Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perusahaan senjata Leonardo (Uni Eropa) akuisisi rada electronic industries Israel senilai $ 775 juta dolar atau sekitar Rp 11 triliun rupiah [ radar taktis militer untuk perlindungan kendaraan lapis baja dan tank ] ( 2022 )

Perang yang berkecamuk antara Rusia VS Ukraina mengingatkan bahwa betapa pentingnya sebuah teknologi radar untuk pertahanan tank dari gempuran serangan pesawat drone tanpa awak, pesawat tempur, helikopter dan rudal panggul yang dibawa oleh infanteri. 

Italia sebagai salah satu negara di kawasan Uni Eropa yang memiliki jarak kurang lebih 1.500 km dari perbatasan Ukraina. Tentu saat ini sedang merasa was was, panik dan cemas, mengingat apabila negara Ukraina telah dicaplok total oleh Rusia. 

Maka Italia dapat menjadi target serangan beruang merah berikutnya.

Posisi kecepatan penerbangan pesawat tempur Rusia ke Italia hanya membutuhkan waktu kira kira 1 jam 48 menit untuk tiba mengaum ngaum ke berbagai macam kota yang ada di Italia. 

Italia dipastikan tak ingin apabila kota kota miliknya menjadi puing puing reruntuhan seperti yang terjadi di Ukraina. Oleh sebab itu, kawasan Uni Eropa sedang ramai ramai meningkatkan pengeluaran militer untuk mempertahankan kedaulatan dan keamanannya.

Perusahaan senjata Leonardo (Uni Eropa) akuisisi rada Israel senilai $ 775 juta dolar atau sekitar Rp 11 triliun rupiah ( 2022 ). 

Pada tahun 2022. 

Perusahaan teknologi militer asal Italia. Leonardo. 

Secara resmi menandatangani perjanjian untuk melakukan akuisisi 100% saham perusahaan Rada Electronic Industries yang berkantor pusat di Israel senilai $ 775 juta dolar atau sekitar Rp 11 triliun ( setara Rp 11.000 miliar rupiah ). 

Setelah akuisisi. 

Perusahaan Rada digabungkan ke group holding Leonardo dan pabrik dipindah dari Israel menuju ke luar negeri. 

Rada electronic industries terdaftar di bursa saham NASDAQ dan TASE Tel Aviv stock exchange. 

Merk milik saham Rada electronic industries dihapus kemudian penamaan diubah ke integrasi perusahaan Leonardo. 

Perjanjiaan akuisisi telah mendapatkan restu dari kementerian pertahanan Israel dan perdana menteri Israel, Naftali bennett. Dengan alasan pencaplokan perusahaan Rada tak mengganggu keamanan negeri Yahudi tersebut. 

William J Lynn mengatakan : 

Kombinasi radar taktis Rada dan kekuatan Leonardo DRS sebagai penyedia pertahanan tingkat menengah terkemuka diharapkan menjadi perusahaan gabungan pemimpin di pasar Force Protection yang berkembang pesat, meningkatkan potensi pasar kami, memperluas peluang bisnis internasional dan pada akhirnya menghasilkan nilai keuntungan bagi pemegang saham. Sahutnya.

Alessandro profume, CEO Leonardo mengatakan :

Kami bangga mengumumkan langkah strategis penting oleh Leonardo di pasar pertahanan yang berkembang pesat saat ini dan besok. Diwakili oleh Force Protection. Ada tingkat saling melengkapi yang sangat baik secara strategis, komersial dan keuangan antara perusahaan kami di Amerika Serikat, Leonardo DRS dan Rada. Sahutnya. 

Tentang akuisisi rada Israel 

Akuisisi Rada berarti keuntungan besar bagi pemegang saham sebelumnya yang kini berhasil exit terjual ke pemilik baru, Leonardo.

Selama bertahun tahun. Perusahaan Rada menyediakan teknologi radar taktis untuk perlindungan tank dan kendaraan lapis baja lainnya. 

Namun perlu diketahui dalam situasi persaingan ketat di kancah global di bidang teknologi militer.

Pihak perusahaan Rada Electronic Industries hanyalah sebuah kelinci di tengah tengah keberadaan hewan ganas lainnya.

Di Israel saja, Rada terhimpit oleh perusahaan militer dalam negeri yang juga mengerjakan teknologi serupa. Seperti Israel Aerospace Industries, Elbit System dan Rafael Advanced Defense System.  

Teknologi radar milik ke 3 perusahaan ini saja sudah lebih canggih dilengkapi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning yang kompleks. Lebih dari 90% industri pertahanan yang dikelola secara lokal di Israel di kuasai oleh BUMN milik pemerintah Zionis, sedangkan perusahaan swasta militer lokal asal Israel hanya kebagian jatah 10% saja.

Asumsi lain, tiap tahun BUMN senjata milik pemerintah Israel terus mencaplok, membeli, mengakuisisi dan melahap perusahaan pertahanan swasta yang kecil kecil. 

Kesimpulan bahwa : Kebutuhan terhadap perusahaan militer kategori swasta di Israel seperti Rada Electronic memang tertantang sulit untuk dapat berkembang maju karena terjepit terhadap kekalahan dan ancaman likuiditas kebangkrutan. 

Opsi untuk Rada Electronic Industries exit merupakan pilihan logis dan tepat. 

Teknologi, blueprint dan semua hak paten milik Rada Electronic Industries dapat membantu transfer wawasan ilmu pengetahuan baru kepada Leonardo dalam hal peningkatan perlindungan kekuatan untuk tank tempur, komputasi jaringan, sistem penginderaan, efesiensi energi listrik dan radar taktis untuk menghadapi konflik perang masa depan. 

Tentang Leonardo.

Leonardo adalah perusahaan teknologi persenjataan terbesar ke 13 di dunia pada tahun 2022. 

Leonardo berkantor pusat di kota roma, Italia (Uni Eropa) dan memiliki cabang pabrik di Amerika Serikat. 

Perusahaan memperkerjakan sebanyak 46.000 karyawan. 

Sebanyak 30% saham perusahaan leonardo dipegang, dimiliki dan dikuasai oleh pemerintah Italia (Uni Eropa) melalui kemneterian ekonomi dan keuangan. 

Perusahaan asal Italia (EU) ini memproduksi helikopter, alat elektronik, aerostruktur pesawat, radar, komunikasi pesawat, torpedo, rudal, layanan cyber, meriam, baut militer, antena, transponder, kamera elektro optik, alat kontrol gun fire, peluru, dan masih banyak lagi. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.