Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 mitra negara terbesar tujuan perdagangan ekspor Israel ( 2022 )

Apa yang membedakan negara maju dan negara gagal berdasarkan hukum dasar dari ekonomi yang mendasarinya. 

Bahwa negara maju, condong atau lebih dominan melakukan transaksi perdagangan ekspor ketimbang impor. 

Neraca keuangan sebuah negara maju sering dikaitkan mengalami surplus setiap tahunnnya ketimbang defisit, utang negara dapat terkendali berdasarkan rasio yang sudah ditentukan, memiliki tingkat harga saham gabungan yang tinggi, perusahaan besar dalam negeri yang melanglang buana ke penjuru dunia dan kesehatan APBN terjaga dengan hati hati. 

Ini berbanding terbalik dengan negara gagal.

Negara gagal condong dibanjiri oleh berbagai macam produk impor dari negara lain.

Perdagangan kebijakan luar negeri yang dilakukan sering defisit, utang bertumbuh tinggi setiap tahun, kelebihan UKM di dalam negeri sehingga menyebabkan perang harga, aktivitas melunasi utang hanya mengandalkan gali lubang tutup lubung, tak memiliki satupun perusahaan besar terdaftar saham yang go global ke kancah panggung dunia, sering terjadi kericuhan atau tawuran antar warga karena sistem keamanan dalam negerinya yang buruk, sering terjadi unjuk rasa demonstrasi, kericuhan, kegaduhan politik, peredaran narkoba oleh gengster di mana mana, preman merajalela dan tingkat kriminal kejahatan dalam negeri yang berantakan.

Pada artikel kali ini, membahas tentang hubungan ekspor impor dan neraca perdagangan sebagai mitra terbesar untuk Israel.

Akuntan dari pejabat kementerian keuangan Israel mempublikasikan bahwa dari tahun ke tahun mengalami surplus fiskal perdagangan, sebesar antara 0,6%. Angka ini memang kecil, namun ini mencerminkan situasi yang baik dari hari ke hari. 

Dari keuntungan perdagangan sebesar 0,6%. Salah satunya digunakan untuk memperkuat modal investasi SWF ( Israel citizens fund investment ), menambah belanja APBN dan transfer ke cadev ( cadangan devisa negara ). 

Di ranah perdagangan internasional. Pemerintah Israel masih memiliki masalah terutama dengan negara kawasan Timur Tengah, Africa Utara dan beberapa negara Asia yang menolak hubungan diplomatik dan dagang. 

Perjanjian damai antara Mesir, Yordania, UEA (Uni emirat arab) dan Bahrain, setidaknya telah dapat melonggarkan penjualan produk Israel dan menambah pangsa pasar baru. Terutama di UEA dan Bahrain dalam kesepakatan Abraham accords. 

Terlepas dari adanya hukuman, boikot, penekanan dan sangsi ( boycott, divestmend and sanctions BDS) dari beberapa negara terhadap Israel. 

Israel hingga detik ini masih dapat bebas berdagang secara aman dan nyaman dengan 5 mitra terbesarnya. Walaupun tak semua mampu dihandle oleh Israel dengan surplus, beberapa malah banyak mengalami tekor ( defisit ). Terutama melawan industri di Amerika Serikat, China dan Uni Eropa.  

Siapa saja, yuk mari kita simak : 

5 mitra negara terbesar tujuan perdagangan ekspor Israel ( 2022 )

Foto : Kapal dagang Israel sedang berlayar ke negara tujuan ekspor impor

1]. Amerika Serikat

Nilai transaksi perdagangan ekspor Israel ke Amerika Serikat sebesar : $ 16 miliar dolar atau Rp 232 triliun rupiah. ( setara Rp 232.000 miliar rupiah per tahun ).

Hubungan antara Amerika Serikat dan Israel telah terbentuk sejak awal pendirian bangsa Yahudi.

Pemerintah Israel berkali kali mengklaim bahwa sekutu utama satu satunya Israel hanya ada 1 yaitu Amerika Serikat, tak ada yang lain. Negara lain hanyalah sebatas mitra dagang saja.

Di bawah hubungan ekonomi bilateral. Amerika Serikat adalah mitra dagang ekspor terbesar #1 Israel. 

Setiap tahun, Israel memang mengalami defisit pada neraca perdagangan melawan Amerika Serikat. Artinya condong banyak mengimpor barang dari AS ketimbang ekspor.   

Produk andalan ekspor Israel ke Amerika Serikat adalah berlian, mesin, alat listrik, optik, obat obatan, teknologi kesehatan, teknologi pertanian, teknologi air, peralatan robotika, sensor, suku cadang elektronik, layanan jasa internet, chipset semikonduktor, dll.

2]. Uni Eropa

Nilai transaksi perdagangan ekspor Israel ke Uni Eropa sebesar : $ 13 miliar dolar atau Rp 188 triliun rupiah. ( setara Rp 188.000 miliar rupiah per tahun ).

Perdagangan ekspor antara Israel dan Uni Eropa dilakukan dibawah perjanjian Euromed. Hubungan dagang antara Israel dan Uni Eropa sering naik turun diakibatkan menyangkut isu konflik Palestina. 

Secara khusus, Israel memandang selama 4 dekade tentang Uni Eropa adalah negatif. 

Walaupun begitu, orang orang, industri dan budaya Uni Eropa yang beragam membuat pasar ekspor Israel dapat tembus ke Uni Eropa, tetapi hingga detik ini, Israel masih mengalami kekalahan defisit melawan Uni Eropa.

Israel mengimpor 34% produk dan mengekspor 21% produk ke Uni Eropa. 

3]. China

Nilai transaksi perdagangan ekspor Israel ke China sebesar : $ 4 miliar dolar atau Rp 58 triliun rupiah. ( setara Rp 58.000 miliar rupiah per tahun )

Foto : Dialog interaktif tertutup antara pemerintah Israel dan partai komunis China untuk membahas isu terkait tekanan dagang yang diberlakukan oleh Amerika Serikat

Di China, Israel turut mengalami kekalahan defisit pada neraca keuangannya.

Data yang disajikan pada pusat kebijakan Israel China menunjjukkan aktivitas ekonomi bilateral telah turun sejak 2019. Hal ini disebabkan karena tekanan Amerika Serikat yang melarang perusahaan Israel untuk berbisnis ke China. 

Assaf orion dari Israel mengatakan :

Bulan madu hubungan antara Israel dan China telah berakhir. Serangkaian indikator menunjjukkan bahwa kita berada di dalam periode antar negara yang rumit dan semakin terbengkalai daripada sebelumnya. Sahutnya. 

Hubungan diplomatik Israel telah berjalan selama 30 tahun. 

Sejak tahun 2019. Jumlah perusahaan Israel yang bertransaksi di China telah menurun dari 1.000 menjadi 480 perusahaan. Cenderung dari tahun ke tahun makin menurun akibat tekanan AS menitikberatkan ke daftar hitam (blacklist). 

Pada tahun 2021. Ekspor Israel telah turun menjadi $ 4 miliar. Padahal rekor sebelum tekanan AS. Hubungan dagang ekspor Israel ke China dapat mencapai $ 10 miliar dolar. 

Pemerintah Israel tak tinggal diam untuk mengatasi hal ini. Solusi berupa dialog interaktif jarak jauh terus dilaksanakan secara tertutup oleh kementerian Israel ke China dalam rangka menghindari tekanan Amerika Serikat, 

Pusat institut studi keamanan nasional Israel, sebuah badan pemikir ditugaskan, bekerjasama dengan menteri intelijen Israel. Mencari cara mengatasi kebijakan AS dengan berbagai koridor, yaitu dengan cara tak menyakiti hati pemerintah Amerika Serikat. Disisi lain, Israel masih dapat melakukan perdagangan ekspor impor ke China walaupun dari tahun ke tahun aktivitasnya sudah berkurang.

Pada beberapa dialog. Israel menekankan kepada China. Bahwa tetap AS sekutu utama Israel. Orang orang China dari PKC harus paham hal itu, suatu kebijakan yang tak dapat diubah. 

Hubungan perdagangan China Israel selanjutnya di masa depan yaitu membahas masalah hal bagaimana cara agar tetap dapat berbisnis dengan China atau mencari setiap celah bisnisnya sekecil apapun tanpa membuat Amerika Serikat sakit hati. 

4]. India

Nilai transaksi perdagangan ekspor Israel ke India sebesar : $ 29,7 miliar dolar atau Rp 43  triliun rupiah. ( setara Rp 43.000 miliar rupiah per tahun )

Hubungan dagang dan diplomatik antara India dan Israel terlambat datang, Baru terjalin mulai pada tahun 1992. Hal ini diakibatkan karena Israel sibuk perang dan mengurus bisnis penting lainnya dengan negara AS, sehingga hubungan ekspor impor dengan India menjadi molor selama bertahun tahun. 

Perdagangan Israel ke India mengalami surplus. 

Tak seperti negara kawasan Timur Tengah Arab yang menyerukan boikot terhadap produk Israel. 

Pemerintah India dan orang orang India menyukai produk Israel. 

Salah satunya yaitu hasil dari pemolesan berlian yang indah. Orang orang kaya di India membeli berlian cantik dari Israel untuk menambah nilai investasi.  

Produk lain Israel ke India berupa obat obatan, teknologi air, teknologi elektronik, teknologi pertanian, bahan kimia, peralatan listrik, dan lain lainnya. 

Pemerintah Israel terus menjalin hubungan kuat dan positif dengan India tanpa ada cekcok yang berarti.

Israel berharap pangsa pasar produk ekspor dari Israel ke India di masa depan dapat terjual tembus ke $ 100 miliar dolar per tahun. 

5]. United Kingdom

Nilai transaksi perdagangan ekspor Israel ke UK sebesar : $ 2 miliar dolar atau Rp 29 triliun rupiah. ( setara Rp 29.000 miliar rupiah per tahun )

Posisi peringkat ke 5 di tempati oleh kerajaan United Kingdom yang dipimpin oleh raja Charles III.

Hubungan antara United Kingdom dan Israel sering naik turun, bak seperti roller coaster. 

Sentimen anti semitisme Yahudi yang masih merebak luas di United Kindom, mengingat kebencian orang orang Inggris terhadap Israel.

Ketika itu, sejak berlalunya dekrasi balfour. Tentara Inggris dibunuh dan diusir paksa oleh tentara Zionis dari wilayah pendudukan Israel.

Walaupun begitu, whitepaper tentang perdagangan antara kerajaan Inggris (UK) dengan Israel masih berjalan dengan baik dan terus berlanjut, ini menunjjukkan dan mengingat bahwa produk Israel begitu kompetitif dan dibutuhkan untuk mendongkrak pertumbuhan masa depan Inggris.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.