Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 perusahaan produsen teknologi energi listrik terbarukan cahaya sinar matahari photovoltaic systems terbesar di dunia ( 2022 )

Beberapa negara telah mulai memasang teknologi panel photovoltaic sebagai alternatif listrik terbarukan dan sadar tentang arti betapa penting memiliki energi ramah lingkungan dengan 0% polusi asap yang dapat mengefesiensikan pengeluaran tagihan bulanan listrik sekaligus membentuk kesehatan manusia yang lebih baik tanpa bahaya radiasi.

Sejak tiga dekade yang lalu. Teknologi pembangkit listrik yang bersumber dari sinar cahaya matahari telah ada.

Tetapi kapasitas pertumbuhan masih belum memuaskan seperti yang diharapkan oleh banyak orang.

Data menunjjukkan bahwa di seluruh dunia jumlah pengguna teknologi photovoltaic hanya 3%. 

Permasalahan ini disebabkan karena orang orang dan pemerintah lokal di masing masing negara yang menjadi pilar penyala pembangkit listrik masih gemar komsumsi minyak, batu bara dan gas sebagai kebutuhan utama pembangkit listrik bagi kehidupan mereka sehari hari.

China menjadi pemimpin #1 di dunia sebagai produsen alat perdagangan teknologi pembangkit listrik tenaga matahari terbesar di dunia. Sekaligus konversi konsumsi dalam hitungan megawatt terbesar #1 di dunia, dimana total 306.000 MW atau sekitar 6% kebutuhan listrik bagi orang orang China telah disuplai menggunakan unsur cahaya sinar matahari sebagai daya alternatif.

Seperti pembahasan diatas. Mayoritas dominasi perusahaan teknologi energi di dunia ini tergantung kepada pertambangan fosil. Meliputi minyak, gas dan batu bara. 

Berikut adalah 4 perusahaan inovasi teknologi energi yang berbeda dari pihak lain dimana fokus ke sinar matahari sebagai daya utama pembangkit listrik.

1]. Longi

Kantor pusat : China

Kekuatan finansial : $ 51 miliar dolar atau Rp 765 triliun rupiah ( setara Rp 765.000 miliar rupiah )

Longi adalah perusahaan teknologi dari China. Didirikan pertama kali pada tahun 2.000 dengan keahlian di bidang penyediaan modul surya photovoltaic menggunakan wafer silikon monokristalin. Di mana unsur utama berasal dari pasir yang diolah sedemikian rupa oleh para ilmuwan China. 

2]. Sunrun

Kantor pusat : Amerika Serikat

Kekuatan finansial : $ 16 miliar dolar atau Rp 240 triliun rupiah ( setara Rp 240.000 miliar rupiah ).

Sunrun adalah perusahaan teknologi pencipta photovoltaic sekaligus menyediakan jasa instalasi pemasangan ke atap rumah anda. Entah menggunakan skema pembayaran lunas secara langsung atau di sewa hingga bertahun tahun.

Sunrun mengklaim dirinya sebagai pemimpin #1 teknologi listrik energi terbarukan dari sinar matahari di Amerika Serikat. .  

3]. Solaredge

Kantor pusat : Israel

Kekuatan finansial : $ 11 miliar dolar atau Rp 165 triliun rupiah ( setara Rp 165.000 miliar rupiah ).

Solaredge adalah perusahaan teknologi asal Israel yang menjual berbagai macam perangkat inverter dan papan smart solar modules yang dapat dipasang di atas atap rumah anda sebagai penangkap sinar matahari untuk diubah menjadi energi listrik. 

Semua perangkat mulai dari inverter, smart modules photovoltaic, storage, software, power optimizer, baterei sampai alat sensor disediakan seluruhnya dalam 1 perusahaan solaredge. 

Perusahaan solaredge bermarkas besar di Israel. Namun memiliki cabang pabrik di Uni Eropa, Jepang dan Amerika Serikat. 

4]. Firstsolar

Kantor pusat :: Amerika Serikat

Kekuatan finansial : $ 7 miliar dolar atau Rp 105 triliun rupiah ( setara Rp 105.000 miliar rupiah ). 

Firstsolar adalah salah satu perusahaan pencipta teknologi modul photovoltaic (PV) dengan penjualan terlaris digunakan oleh orang orang India, Uni Eropa terutama oleh orang Jerman dan tentu saja di Amerika Serikat. 

Perusahaan mengklaim teknologi PV milikn hemat 14% energi listrik daripada produk pesaing.

Sehingga berbondong bondong banyak orang orang di seluruh penjuru dunia beralih membeli produk Firstsolar sehingga menjadikannya sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat versi Forbes di tahun 2013..

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.