Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 teknologi canggih Israel untuk membooster tantangan produksi perikanan anda dari 45.000 - 4.500.000 ekor ikan pertahun ( 2022 )

Di dunia ini dengan jumlah populasi manusia terus bertambah dari hari ke hari. 

Diperkirakan pada tahun 2050. Bumi segera mendapatkan sebanyak 15.000.000.000 miliar subscriber mulut yang harus diberi makan setiap hari. 

Salah satu makanan untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi protein adalah ikan. 

Ikan merupakan makanan lezat dan bergizi yang disarankan oleh PBB untuk di konsumsi bagi keluarga anda. 

Namun saat ini, penangkapan ikan di sungai, danau dan laut sudah berada di ambang titik jenuh.

Dimana para nelayan mulai mengeluh sulit menangkap ikan di alam liar karena sudah jarang ada ikan lagi. Jikapun masih ada ikan. Para nelayan harus menempuh perjalanan panjang sehingga mengalami kerugian fatal dalam pembiayaan bensin.

Para peneliti lingkungan hidup memperingatkan bahwa eksplorasi ikan, penangkapan dan pemancingan di laut telah dilakukan secara berlebihan. Selain itu, pencemaran air laut, sungai dan danau kian hari tambah parah dipenuhi oleh berbagai limbah buangan sampah rumah tangga, zat kimia, plastik dan sisa lepasan oli kendaraan yang jatuh ke jalan, lalu terbawa aliran hujan, kemudian masuk ke got selokan menuju sungai lalu berakhir ke lautan lepas. 

Pencemaran polusi ditambah dengan pemanasan global warming menyebabkan terumbu karang dan ikan di laut mati karena suhu panas, air asam dan terkontaminasi penyakit kanker. 

Ikan laut yang dikonsumsi oleh manusia saat ini telah banyak beracun. Bertindak sebagai salah satu pemicu tumbuhnya kanker di dalam tubuh. 

Pada tahun 2050. Berbagai macam ikan di seluruh dunia bakal kesulitan bertahan hidup. Jika keadaan ini terus dibiarkan maka ikan liar di lautan segera punah total tanpa tersisa. 

Lalu bagaimana cara manusia mampu memenuhi makanan protein dari gurihnya daging ikan. 

Para peternak ikan melakukan metode budidaya ikan secara tradisional di darat menggunakan kolam atau terpal bundar. 

Namun hingga artikel ini ditulis. 

Upaya para peternak tradisional telah gagal untuk memenuhi permintaan pasar terhadap kebutuhan ikan. Menyebabkan harga ikan melambung tinggi, namun daya beli masyarakat rendah. Disisi lain banyak ikan ikan menjadi busuk dipasaran karena tak laku terjual oleh karena tak ada orang mampu membeli yang turut berimbas kepada kesejahteraan ekonomi para keluarga peternak juga ikut membusuk layu disertai dengan permasalahan harga pakan ikan yang terus melambung mahal tak mampu menutupi biaya produksi sehingga keuntungan yang diraih para peternak adalah Rp 0. Bahkan minus (merugi).

Di abad modern pada tahun 2022. Dibutuhkan teknologi, fleksibilitas, dan pendekatan inovatif untuk menjawab tantangan demi memenuhi kebutuhan global sehingga diharapkan dapat membooster pencapaian efesiensi ekonomi yang optimal. 

Bagi teman teman yang hendak bergelut di industri budidaya ikan. Jika lahan atau kolam anda tak mampu menampung atau memproduksi hingga 45.000 ekor ikan pertahun. 

Sebaiknya urungkan saja niat anda untuk menjadi bisnismen atau bisniswomen di bidang ini jika tak mau mengalami nasib buruk atau kebangkrutan. 

Namun, jika sekedar memelihara ikan untuk konsumsi keluarga sendiri atau hobi sih boleh boleh saja ya. 

Jika teman teman memiliki niat untuk melakukan budidaya ikan sebagai skala bisnis atau pekerjaan utama. Sebaiknya pilihkan pekerjaan yang lain. bukan berternak ikan dan tak dianjurkan jika belum memenuhi kuota standar produksi 45.000 ekor keatas.

Teknologi canggih Israel untuk membooster tantangan produksi perikanan anda dari 45.000 - 4.500.000 ekor ikan ( 2022 )

Bagi anda pelaku budidaya ikan skala menengah untuk hasil panen di atas 45.000 ekor ikan atau level selanjutnya hingga 4.500.000 juta ekor ikan pertahun. 

Teknologi canggih asal Israel ini mampu membantu perusahaan lokal anda dalam meningkatkan produksi panen ikan. 

1]. Biofishency

Foto : Teknologi Biofishency di install oleh salah satu peternak ikan di Indonesia. 

Teknologi Biofishency ditujukan bagi peternak ikan skala UKM kategori menengah ( sekitar 45.000 ekor ikan keatas). 

Biofishency adalah teknologi ras (recirculating aquaculture system) dimana pengoperasian dan instalasi mesin setinggi 2 meter cukup dengan cara plug, play dan colok ke listrik saja.  

Mesin bekerja dengan single pass biofilter melalui pengolahan air secara otomatis, penghilangan CO2, pengayaan 02 atmosfer dan penghilangan total amonia nitrogen. 

Sehingga kolam ikan anda selalu bersih nan jernih. Bebas keruh, kotor, bau atau berwarna hijau busuk. 

Harga 1 unit mesin biofishency sekitar $ 6.500 ribu dolar atau sekitar Rp 92.000.000 juta rupiah

2]. Aquamoaf

Perusahaan Aquamoaf Technologies pertama kali didirikan di Israel pada tahun 1989 oleh Yoav dagan dan Nitay goldman. 

Awalnya memiliki misi untuk menciptakan produksi berkelanjutan budidaya ikan di lingkungan darat yang tandus dan gersang di wilayah Israel. 

Namun kini jangkauan produk miliknya telah menyebar luas dinikmati oleh banyak negara. 

Teknologi Aquamoaf telah diinstal oleh banyak negara seperti Rusia, Uni Eropa, Jepang, Norwegia, Kanada, Kazakhstan dan Chile. 

Neder snir dari Israel mengatakan : 

Aquamoaf telah mengembangkan teknologi berbasis recirculating aquaculture system yang digunakan di seluruh dunia selama lebih dari satu dekade, menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh di bidang ichthyology, biosekurity, fisika, kimia, biologi, teknik proses, mesin, listrik, keselamatan, kesehatan, teknik lingkungan, sistem rekayasa dan lainnya. Sahutnya.  

1 unit infrastruktur Aquamoaf mampu meningkatkan hasil panen hingga mencapai 4.500.000 ekor ikan dalam waktu setahun. 

Sebanyak 16 jenis ikan dapat hidup di Aquamoaf. 

Antara lain udang, salmon, nila, barramundi, kerapu, trout, ikan basa, gilthead, sturgeon, ikan bass, pike perch, ikan bertengger, kingfish dan lain lain. 

Harga alat aquamoaf berserta infrastruktur penunjang berharga sekitar Rp 800.000.000.000 - Rp 900.000.000.000 miliar rupiah. ( baca : sembilan ratus miliar rupiah ).  

Teknologi perikanan ini berasal dari Israel. 

Perusahaan didukung dan didanai oleh pemerintah Israel.

Aquamoaf melaksanakan pengawasan budidaya ikan sehat untuk masyarakat dunia tanpa kontaminasi zat karsinogenik, tanpa antibiotik dan tanpa terpapar bahan dari zat kimia beracun. 

3]. Dagan agricultural automation

Dagan agricultural automation adalah perusahaan asal Israel yang berpengalaman lebih dari 30 tahun.

Didirikan pertama kali pada tahun 1983 sebagai penyedia teknologi pertanian, perikanan dan perternakan terintegrasi dalam satu kawasan untuk menyesuaikan kondisi dan solusi bagi pelanggan internasional dalam hal perbaikan lingkungan dan memastikan produk akhir setelah panen terealisasi secara efektif sekaligus menguntungkan.

 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.