Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 gejala umum long covid [ batuk kering, demam, kelelahan, kecemasan, sakit radang persendiaan, jantung berdebar dan kebutaan ] ( 2022 )

Penyakit virus Covid atau disebut juga Corona, pertama kali menyerang umat manusia pada tahun 2019 yang lalu dan hingga saat artikel ini ditulis telah menewaskan hingga 6.483.550 juta orang di seluruh dunia. Turut berduka cita atas meninggalnya banyak orang atas serangan virus tak kasat mata ini. 

Berbagai tindakan pencegahan telah dilakukan oleh banyak pemerintahan negara dengan memberikan dosis vaksin hingga 3 - 5 kali untuk memberikan perlindungan maksimal dari bahaya kematian. 

Covid disebabkan oleh virus SARS Cov-2. Ini muncul secara alami di China dari hewan perantara kekelawar yang terinfeksi, kemudian menular ke manusia.  

Covid memiliki banyak varian mutasi genetik, mulai dari alpha, delta, kappa, omnicorn dan masih banyak lagi. 

Orang yang terinfeksi Covid. Dapat disembuhkan melalui penggunaan obat obatan dan penanganan tindakan medis lainnya. 

Namun beberapa dari orang orang yang pernah sembuh dari Covid. Sesungguhnya belum benar benar sembuh dari Covid walaupun sudah dinyatakan negatif. 

Penyakit ini disebut dengan 'LONG COVID'. 


Apakah Long covid dapat disembuhkan. Sulit untuk memahaminya karena tergolong sebagai penyakit infeksi virus baru. 

Beberapa orang diketahui dapat sembuh dari Long Covid setelah 6 bulan.

Beberapa orang yang lain harus menunggu hingga 2 tahun untuk sembuh dari gejala long covid, sedangkan beberapa orang yang lain hingga artikel ini ditulis masih sakit.

Johouse dari Amerika Serikat mengatakan :

Rasanya aneh untuk mengatakannya kepada anda, saya seperti orang cacat sekarang dan saya perlu memikirkan kembali bagaimana saya harus menjalani hidup saya kedepannya. Sahutnya.

Long covid membuat hidup dan jiwa menjadi semakin tambah merana.

Banyak orang kesulitan melakukan aktivitas sehari hari yang bahkan itu terlihat sepele menjadi menyiksa, seperti mengangkat baju, membaca dongeng untuk anak, memasak, menyapu lantai, dll.

Pekerjaan yang ringan ini malah nampak terasa begitu berat karena persendiaan tubuh dan otot terasa sakit. 


Berikut adalah 7 gejala umum long covid.

1]. Kelelahan

Stamina dan tubuh pasien terasa berat, mudah merasa cape, mudah drop, letih, sering kesemutan dan lesu. 

Sekalipun istirahat atau tidur malam sudah cukup lebih dari 8 jam. 

Efek kelelahan dari penyakit long covid membuat aktivitas sehari hari menjadi terganggu. Bahkan ketika bangun tidur dan sedang bersantai sekalipun terasa cape.  

2]. Demam

Demam panas dingin dan mudah menggigil secara tiba tiba disertai pusing kepala. 

3]. Batuk kering atau batuk berdahak

Walaupun sudah dinyatakan sembuh dari penyakit Covid. 

Versi dari long covid tetap membuat pasien mengalami gejala batuk kering, batuk berdahak dan sesak nafas yang sulit untuk disembuhkan. 


4]. Peradangan tubuh

Keram, peradangan sendi sendi nyilu dan tubuh terasa nyeri. Aktivitas gerak menjadi terganggu. 

5]. Kerusakan mata ( kebutaan ) 

Virus covid hidup berkumpul dan berkembang biak diselaput lendir mata, permukaan mata hingga kelopak mata yang menyebabkan mata pasien menjadi rusak secara perlahan lahan akibat digerogoti oleh virus SARS Cov.

Mata gampang menjadi kemerahan, bengkak, mudah berair, sensasi mata seperti ada sesuatu yang menusuk nusuk dan terasa gatal. 

Beberapa laporan kasus data di Amerika Serikat menemukan bahwa jika pasien terpapar virus ini dalam waktu lama dapat membuat indra penglihatan mata pasien menjadi cacat akibat digerogoti oleh virus covid ( kebutaan permanen ). 

6]. Jantung berdebar debar

Jantung berdebar debar merupakan gejala umum yang dirasakan oleh pasien long covid. 

Ini bukan karena penyakit jantung akibat penyumbatan pembuluh darah, melainkan diakibatkan oleh serangan awal virus Sars cov yang beredar di aliran darah dan jantung menjadi rusak hingga membekas.

7]. Kecemasan 

Pasien yang menderita gejala long covid menghadapi masalah pada kejiwaan yang diakibatkan penyakit tak kunjung sembuh hingga akhirnya membuat pasien menjadi cemas, depresi dan stress berat. 


Untuk mengatasi long covid. 

Saat ini belum ditemukan obat antibiotik, solusi, teknologi dan cara pencegahannya. 

Tim dokter dan ilmuwan sedang berusaha bekerja keras memahami penyakit Long Covid. 

Usaha yang dapat kita tempuh yaitu tetap patuhi anjuran protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah. Yaitu menggunakan masker di tempat umum, sering cuci tangan, jauhi kerumunan, makan makanan bergizi dan tetap rutin berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.   

Bagi teman teman yang telah terkena atau didiagnosa terserang penyakit long covid. Tetaplah rutin berkonsultasi kepada dokter terdekat di kota anda untuk mendapatkan masukan atau informasi terbaru tentang kesehatan.

Tetaplah sabar, kuat dan semangat untuk menjalani hidup sehari hari ya.


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.