Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel luncurkan revolusi model ekonomi kombinasi sovereign wealth fund (SWF), penguatan cadev dan dana kekayaan gaji permanen seumur hidup berdaulat kepada rakyat untuk rakyat bahkan sejak bayi lahir tercatat di data akta kelahiran secara langsung mendapatkan saham yang tak dapat diperjualbelikan dengan prinsip kebersamaan yang dilindungi oleh militer tentara IDF ( 2022 )

Menteri keuangan Israel pada tahun 2022 secara resmi telah menandatangani mulai diberlakukannya revolusi model ekonomi baru. 

Pengumuman ini bersamaan melalui persetujuaan kepala otoritas pajak Israel, Eran Yaacob berdasarkan ketentuan undang undang yang berlaku. 

Program ini sesungguhnya sudah direncanakan sejak lama November tahun 2010 yang lalu. 

Namun tertunda berlarut larut karena sedang dalam pengumpulan modal negara secara besar besaran.

Menurut undang undang Israel yang telah ditetapkan. 

Uang dari kekayaan kas milik pemerintah Israel mulai segera mendistribusikan pertama tama di tahun awal 3% untuk tujuan perlindungan sosial dan pendidikan yang diawasi secara ketat dengan mempertimbangkan inflasi, stabilitas global, penerimaan negara, rasio utang dan kemampuan dari anggaran yang ada di kementerian keuangan untuk proses pendistribusiannya ke rekening bank masing masing populasi rakyat Israel.

Secara bertahap nilai persentase 3% dapat ditingkatkan menjadi 5%, 10%, 15%, 20%, 30% dan 50% seiring berjalannya waktu berdasarkan kemampuaan alokasi APBN Israel. 

Pada tahun 2040 diharapkan telah meningkat hingga mencapai 50%.  

Israel luncurkan revolusi model ekonomi kombinasi sovereign wealth fund (SWF), penguatan cadev dan dana kekayaan gaji permanen seumur hidup berdaulat kepada rakyat untuk rakyat bahkan sejak ada bayi lahir tercatat di data akta kelahiran secara langsung mendapatkan saham yang tak dapat diperjualbelikan dengan prinsip kebersamaan yang dilindungi oleh militer tentara IDF ( 2022 )

Model ekonomi baru ini memberikan Israel kesempatan bersejarah untuk memulai penerapannya untuk pertama kali. 

Bisa dikatakan mirip seperti sistem Universal Basic Income, akan tetapi kurang tepat karena berbeda model dimana hanya mencakup wilayah lokal di Israel saja. 

Revolusi ekonomi ini digunakan untuk mengaji secara permanen kehidupan segenap menyeluruh rakyat Israel melalui perwakilan pendanaan investasi, kinerja BUMN dan bekerjasama dengan perusahaan publik lokal maupun internasional.

Ini salah satunya terinspirasi dari kinerja baik bagaimana tata kelola pemerintahan Rusia mampu mempertahankan, menjaga dan melindungi sumber daya alam miliknya seperti minyak, gas, flora, fauna dan mineral lainnya dari intervensi pihak asing agar tak seenak enaknya mengeruk, menguras dan memiskinkan.

Walaupun sesungguhnya, orang orang Rusia tak terlalu mengandalkan SDA melainkan SDM dengan menjadi salah satu produsen produk teknologi wahid di dunia.  

Contoh inspirasi lainnya yaitu datang dari di Amerika Serikat. Terutama di lokasi daerah Alaska. 

Kekayaan negara bagian Alaska yang dimana keuangannya dipegang kendali oleh BUMN sejak tahun 1971 telah mendistribusikan gaji ke rekening bank masing masing kepada kurang lebih 700.000 ribu penduduknya. Kira kira setara $ 120 atau Rp 1.750.000 juta rupiah. 

Hingga kini menjadikan orang orang Alaska merupakan salah satu penduduk yang hidupnya makmur & kaya di Amerika Serikat dari hasil distribusi kekayaan minyak alam. 

Pembentukan sovereign wealth fund (SWF) di Israel memberikan setiap potongan kue yang nilainya dapat meningkat seiring waktu berdasarkan pertumbuhan APBN ekonomi, pajak dan peningkatan cadev (cadangan devisa negara). 

Modal dana awal dikumpulkan pertama tama dari ladang gas alam Tamar. Lalu menyebar ke ladang gas alam lainnya. Kemudian ke mineral lain seperti kalium, bromin, fostat, tambang minyak, berlian, carmeltazite, titanium, zirkon, permata, dll. 

Tak berhenti sampai disana. 

Pelanjutan peningkatan investasi modal dapat ditingkatkan hingga ke sektor lain seperti industri, produk olahan jadi, entertainment, plastik, mainan, sendok, perangkat medis, obat obatan berbagai macam inovasi teknologi, surpus pajak, keuntungan saham publik internasional, obligasi di pasar internasional, profit dari ekspor komoditas pertanian, mengambil ketahanan dari kelebihan cadangan devisa (cadev), rejeki valuta asing, mengambil dari keuntungan investor milik negara Israel, keuntungan BUMN yang berorientasi ekspor dan masih banyak lagi.

Sehingga bayi baru lahir Israel setelah selesai melakukan pencatatan dokumen AKTA kelahiran. 

Secara langsung mendapatkan saham milik negara 

Saham dari hasil keuntungan SWF dan CADEV ini melekat permanen seumur hidup. 

Saham tak dapat diwariskan ke pihak manapun. 

Satu individu adalah unik. 

Saham tak dapat di tradingkan ( saham tak dapat dijual belikan ). 

Dengan cara ini maka sovereign wealthy fund bagaimanapun juga adalah milik semua populasi rakyat Israel. Sehingga semua aset, cadef, swf dan pendistribusian arus kas kekayaan pemerintahan Israel adalah milik rakyat Israel secara bersama sama bukan lagi hanya untuk golongan pejabat, pengusaha atau orang orang tertentu saja yang menikmatinya.

Menteri keuangan Avigdor liberman mengatakan : 

Uang akan kembali ke rakyat. Keuntungan dari sumber daya alam Israel harus untuk kepentingan rakyat dan saya senang bahwa dalam satu pembentukan pemerintah, dana mulai bekerja, puluhan juta shekel mulai mengalir ke rakyat. Sahutnya. 

SWF Israel mulai beroperasi pada tanggal 1 Juni 2022. 

Para pejabat di Israel telah mulai mengelola uang awal pertama kali sebesar $ 1 miliar shekel atau setara $ 340 juta dolar atau sekitar Rp 4,9 triliun.

Bank of Israel ditugaskan untuk mendistribusikan dan mengelola dana warga Israel ( Israel citizens fund ) (ICF) sebagai pemain tunggal.  

Salah satu tujuan lain dari SWF milik Israel adalah untuk mencegah kerusakan terhadap penurunan nilai mata uang new shekel yang dapat merusak daya saing ekspor Israel. 

Sekaligus membendung hedegomi pesaing terkuat lainnya seperti dolar Amerika Serikat, Yuan China, Euro (EU), Yen, Poundsterling, Won, Franc, Ruble Rusia dan untuk mengimbangi kekuatan dominasi mata uang digital cryptorccurency Bitcon yang terus merangkak naik.  

Perlindungan IDF

Untuk memuluskan semua kebijakan revolusi ekonomi ini dibutuhkan pengawasan dan perisai kekuatan militer IDF sebagai pendukung utama yang tak dapat ditawar tawar dengan bentuk apapun juga.

Sistem model ekonomi baru menggunakan SWF tentu saja mendapatkan banyak tantangan dalam penerapannya di masa depan. 

Salah satunya yaitu terhadap perebutan lahan teritorial dan sumber daya alam gas terutama di samudera lautan lepas yang bersitegang dengan kawasan negara tetangga sekitarnya seperti Turki, Lebanon, Suriah dan Palestina. 

Pemerintah Israel berkali kali telah memperingatkan :

Bahwa pihak asing manapun yang menganggu, mengancam, merebut, mengambil, mencuri dan melakukan serangan tindakan teror. Maka Israel takkan segan segan menggunakan kekuatan militer IDF.  

(IDF adalah sebutan untuk tentara Israel Defense Forces). 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU