Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 negara dengan populasi agama kristen protestan terbesar di dunia ( 2022 )

1]. Amerika Serikat 

Jumlah kristen protestan di Amerika Serikat : 146.232.000 juta orang. 

Amerika Serikat adalah sebuah negara yang pertama kali di bangun di atas nilai nilai kristen protestan yang berasaskan tentang moral kebebasan kemerdekaan kehidupan untuk mereformasi dan memurnikan perjuangan dari gerakan penerus tokoh keagamaan : 'Martin Luther'.

Dasar hukum kebebasan beragama di Amerika Serikat tercantum dalam amendemen pertama konstitusi Amerika Serikat. 

Negara AS lahir pada tanggal 4 Juli 1776 yang menandakan sebuah tanda lahirnya kebebasan beragama yang dibayar dengan darah, keringat dan air mata. Karena kebebasan hidup itu sungguh tak gratis. 

AS didirikan awal mula ditandai dengan misi 400 orang orang protestan melalui keberangkatan pelayaran kapal Mayflower dengan ditanda tangani sebuah perjanjian sakral disebut : Mayflower Compact di tahun 1620 yang lalu.

Isi perjanjian memiliki visi misi utama yaitu untuk menggabungkan diri bersama kekuatan politik, ketertiban, pelestarian, keberlanjutan, tujuan dan memberlakukan, membentuk, menciptakan, tata cara, tindakan, dan konstitusi sebuah negara yang baru. ( Kini disebut dengan nama Amerika Serikat ). 

Kristen protestan di Amerika Serikat merupakan populasi demografi yang terbesar peringkat #1 di dunia dengan gabungan seluruh denominasi kristen protestan secara kolektif mencapai diangka 146.232.000 juta orang. 

2]. China 

Jumlah pemeluk kristen protestan di China : 118.299.000 juta orang

Walaupun gereja dianiaya pada masa pemerintahan partai komunis atheis yang digagas oleh Mao untuk membasmi kekristenan di masa lalu. 

Namun, gereja kristen protestan pada masa itu dapat bertahan di bawah tekanan, ancaman, penderitaan dan penyiksaan.

Di masa era kepemimpinan presiden Xi Jingping yang dimulai pada tanggal 14 Maret 2013. 

Kekristenan protestan di China tumbuh dan mendapatkan momentum pesat akibat kelonggaran kebijakan dari partai komunis atheis China (PKT). Kepala administrasi negara PKT membenarkan bahwa jumlah pencapaian umat kristen protestan telah mencapai pengikut sebanyak lebih dari ratusan juta jiwa orang.

Jumlah misionaris protestan di China mencapai 100.000 ribu personil. Setiap hari mereka (para pendeta dan diakon ) berjuang all out untuk menyelamatkan dan memenangkan 1 milyar orang orang China lagi yang masih tersesat untuk menjadi seorang kristen protestan.

3]. Nigeria 

Jumlah pemeluk kristen protestan di Nigeria : 51.279.000 juta orang

Orang orang Kristen protestan di Nigeria tergabung ke dalam berbagai macam aliran denominasi. Terutama Kharismatik Pentakosta. 

Menurut data dari pew research center beberapa denominasi kristen protestan di Nigeria ada yang masih terpapar dengan kepercayaan lokal tradisional kuno. Sehingga terlihat jauh atau berbeda dari akar arus utama protestan itu sendiri. 

4]. Uni Eropa 

Jumlah pemeluk kristen protestan di Uni Eropa : 48.000.000 juta orang

Menurut data PEW (Pew Research Center). Di Uni Eropa, kalangan kristen protestan merupakan aliran keagamaan minoritas dibandingkan dengan Kristen Katolik. 

Walaupun begitu, di beberapa sub masing masing negara EU. Tersebar keanggotaan Kristen protestan. 

Negara Uni Eropa yang paling banyak memiliki pengikut terletak di Jerman dan bagian negara kawasan EU di wilayah utara.  

5]. Republik Kongo

Jumlah pemeluk kristen protestan di Republik kongo : 40.210.000 juta orang

Republik Kongo merupakan sebuah negara yang terletak di Afrika. 

Misi kristen protestan pertama kali hadir dikirim melalui misionaris dari denominasi aliran baptis. Mereka tiba pada tahun 1878. Bahkan sebelum negara Kongo berdiri. Para misionaris sudah melaksanakan misi menyebarkan injil kepada para nenek moyang republik Kongo. 

6]. Africa Selatan

Jumlah pemeluk kristen protestan di Africa Selatan : 34.500.000 juta orang

Sejarah Kristen Protestan di Africa Selatan bermula dari kedatangan para misionaris dan pemukim eropa yang tinggal di Afsel pada tahun 1652. 

3 denominasi kristen protestan paling dominan di Afsel adalah reformed calvins, kharismatik pentakosta dan lutheran. 

7]. Brazil 

Jumlah pemeluk kristen protestan di Brazil : 33.500.000 juta orang

Kristen protestan di Brazil di bawa pertama kali oleh Huguenot dari Ferancis. Beliau berasal dari aliran denominasi Calvins Reformed. 

Namun selama 3 dekade ini, pengikut Calvins reformed di Brazil telah menurun tergantikan oleh aliran denominasi gereja Kharismatik Pentakosta yang tumbuh secara signifikan. 

Agama kristen protestan dari seluruh gabungan denominasinya (Metodis, Advent, Calvin reformed, Pentakosta Kharismatik, Evangelis Injil dan Lutheran ) merupakan kalangan minoritas di Brazil. 

8]. Kenya

Jumlah pemeluk kristen protestan di Kenya : 30.380.000 juta orang

Dua cabang utama kristen di Kenya yaitu Kristen Katolik dan Kristen Protestan dalam seluruh denominasinya telah memainkan peranan penting dalam penginjilan di Kenya. 

Keterlibatan gereja kristen protestan dalam praktek pemberian bantuan sosial sembako kepada rakyat untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka dan memberikan perawatan kesehatan seperti operasi katarak secara gratis, pemberiaan obat obatan penyembuh secara gratis telah menjadi kekuatan utama signifikan dalam mencapai misi misionaris menyelamatkan jiwa jiwa. 

Aktivitas kegiatan ini telah berkontribusi besar untuk perkembangan umat Kristen Protestan di Kenya sehingga terus dilanjutkan hingga detik ini. 

9]. Ethiophia

Jumlah pemeluk kristen protestan di Ethiopia : 23.700.000 juta orang

Misionaris asal Eropa (Jerman) bernama Peter Heyling tiba di Ethiophia pada tahun 1633 untuk membuka hati dan jiwa dari orang orang disana. 

Dalam konteks ini dimulai penyebaran agama Kristen Protestan. Tetapi pada pelaksanaannya hingga saat ini menghadapi tantangan berat melawan ajaran dari Kristen Ortodoks. 

Di Ethiophia. Kristen protestan merupakan minioritas bersaing menghadapi sengitnya penyebaran dari teologi dan ideologi Kristen Ortodoks. 

Kristen Protestan di Ethiophia hanya mewakili 10% dari total populasi penduduk disana. 

Para misisonaris gereja protestan masih berusaha keras menyelamatkan jiwa yang terhilang di negara Ethiophia. 

10]. Indonesia

Jumlah pemeluk kristen protestan di Indonesia : 23.366.000 juta orang

Arus utama kristen protestan di Indonesia dengan jumlah pengikut terbanyak saat ini berasal dari aliran gereja Kharismatik Pentakosta. 

Namun sebelum jauh kemerdekaan Indonesia di proklamasikan oleh presiden Soekarno. 

Ada misionaris lain yang lebih dulu hadir. Mereka berasal dari aliran denominasi Lutheran dan Calvin reformed. Para missionaris datang dari negara Belanda (EU) dan kawasan Uni Eropa lainnya. [ Termasuk orang orang Jerman (EU) yang beragama kristen protestan ]. 

Huria Kristen Batak Protestan atau disingkat HKBP adalah bentuk keagaman dari denominasi Lutheran terbesar yang juga turut merajai populasi Kristen Protestan di Indonesia selain denominasi pentakosta kharismatik yang dibawa asal oleh orang orang Amerika Serikat.  

Sejak tahun 1945 - 2018. Pertumbuhan umat kristen protestan di Indonesia terus bertumbuh dengan pesat. 

Namun dimulai pada tahun 2018 - 2022 terjadi penurunan hingga 1% akibat perpindahan agama dari orang orang Protestan untuk menjadi kembali ke Katolik lagi yang satu & universal seperti sejarah awal mula gereja. 

Sedangkan beberapa orang protestan di Indonesia yang lainnya telah pindah menjadi Atheis dan Islam. 

11]. Filipina

Jumlah pemeluk kristen protestan di Filipina : 16.186.000 juta orang

Pengaruh Kristen Protestan dan aktivitas misionaris di Filipina banyak terpengaruh dari Amerika Serikat. Walaupun secara demografi, di Filipina, banyak memeluk keagamanan kristen Katolik. 

Dominasi protestan terbesar di Filipina adalah pentakosta kharismatik dengan jumlah pengikut hingga melebihi 10.000.000 juta orang. 

Bahkan orang orang Filipina dari aliran ini meniru hingga 100% seperti layaknya gereja kharismatik pentakosta Amerika Serikat. 

Berdasarkan data yang ada. Nampak bahwa kristen protestan dari tahun ke tahun menurun di Filipina.

Ini tentunya harus menjadi peringatan tanda bahaya bagi para misionaris protestan disana. 

12]. Meksiko

Jumlah pemeluk kristen protestan di Meksiko : 12.489.000 juta orang

Kristen protestan merupakan salah satu agama di Meksiko. Jika dilihat dari persentase keagamaan. Ini menjadi golongan kecil dibandingkan Katolik.  

Berdasarkan data yang ada. Nampak bahwa kristen protestan dari tahun ke tahun menurun di Meksiko.

Ini tentunya harus menjadi peringatan tanda bahaya bagi para misionaris protestan disana. 

13]. Tanzania

Jumlah pemeluk kristen protestan di Tanzania : 10.700.000 juta orang

Kristen protestan merupakan agama minoritas di Tanzania. 

2 denominasi terbesar yang menguasai Tanzania adalah kristen protestan pentakosta kharismatik dan kristen protestan lutheran. 

14]. Korea Selatan

Jumlah pemeluk kristen protestan di Korea Selatan : 10.455.000 juta orang

Korea selatan adalah salah satu negara Asia dengan kehadiran Protestan yang signifikan, setelah China, Indonesia dan Filipina.

Tetapi secara kekuasaan kuantitas mutlak. 

Agama kristen protestan masih minoritas dibandingkan dengan atheis yang menjadi sebuah kepercayaan dengan pemeluk terbanyak di negara Kpop tersebut. 

Agama kristen protestan di Korea Selatan di mulai pada abad ke 19. 

Para misionaris membangun rumah sakit, pelayanan kesehatan dan pusat bantuan sosial pemenuhan kebutuhan sembako. 

Namun beberapa tahun belakangan ini, jumlah penduduk Korea Selatan yang menganut kristen protestan relatif tak berubah. Artinya pertumbuhan tak lagi sepesat dulu lagi (stagnan). Ini menurut data yang dilansir oleh PEW. 

Walaupun begitu. Korea Selatan tetap menjadi kekuatan yang hidup bagi keagamanan Kristen Protestan dan menjadi basis rumah bagi ribuan pendeta dan misionaris. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.