Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 negara paling stress tak bahagia [ berangkat kerja jam 04.30 WIB malam, anak sering ditinggal kelaparan, malnutrisi, gaji tak kunjung naik, jeratan rantai besi kemiskinan, perang, utang, kericuhan politik, rutin pingsan masuk IGD karena kelelahan, kekerasan rumah tangga, bekerja hingga tengah malam, tidur hanya 5 jam sehari dan selalu berniat bunuh diri ] ( 2022 )

Kebahagiaan adalah suatu perasaan gembira di dalam hati dan pikiran seseorang yang ditandai dengan kesenangan, kepuasaan, kenikmatan, kecintaan dan ketenangan yang intens. 

Namun, tak semua orang mampu meraup hal ini sekalipun harta kekayaan mereka melimpah ruah dengan isi rekening saldo di Bank hingga miliaran rupiah. 

Hal ini diakibatkan adanya kesalahan manajemen dalam pola berpikir. 

Yodhia Antariksa, lulusan S2 pakar ahli ilmu pengetahuan strategi manajemen Texas A&M University dari Amerika Serikat mengklaim salah satu faktor ketidakbahagiaan seseorang disebabkan karena kesalahan perilaku atau perbuatan yang terjebak ke dalam jebakan 'Hedonic Treadmill'.

Lembaga penelitian dari World happiness mencatat bahwa tak mudah menentukan kebahagiaan seseorang. Orang kaya atau miskin sekalipun tak dapat luput dari ancaman ketidakbahagian. Oleh sebab itu menjadi hal kompleks untuk meneliti tingkat kebahagiaan. 

Fakta hubungan antara kemiskinan dan ketidakbahagiaan : 

Foto : Kematian jiwa

Fakta dilapangan menyatakan bahwa (maaf) orang kurang beruntung atau miskin. Memang identik dengan tingkat ketidakbahagiaan yang buruk sehingga sering memicu kekerasan rumah tangga, pemaksaan dan pertengkaran. 

Masalah kualitas kesehatan, pekerjaan, harapan hidup, bencana peperangan, stabilitas keuangan, sistem pengaturan alokasi ekonomi pemerintahan yang tak tepat sasaran, dan hubungan sosial memiliki pengaruh besar atas skala tingkat kebahagiaan yang menjadi beberapa faktor penyerta. 

Di berbagai belahan dunia lain. Sering terjadi kekwatiran, kecemasan, kegelisahan dan tekanan hidup.

Kemiskinan seperti diutarakan diatas memang identik melekat dengan ketidakbahagiaan yang buruk. 

Sehingga kebahagian sulit atau mustahil tercapai jika kondisi keuangan seseorang itu buruk. Namun, bukan berarti orang kaya dapat mencapai kebahagiaan. 

Banyak orang yang tak bahagia terjebak ke dalam ritme seperti berangkat kerja jam 04.30 malam karena lokasi kantor berjauhan atau terjebak macet di perjalanan.

Karena berangkat kerja masih malam jam 04.30 WIB, maka anak sering ditinggal kelaparan sehingga seisi keluarga mengalami malnutrisi. 

Pulang dari kantor, pekerjaan tambahan masih banyak menanti. Seperti memulai kerja baru, yaitu di sore hari ikut ojek online, lalu di malam hari membuka warung UKM dan tengah malam masih bekerja menganalisis saham. 

Banyak jenis pekerjaan dilakoni hingga lebih dari 5 bidang dalam 1 hari. Tetapi penghasilan atau gaji tak pernah naik selalu stagnan, kadang kadang minim tak mampu mencukupi kebutuhan pengeluaran keluarga. 

Kerja keras berakhir dengan sia sia. 

Kerja keras keras tak berbuah hasil malah menghasilkan malapetaka dan bencana sakit penyakit. 

Akhirnya karena terlalu sering memaksakan diri bekerja sampai tengah malam dan tidur cuma 5 jam sehari. 

Itu memiliki dampak fatal pada kesehatan tubuh akibat kelelahan peradangan kronis yang mengundang penyakit hipertensi, jantung, stroke, ginjal, permasalahan gangguan sel otak, dll. Pada akhirnya sering pingsan sekaligus menjadi langganan rutin masuk IGD di rumah sakit.  

Ketidakbahagiaan, kemiskinan dan sering memicu pertengkaran keluarga. Menyebabkan fenomena ini sulit diatasi. Bahkan berakhir keinginan untuk bunuh diri. 

Semoga semua makhluk berbahagia ya. 

Berikut adalah 14 negara paling berbahagia di dunia : 

1]. Uni Eropa (Terutama berasal dari negara bagian ras keturunan Nordik & Skandinavia)

2]. Switzerland

3]. Norwegia

4]. Selandia Baru

5]. Australia

6]. Israel

7]. Kanada

8]. Kosta rika

9]. Inggris (United Kingdom)

10]. Amerika Serikat

11]. Bahrain

12]. Taiwan

13]. UEA (Uni Emirat Arab)

14]. Arab Saudi

Berikut adalah 15 negara paling tak bahagia di dunia : 

Negara republik Indonesia tak berada di list 15 negara dengan tingkat kebahagiaan yang buruk.

Jadi bersyukurlah buat teman teman yang tinggal di Indonesia ya. 

Negara RI memiliki tanah subur nan kaya. Flora dan fauna hidup melimpah. 

Mayoritas negara tak bahagia dipenuhi oleh tekanan hidup (stress berat), kebanyakan di dominasi oleh benua Africa. Beberapa diantara lain adalah Afganistan yang dipenuhi oleh kericuhan politik, peperangan dan ada pula dari negara India. Termasuk kawasan America Latin seperti Haiti.

Di India saja ada 800.000.000 juta orang hidup dalam kemiskinan. Penduduk disana banyak miskin dan terjerat oleh rantai tagihan utang sehingga mencapai bahagia itu susah.

Kemiskinan tak dapat dipisahkan dari sifat ketidakbahagian, ketakutan, kecemasan, kegugupan, kematian jiwa, kekwatiran, sakit penyakit dan stress. 

Berikut 15 negara paling stress : 

1]. Afghanistan 

2]. Zimbabwe

3]. Rwanda

4]. Botswana

5]. Lesotho

6]. Malawi

7]. Haiti

8]. Tanzania

9]. Yaman

10]. Burundi

11]. India

12]. Sierra Leone 

13]. Zambia

14]. Togo

15]. Madagaskar

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU