Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Uni Eropa beli 2.000 peluru meriam tank dari Israel senilai $ 9.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 135 miliar rupiah ( 2022 )

Perang yang berkecamuk antara Rusia VS Ukraina sejak tanggal 24 Februari 2022 membuat banyak negara di Uni Eropa menjadi cemas, kwatir dan stress sehingga mempersiapkan diri dengan membeli lebih banyak persenjataan sebagai pertahanan kedaulatan di masa depan dari agresi pelebaran pencaplokan serangan beruang merah Rusia. 

Spanyol, salah satu negara bagian di Uni Eropa telah memutuskan kembali membeli tambahan pasokan peluru meriam untuk tank leopard sebanyak 2.000 unit. 

Tentu saja ini bukan pembelian pertama.

Spanyol merupakan pelanggan setia pembeli peluru tank dari Israel. 

Foto : Tank Merkava Israel

Uni Eropa beli 2.000 peluru meriam tank dari Israel senilai $ 9.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 135 miliar rupiah ( 2022 )

Elbit System selaku perusahaan produksi peluru tank asal Israel menawarkan produk peluru tank yang canggih, handal dan komprehensif karena memiliki kinerja tinggi dan keakuratan akurasi, selain itu dirancang khusus untuk keausan barel yang rendah. 

Penciptaan peluru tank ini berdasarkan penelitian dan pengalaman selama 50 tahun.

Digunakan secara luas oleh pasukan IDF (Israel Defense Force) dan mitra pelanggan internasional.

Digunakan pula secara baik untuk melawan anti personil, anti struktur, anti tank, anti kendaraan lapis baja bahkan hingga anti helikopter. 

Pada saat yang sama, semua hasil dari produksi manufaktur peluru tank ini dalam integrasi operasional skala penuh, all in one dalam satu perusahaan Elbit System. Mulai dari penempaan logam, komponen logam, permesinan, pelapisan, metalurgi, bahan kimia, piroteknik, analisis, pengemasan, pengujian, laboratorium, percetakan, dll, semua fasilitas dan seluruh pekerjaan yang terlibat untuk pembuatan peluru tank dari 0 sampai selesai hanya dalam 1 perusahaan tunggal. 

Pihak dari Spanyol membeli peluru tank dari jenis ukuran meriam 120 mm yang digunakan kepada 327 unit tank MBT Leopard. 

Foto : Tank Leopard milik angkatan bersenjata Spanyol (Uni Eropa)

Jumlah pembeliaan sebanyak 2.000 unit peluru tank dengan total harga $ 9.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 135 miliar rupiah. 

Jenis peluru yang dibeli berasal dari varian Elbit System APFSDS-T. Itu adalah peluru tank mematikan yang mampu melakukan penetrasi atau menjebol lapisan baja tank musuh yang bahkan paling modern dan tebal sekalipun. 

Peluru sesuai dengan standar NATO. Tak hanya digunakan oleh pihak Israel saja melalui tank Merkava. Tetapi dapat pula cocok digunakan oleh tank buatan Uni Eropa seperti Leopard, karena ukuran laras meriam yang sama yaitu 120 mm.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.