Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Airobotics akuisisi perusahaan Israel Iron Drone senilai $ 20 juta dolar atau sekitar Rp 300 miliar rupiah ( 2022 )

Kebutuhan akan teknologi drone dari hari ke hari semakin vital, dulu penggunaan luas hanya diperuntukkan untuk kepentingan militer. 

Namun kini telah meluas dalam penggunaan di berbagai bidang lainnya seperti hobi, industri, fotografer, pertanian dan banyak lagi.    

Orang orang banyak kini dapat membeli atau memesan drone di toko online, jika punya modal uang berlebih untuk membelinya.

Para teroris dan pelaku kriminal juga dengan mudah membeli drone di toko online. Kemudian mereka memasang granat di tubuh drone sebagai tujuan menyerang atau mengganggu fasilitas strategis seperti meledakkan bandara pesawat sipil, menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir, industri pertambangan, stadion lapangan sepak bola dan menganggu acara konser padat penduduk di sela sela gedung bertingkat tinggi.  

Airobotics sebuah perusahaan milik Amerika Serikat. Memutuskan dengan cepat mengakusisi Iron Drone. 

Belum ada informasi resmi berapa nilai mahar. Tetapi para analisis memperkirakan sebesar $ 20 juta dolar atau sekitar Rp 300 miliar rupiah. 

Meir kleiner mengatakan : 

Kami senang mengakuisisi Iron drone berserta produk drone canggihnya ke Airobotics. Sahutnya. 

Tentang Iron Drone

Iron drone adalah sebuah perusahaan teknologi militer swasta asal Israel. 

Perusahaan ini menciptakan sistem solusi counter drone yang telah dipatenkan melalui kecerdasan buatan AI dan visi komputer sehingga semua serangan ke drone musuh dilakukan otomatis tanpa membutuhkan ketrampilan skill dari bimbingan operator manusia. 

Teknologi Iron drone tak menggunakan serangan cyber dan jamming. Melainkan melalui teknik konvensional. Pertama tama, AI dan visi komputer mendeteksi keberadaan drone musuh lalu mengunci sasaran, kemudian mengejar dan menyerangnya secara dogfight dengan cara berkelahi adu kekuatan di udara. 

Proses penguncian target dilakukan 100% secara otomatis. 

Tetapi keputusan menyerang tetap memerlukan persetujuaan operator manusia.

Tentang Airobotics

Pada mulanya, Airobotics merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Israel. Namun telah diakuisisi oleh Ondas Networks melalui anak usaha American Robotics. 

America Robotics mengakuisisi Airobotics pada tahun 2022 dengan nilai mahar sebesar $ 250 juta dolar atau sekitar Rp 3,7 triliun rupiah ( setara Rp 3.700 miliar rupiah ). 

Ondas Holding adalah perusahaan produsen pencipta jaringan komunikasi nirkabel broadband, edge computing, perangkat lunak wireless, sistem radio, sistem data otomatis, dan teknologi robot drone yang berfokus kepada bisnis industri, pertanian agrikultur dan militer. 

Ondas Holding berkantor pusat di Amerika Serikat. 

Saham Airobotics dan Iron Drone kini tergabung menjadi milik sepenuhnya perusahaan Ondas Holding asal Amerika Serikat. 

Airobotics mengakuisisi Iron drone untuk tujuan mengintegrasikan teknologi miliknya ke optimus guna mencapai tujuan kontra drone yang mencoba mengganggu setiap kepentingan perusahaan mitra di ranah industri, pertambangan, pertanian dan keamanan. Sehingga diharapkan terjadinya integrasi simultan secara bersama sama sekaligus menawarkan nilai tambah kepada pelanggan yang kuat melalui solusi platform teknologi Iron drone.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.