Lompat ke konten Lompat ke footer

7 perusahaan otomotif di Israel ( 2022 )

Kebudayaan Israel dalam hal transportasi berbeda dengan kebanyakan negara.

Orang orang Israel memang agak jarang terlihat untuk mengendarai motor ya.

Mereka menyukai memilih untuk naik sepeda, skoter, bus publik umum, naik kereta atau bahkan hanya berjalan kaki saja.

Pemandangan rata rata dominan di jalan raya Israel diisi oleh aktivitas lalu lalang mobil. Seperti produk Toyota, Yamaha, Mitsubishi buatan Jepang.

BMW, Mercedes buatan Uni Eropa.

Hyundai buatan Korea selatan dan mobil Ford, Tesla buatan Amerika Serikat.

Walaupun penggunaan otomotif di Israel banyak di dominasi oleh produk asing buatan Jepang, Korsel, Uni eropa dan Amerika Serikat.

Negara kecil dengan jumlah populasi penduduk hanya 9.327.000 juta orang ini. Juga tak lupa untuk berinovasi di bidang otomotif.

Penasaran.

Yuk, mari kita semok.

1]. Mobileye Vision Technology

Kantor pusat : Israel

Mobileye didirikan pada tahun 1999.

Pada tahun 2017, mobileye diakuisisi oleh perusahaan Intel asal Amerika Serikat senilai $ 17 miliar dolar atau sekitar Rp 213 triliun rupiah (setara Rp 231.000 miliar rupiah). Tetapi Mobileye tetap beroperasi di Israel karena Intel juga merupakan bagian dari jaringan perusahaan multinasional, walaupun Intel berkedok perusahaan Amerika Serikat.

Mobileye merupakan perusahaan pencipta chip prosseor yang memungkinkan menyulap mobil menjadi self driving secara automatic tanpa memerlukan sopir manusia.   

2]. City transformer

Kantor pusat : Israel

City transformer adalah perusahaan mobil listrik untuk solusi kemacetan di perkotaan.

Mobil ini ringan, mungil, mampu menghemat lahan parkir hingga 75%, dan dapat melaju hingga sejauh 200 km sekali charger baterei.

Untuk mengisi ulang mobil City transformer tak lagi membutuhkan jasa dari pom SPBU bensin.

Anda dapat berhenti di restoran sambil menikmati makanan selama 45 menit sesembari mengisi daya listrik.

City transformer 100% menggunakan energi listrik dan tanpa menggunakan mesin besar nan berat yang berisik itu.

1 unit mobil listrik city transformer seharga $ 13.000 atau setara Rp 185.000.000 juta rupiah.

Produk City transformer telah terjual ke banyak negara. Harapan di tahun 2025, total penjualan tembus 1.000.000 juta unit.

3]. Ezraider

Kantor pusat : Israel

Ezraider adalah perusahaan scuter listrik asal Israel dengan berbagai macam aneka jenis.

100% menggunakan listrik.

Jarak tempuh Ezraider saat pengisian penuh untuk kategori kecil mampu membawa mobilitas orang hingga sejauh 40 km. Sedangkan scuter untuk kategori besar mampu membawa hingga sejauh 80 km sekali charger listrik.

4]. Tomcar

Kantor pusat : Israel

Tomcar adalah kendaraan ringan yang didesain untuk area pedesaan, perkebunan, perbukitan, hutan atau padang pasir yang jauh dari perkotaan.

Produsen ini mengincar untuk kalangan pebisnis atau pekerja yang bekerja di area jalan menantang tanpa infrastruktur memadai.

Tomcar menggunakan energi listrik 100%.

5]. Vayyar

Kantor pusat : Israel

Vayyar adalah perusahaan pencipta chip, radar 4D dan sensor untuk mobil.

Teknologi Vayyar mampu melacak, mendeteksi keberadaan seseorang, memberitahukan jika ada seorang anak bayi tertinggal di dalam mobil, menyembunyikan alarm secara otomatis untuk mencegah aksi maling, memberitahukan penumpang tentang sabuk pengaman, sensor pencegah terjadinya tabrakan dengan mobil lain atau objek lain, dan membantu parkir secara otonom.

6]. Ree automotive

Kantor pusat : Israel

Ree automotive adalah perusahaan teknologi penyedia chip, mesin modular 100% berbahan energi listrik, kendali otomatis tanpa sopir manusia, dan menyediakan platform sasis mobil yang dapat diintegrasikan ke dalam berbagai macam jenis bodi. Seperti mobil umum, bus bahkan hingga truck seberat 10 ton.

7]. Plasan

Kantor pusat : Israel

Plasan adalah perusahaan teknologi militer untuk mobil lapis baja kebal peluru. Didesain untuk tentara dan kepolisian dalam memerangi kejahatan.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU