Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 kekuatan andalan tank kerajaan raja charles III [ United Kingdom UK ] ( 2022 )

Sebelumnya, mari kita ucapakan rasa turut berduka cita atas meninggalnya mendiang ratu Elizabeth II. Sehingga kepemimpinan kerajaan United Kingdom beralih dipegang kendali oleh anaknya, yaitu raja Charles III pada tanggal 8 September 2022

United Kingdom atau disebut juga Inggris. Merupakan sebuah kerajaan yang tak dapat dianggap remeh di bidang teknologi, militer, ekonomi, intelijen, nuklir, sejarah, budaya dan politik. 

United Kingdom terletak berbatasan dengan Uni Eropa dan samudera atlantik. 

Pada masa sejarahnya, bangsa ini pernah menjajah banyak wilayah di bumi sehingga takluk ke dalam genggaman dan kekuasaannya yang kuat.

Hingga detik ini, kerajaan dengan jumlah penduduk sebanyak 67.800.000 juta orang. Masihlah tetap sebuah kerajaan yang kuat dan garang. Termasuk di bidang militer. 

Orang orang Inggris, berpengalaman dan piawai dalam berperang. Pemerintahan kerajaan ini turut ahli membangun senjata miliknya sendiri tanpa harus terlalu tergantung penuh pada pihak asing dan tanpa mengalami masalah industrial military complex karena saham pabrik senjata mayoritas telah dikuasai oleh raja Charles III. 

Berbicara tentang kekuatan andalan tank milik kerajaan United Kingdom. Ada tambahan pendatang tank baru yaitu Ajax dari perusahaan Amerika Serikat sebanyak 19 unit. Namun, kerajaan UK belum secara resmi menerimanya untuk masuk dinas. 

Sebelumnya pada beberapa dekade yang lalu, kerajaan UK pernah juga membeli tank M113 dari Amerika Serikat, tapi kemudian dijual lagi ke negara lain. Alasannya hendak fokus mencintai pada tank produksi produk lokal. Walaupun tahu bahwa tank M113 milik AS unggul dibandingkan produk tank pengangkut APC/IFV dalam negeri. 

Per 1 Juli 2022. Angkatan bersenjata Inggris memiliki 146.000 tentara personil aktif dan sebanyak 37.000 tentara cadangan. Kerajaan UK suka menyebutnya sebagai dua golongan terpisah yaitu tentara terlatih dan tentara muda yang masih belum terlatih. 

Tentara UK dilengkapi dengan alustista tank. Platform peralatan tempur paling umum yang digunakan terdiri dari challenger, CVR(T), Warrior dan Bulldog. 

Challenger menjadi MBT tank utama di garis depan. 

Disusul kemudian oleh iring iringan tank pendukung lainnya di belakang perlindungan Challenger. 

Seperti pembahasan diatas. Kerajaan UK memutuskan membeli beberapa unit tank ajax dari AS walaupun masih ditolak untuk masuk dinas. 

Mengingat perkembangan ilmu pengetahuan teknologi tank dari hari ke hari kian semakin menantang, rumit dan kompleks. 

100 tahun yang lalu, sejarah kerajaan Inggris dalam penemuan teknologi di bidang tank memang cukup maju. Tetapi dalam skenario di tahun 2022 yang serba digital, ancaman peswat robot drone kamikaze, rudal presisi cerdas yang dapat mengancam dan juga harus berhadapan dengan musuh yang tangguh seperti tank Armata milik Rusia. 

Semua permasalahan krusial yang rumit ini membuat kerajaan United Kingdom harus memutar otak dengan keras untuk memodernisasi tank miliknya dalam melawan tantangan di masa depan. Sehingga diputuskan mencari partner teknologi dan tank pelindung pendukung dari Amerika Serikat. 

Selain itu, kerajaan United Kingdom telah bekerjasama dengan perusahaan teknologi militer asal Israel guna mendongkrak ketahanan tank UK dengan membeli paket reactive armour. 

Meskipun industri militer UK memiliki beberapa varian jenis tank. Sesungguhnya tank dari jenis Bulldog hendak dipensiunkan guna memusatkan keahliaan ke model CVR(T) dan Warrior sebagai pendamping Challenger.  

Bulldong dirasa masih dipertahankan hingga beberapa tahun ke depan walaupun secara teknologi sudah tak layak atau usang. 

Berdasarkan catatan arsip sejarah modern di perang Irak dan Afghanistan. 

Jajaran tank milik kerajaan United Kingdom pernah ikut terlibat pertempuran darat di Timur Tengah selama operasi Telic dan berbagai macam misi lainnya. 

Itu terlihat bahwa kepemimpinan United Kingdom masih tangguh dan relevan di zaman ini. Bagaimana sesama jaringan antara tank milik UK satu dengan tank UK lainnya saling berkoordinasi berkomunikasi secara rapi, terarah dan terorganisasi dengan pola formasi perang yang terencana dengan matang membentuk serangan mematikan dalam mengalahkan para musuhnya.

Seolah olah tank milik UK memiliki ciri khas tersendiri dalam hal pertempuran di mana mereka saling membentuk formasi pertempuran cakep yang saling berkomunikasi erat terikat kait dengan rapi melalui tugasnya masing masing. Ada yang ditugaskan sebagai tank penyerang, diposisikan pada tank bagian tugas gugus ring tengah sebagai pendamping kiri kanan dan tank untuk bertahan.

5 kekuatan andalan tank kerajaan raja charles III pelindung kedaulatan United Kindom UK ( 2022 )

Berikut adalah 5 jenis tank di United Kingdom. Lengkap berserta jumlah, perusahaan industri dan asal pembuatannya. 

1]. Tank Challenger 

Buatan : United Kingdom

Perusahaan : BAE system dan Alvis

Jumlah : 227 unit.

2]. Tank ajax

Buatan : Amerika Serikat

Perusahaan : General dynamic

Jumlah : 19 unit.

3]. Tank CVR(T)

Perusahaan : Alvis

Buatan : United Kingdom

Jumlah : 654 unit.

4]. Tank warrior

Perusahaan : Gkn

Buatan : United Kingdom

Jumlah : 767

5]. Tank bulldog

Perusahaan : Gkn dan Bae system

Buatan : United Kingdom

Jumlah : 880

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.