Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghapus seluruh isi source code saat install template baru di blogger menjadi blank 0 tanpa frustasi ( 2022 )

Perkembangan teknologi website dan blog dari tahun ke tahun terus berubah dan menuntut adaptasi demi mengikuti perubahan algoritma yang telah ditetapkan oleh Google. 

Pada tahun antara 2015 - 2020. Algoritma search engine mengharuskan untuk menerapkan template responsif mobile, dimana webblog diwajibkan dapat menyesuaikan diri secara otomatis terhadap perangkat yang digunakan oleh traffik. 

Pihak yang tak menerapkan teknik mobile friendly bakal tertinggal dari segi SEO ( search engine optimatization ). 

Pada tahun antara 2021 - 2022. Pihak perusahaan Google selaku penyedia mesin pencari, kembali lagi berinovasi dengan melahirkan algoritma baru. Ini tentu membawa dampak baik bagi perkembangan zaman dengan kehadiran teknologi yang lebih canggih, namun dari sisi developer, itu justru bikin pusing kepala ya. Karena lagi, lagi dan lagi. Diwajibkan untuk mengubah, mengutak atik segala hal dan harus mempelajari tambahan ilmu baru tentang SEO, akibat perubahan demi perubahan yang terus dilakukan oleh pihak Google.

Cara menghapus seluruh isi source code saat install template baru di blogger menjadi blank 0 tanpa frustasi ( 2022 ).

Menurut data dari searchengineland.com. Sebanyak 96% developer webblog telah gagal memenuhi pedoman SEO untuk pembaharuan algoritma 2022 demi membuat pengalaman pengguna yang lebih baik sesuai standar industri saat ini. Entah itu mereka yang menggunakan CMS blogger, wix dan wordpress. 

Berdasarkan dari metrik data. Salah satu kesulitan awal yaitu saat penggantian modifikasi template untuk menghapus source code. Ini hanya permulaan awal dari sekian banyak kerumitan lanjutan yang ada. Tak ayal mengapa banyak develover web menjadi frustasi.

Ketika kita hendak mengganti template ke versi baru. Ada beberapa kendala di temui yaitu settingan kode lama masih menyelinap di dalam, sehingga belum sepenuhnya terhapus. Sekalipun sudah menggunakan atau menginstal template baru. 

Jika keadaan ini tak dapat diselesaikan, maka tak ayal membuat developer menjadi frustasi. Karena bagaimana mungkin dapat lanjut ke kode berikutnya jika kode awal saja sudah mengalami error. 

Artikel ini didedikasikan bagi anda pengguna blogger atau blogspot. 

Cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan menambahkan beberapa kode. 

Berikut langkah yang dapat diterapkan. 

Pertama : backup dulu file template versi lama. Jika udah membackup di tempat yang aman. Lalu silahkan lanjut ke langkah dua atau persiapan template baru yang pengen teman teman install.  

Kedua : buka blogger.com, setelah itu klik tema, arahkan mouse ke menu dropdown di sesuaikan ke edit html

Ketiga : hapus seluruh isi source code.

Keempat : masukkan kode berikut ini yang ditandai oleh warna merah. Copy dan paste ke tempat halaman edit html anda ya. 

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:css='false' b:js='false' b:defaultwidgetversion='2' b:layoutsVersion='3'>
<b:attr name='xmlns' value=''/>
<b:attr name='xmlns:b' value=''/>
<b:attr name='xmlns:expr' value=''/>
<b:attr name='xmlns:data' value=''/>
<head>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:skin/>
</head>
<body>
<b:section id='1'/>
</body>
</html>

Kelima : jika sudah, maka silahkan di save

Keenam : Tunggu beberapa saat sampai keadaan blog menjadi blank. Untuk memastikan bahwa kode ini bekerja, silahkan kunjungi alamat website atau blog milik teman teman, jika terlihat kosong tanpa ada eleman apapun, berarti kode sudah berjalan semana mestinya dalam melakukan tindakan reset secara menyeluruh.

Ketujuh : Terakhir, masuklah kembali ke halaman edit html, hapus kode di atas, lalu masukkan isi source code template baru milik anda, dengan cara mengupload tema atau menggunakan copy dan paste notepad.

Kedelapan : Selesai.

Oh iya, ingat juga agar mengatur setting setelan dengan cara mencentang tombol seluler dan melakukan konfigurasi tampilan seluler secara default. Apabila lupa menerapkan hal ini dapat berakibat cukup fatal bagi performa web/blog. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.