa)

Jumlah pengikut : 70.000.000 juta orang

Lutheran adalah aliran denominasi dari ajaran Martin Luther asal Jerman (EU).

Di Indonesia. Aliran ini paling banyak diikuti oleh suku Batak dalam gereja HKBP. 

6]. Kristen Protestan Reformed Calvin

Kantor pusat : Jerman Ferancis Belanda Denmark Finlandia Swedia (Uni Eropa)

Jumlah pengikut : 60.000.000 juta orang

Calvinst adalah aliran denominasi dari salah satu gereja Kristen Protestan yang berasal dari ajaran John Calvin. Di Indonesia. Salah satu pendeta paling terkenal adalah Stephen Tong.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU