Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa total harta kekayaan, utang, gaji dan aset investasi Jokowi [ sang tukang penggergaji kayu yang menjelma menjadi presiden ] ( 2022 )

Wajah presiden Jokowi selalu menghiasi berita di mana mana, baik itu di televisi, media online, koran, bahkan foto yang dipasang di berbagai tempat pelayanan publik seperti kantor, sekolah, universitas, restoran, rumah sakit, dll.

Hal ini wajar, mengingat peranan beliau begitu vital sebagai pemimpin #1 di Indonesia. 

Jokowi atau akrab kita sebut juga sebagai Joko Widodo. Merupakan presiden pertama di Indonesia yang bukan berasal dari kalangan pejabat politik dan elit komandan militer. Beliau murni 100% adalah seorang tukang kayu. Ya, anda tak salah baca. Tukang kayu. 

Jokowi menjabat menjadi presiden sejak tanggal 20 oktober 2014 - 2024. Sebelumnya, pernah menjadi Walikota dan Gubernur Jakarta.

Berapa total harta kekayaan, utang, gaji aset dan investasi Jokowi [ sang tukang penggergaji kayu yang menjelma menjadi presiden ] ( 2022 )

Presiden Jokowi lahir pada tanggal 21 Juni 1961 ( umur 61 tahun ). Tak banyak orang tahu, bahwa dulu kehidupan Jokowi termasuk berasal dari kalangan orang miskin yang bahkan rumahnya telah digusur sebanyak 3 kali. Tetapi itu tak mematahkan semangat hidupnya. 

Pada tahun 1973, di umur 12 tahun saat masih menginjak anak anak. 

Jokowi bersekolah sambil sampingan bekerja, kerja, kerja, kerja menjadi tukang kayu dengan ayahnya.

Keahliaan menjadi tukang kayu ia warisi dari profesi ayahnya. 

Dari uang hasil mengergaji kayu, Jokowi kumpulkan sedikit demi sedikit untuk membiayai sekolah, buat jajan dan membeli tambahan makan bergizi sehari hari. 

Dengan kemampuan akademis otaknya yang cukup cemerlang dan hasil uang yang ia kumpulkan. Jokowi berhasil lulus menyelesaikan pendidikan di UGM di jurusan kehutanan. 

Di Universitas Gajah Mada, Jokowi mendapatkan banyak ilmu pengetahuan tentang struktur kayu, pemanfaatan kayu dan teknologi perkayuan. 

Lulus dari UGM dengan gelar insinyur. Jokowi lalu bekerja dan merantau di perusahaan BUMN Kertas Kraft Aceh. Karena sempat tak betah bekerja disana karena jauh dari istri (LDR), Maka Jokowi memutuskan pulang ke pulau Jawa untuk bekerja di usaha perkayuan milik pamannya, Miyono.

Berbekal ilmu dari universitas UGM. 

Pada tahun 1988, Jokowi mendirikan perusahaan milik sendiri yang berkecimpung di dunia perkayuan. Yaitu menciptakan PT Rakabu sejahtera. Itu bisnis yang bergerak di bidang furniture kayu dan pabrik kayu. Nama perusahaan, terinspirasi dari nama anaknya, yaitu gibran rakabumi. 

Pabrik kayu perusahaan Rakabu sejahtera berorientasikan ekspor ke Uni Eropa, Jepang, Korea selatan dan Amerika Serikat. Dari aktivitas perusahaan miliknya, Jokowi sering jalan jalan ke negara tersebut. Peristiwa ini membuat cara berpikir Jokowi berubah ketika melihat kemajuan negara lain sehingga memutuskan dirinya terjun ke dunia politik untuk merevolusi dan menjadikan Indonesia lebih maju seperti negara yang ia kunjungi.

Artikel di atas membahas tentang profil Jokowi memulai bisnis dalam meraup uang. 

Sebelum menjabat menjadi pejabat di Indonesia. Kehidupan Jokowi sudah mapan melalui perusahaan meubel perkayuan miliknya sendiri. 

Satu hal yang paling menarik dari status Jokowi yaitu semua pundi pundi kekayaan selanjutnya dari hasil menjabat di partai politik, bersih, bebas dari korupsi dan tak ada penyalahgunaan tax heaven seperti oknum pejabat kleptokrasi lainnya.

Keuangan atau kekayaan Jokowi menjabat menjadi presiden berasal dari gaji perbulan dan ada tunjangan tambahan lainnya. 

Total sebesar kurang lebih Rp 62.000.000 juta perbulan. 

Bila dibandingkan dengan gaji presiden Singapura sebesar Rp 19 miliar perbulan dan presiden Malaysia sebesar Rp 3 miliar perbulan. Maka, untuk ukuran Jokowi sebagai presiden RI termasuk gaji kecil. 

Bila dibandingkan dengan pengusaha, youtuber dan artis papan atas seperti Raffi Ahmad, Agnes Monica, Deddy corbuzier dan Atta Halilintar yang mampu meraup penghasilan sebesar Rp 500 juta per bulan. Maka, dari segi ukuran harta kekayaan. Jokowi memang kalah telak. 

Menurut laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) milik pemerintah Indonesia di tahun 2022

Jumlah total kekayaan orang nomor satu #1 di Indonesia terlacak sebesar Rp 71 miliar rupiah. 

Rinciannya terbagi menjadi 2 yaitu : 

Uang harta kas ( seperti tabungan di Bank ) sebesar Rp 11 miliar rupiah. 

Sisanya merupakan aset dan investasi yang kebanyakan bergerak di bidang tanah dan properti. 

Aset lainnya berupa koleksi mobil dan motor. 

Dapat disimpulkan, bahwa Jokowi senang gemar berinvestasi di tanah dan properti yang merupakan aset investasi tertinggi dan terbanyak miliknya yang apabila ditotal mencapai Rp 59 miliar rupiah. 

Walaupun kekayaan Jokowi telah melimpah, seharusnya beliau terbebas dari jeratan utang. Tetapi pada kenyataannya, Jokowi malahan masih saja memiliki tunggakan sisa utang kredit yang berjalan sebesar kurang lebih Rp 309 juta rupiah. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.