Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Israel accubeat : teknologi jam atom militer akurat untuk rudal dan satelit global positioning ( 2022 )

Di medan perang modern, waktu akurat dengan presisi tinggi adalah segalanya. Sudah tak relevan lagi bila dibandingkan zaman dulu, pada saat era perang dunia ke I dan II. Dimana roket, artileri dan bom dihamburkan kemana mana dalam skala jumlah besar yang masif dengan harapan salah satunya dapat mengenai target sasaran.

Perusahaan teknologi asal Israel, accubeat menciptakan teknologi jam atom untuk merevolusi hal ini. 

Jam atom milik accubeat telah dipatenkan. Rubidium atomic clock memberikan akurasi frekuensi waktu dikisaran 10 - 12, stabilitas 10 - 13 dan akurasi waktu di kisaran nanodetik. Jika jamnya akurat, maka segalanya menjadi akurat. Namun, jika hitungan jam meleset, maka akurasi ikut meleset pula. 

Jam accubeat juga dapat diinstal pada satelit global position untuk menyinkronkan waktu yang tepat sehingga sistem satelit navigasi milik klien dapat tahu persis dimana letak titik koordinat keberadaan seseorang atau posisi sebuah benda di bumi. 

Di industri sipil. Jam atom misalnya digunakan oleh perusahaan bank, saham dan perdagangan trading. Sehingga jam atom mampu mendeteksi waktu sesuai kapan seseorang buy dan sell ( transaksi jual beli saham ). Semua proses ini dalam operasi per detik yang dibantu oleh otomatisasi mesin. 

Kebutuhan militer menjadi hal lazim dalam instalansi jam accubeat sebagai parameter dan solusi bagi angkatan bersenjata memenangkan pertempuran. Entah itu di darat, laut, udara dan cyber. 

Pada tahun 2022. Salah satu produk unggulan milik Accubeat adalah AR133. 

AR133 hanya memiliki dimensi ukuran 7 cm x 2 cm.

Beratnya mirip seperti berat satu buah apel.

AR133 merupakan produk hardware jam atom terkecil di dunia saat ini dengan harga paling murah tanpa mengurangi kehandalannya seperti dari produk accubeat generasi sebelumnya.

Dimana akurasi dan stabilitas berasal dari transisi kuantum pada atom rubidium. Terdiri dari DFLL ( digital frequency lock loop ) di mana osilator kristal dikunci ke jalur menggunakan mikropressor dan algoritma canggih yang memungkinkan kontrol frekuensi digital secara halus, hemat biaya, konsumsi daya listrik rendah tanpa mengurangi kinerjanya.  

Benny L dari Accubeat mengatakan : 

Jam atom kami sangat akurat dan stabil. Ini beroperasi dengan presisi 50 nanodetik per jam atau 50 dari 1.000.000.000 miliar. Ini 1.000.000 juta kali lebih akurat daripada jam tangan anda. Jenis jam ini digunakan untuk militer, cyber dan keamanan dalam negeri. Sahutnya. 

Perusahaan militer Amerika Serikat merupakan pelanggan pertama Accubeat sejak tahun 1994 telah menginstal perangkat ini ke pesawat drone tanpa awak, rudal, kapal selam, pesawat tempur, dll. 

Tentang accubeat :

Accubeat adalah perusahaan teknologi yang memasok komponen integral canggih untuk berbagai keperluaan program seperti militer dan sipil. 

Di bidang militer, produk accubeat di instal pada rudal, kapal selam, telemetri pusat komando, pesawat tempur, satelit, pesawat drone, helikopter dan berbagai macam peralatan komputer militer.

Sedangkan diranah industri sipil, digunakan untuk peralatan infrastruktur telekomunikasi internet, komputer quantum, pusat server data center dan satelit. 

Teknologi accubeat diinstal oleh klien perusahaan meliputi Lockheed martin, Airbus, Boeing, Raytheon Technology, Thales dan masih banyak lagi. 

Accubeat adalah anak dari induk perusahaan Rafael Advanced Defense System. 

Tentang Rafael Advanced Defense System

Rafael advanced defense system adalah perusahaan BUMN teknologi persenjataan milik 100% pemerintah Israel. 

Didirikan pada tahun 1948 dengan memiliki sebanyak 9.000 karyawan. 

Berpengalaman selama 74 tahun memproduksi berbagai macam alat senjata pertempuran battle proven. 

Mayoritas sekitar 67% tenaga kerja Rafael advanced defense system berasal dari gelar pendidikan sarjana lulusan S2 dan S3.

Accubeat memiliki motto : Akurat adalah segalanya. 

Youtube : Teknologi Israel Accubeat

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.