Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 media sosial dan platform video terbesar di dunia yang paling sering digunakan oleh miliaran orang ( 2022 )

Jumlah pengguna internet di seluruh dunia secara global yang digaungi oleh layanan teknologi 4G telah menembus angka penetrasi mencapai 58% atau sekitar 4.650.000.000 miliar orang dari total populasi umat manusia. 

Memang masih banyak orang belum tersentuh oleh internet 4G. Terutama bagi mereka yang tinggal di area pelosok pedesaan jauh dari keramaian jangkauan menara BTS dan teruntuk bagi orang orang kurang beruntung ( miskin ) di wilayah perkotaan yang belum sanggup membeli smartphone dan pulsa.

Internet telah merevolusi banyak lifestyle manusia menjadi lebih efektif, efesien dan cepat dalam mengakses berbagai macam kepentingan bisnis, informasi, trading, entertainment, kesehatan digital, game, militer, komunikasi dan masih banyak lagi.

Menurut penelitian dari laporan We Are Social. Di internet, orang orang gemar yang hobi menghabiskan waktu rebahan sekitar 3 jam per hari di jejaring media sosial. 

Nigeria merupakan bangsa paling kecanduan internet dimana orang orang disana betah 4 jam per hari menatap layar smartphone dan laptop. 

Kalau di Indonesia, sekitar 3 jam per hari ya, masih normal di batas wajar angka rata rata.

5 media sosial dan platform video terbesar di dunia yang paling sering digunakan.

Pada artikel kali ini, kita di ajak mengetahui tentang platform media sosial apa saja yang menyebabkan orang orang kecanduan ( adiktif internet ). Termasuk membahas tentang konten video. Ini diakibatkan jejaring medsos juga bertindak melebar sama samar menyerupai platform video. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Terkhusus bagi pengamat informasi saham dan pemasaran marketing. 

1]. Youtube

Juara peringkat pertama untuk platform video sharing terbesar di dunia adalah Youtube. 

Youtube memang bukan ditujukan sebagai media sosial utama, tetapi online video sharing yang samar samar juga bertindak seperti media sosial. 

Video pertama kali di Youtube di upload pada tanggal 23 April 2005 oleh seorang pria muslim ahli ilmu komputer dan pemprograman algoritma asal Amerika Serikat yang sekaligus sebagai pencipta awal platform online video. Beliau bernama Jawed karin. 

Bersama kedua sahabat akrabnya, Jawed menciptakan Youtube. 

Pada tahun 2006. Youtube di akuisisi oleh perusahaan Google dengan nilai mahar yang fantastis ketika itu. 

Pada tahun 2022. Youtube adalah platform video terbesar di dunia yang sulit ditandingi. Sebagai perbandingan, situs pesaing Twitch dari perusahaan Amazon hanya mampu mendulang 1 triliun page view kunjungan per bulan dan Vimeo.com hanya mampu meraih 73 miliar page view kunjungan perbulan. 

Sedangkan, Youtube mampu mencetak berkali kali lipat mencapai 33 triliun page view kunjungan per bulan. Secara praktis itu tak tertandingi oleh platform video pesaing dari manapun juga.

Youtube memiliki motto : Nikmati video dan musik yang anda sukai. Upload konten asli anda dan bagikan semuanya kepada sahabat, keluarga dan orang orang di seluruh penjuru dunia melalui Youtube. 

Keunggulan Youtube terletak pada kategori peminat hampir di segala rentangan macam usia. Dari bocil umur 2 tahun hingga kakek nenek umur di atas 90+, rata rata orang di internet sulit terlepas dari keberadaan Youtube.

Nama : Youtube

Kantor pusat : Amerika Serikat

Kode saham : GOOGL

Pemilik : Perusahaan Alphabet

Jumlah kunjungan per bulan : 33 triliun page view

Alamat : Youtube.com

2]. Facebook

Facebook diciptakan pertama kali oleh seorang Yahudi ahli pemprograman komputer oleh Mark Zuckerberg.

Pada tahun 2004, Facebook hadir ditujukan pada awalnya sebagai jaringan komunikasi antar universitas. Tetapi karena peminatnya banyak ketika itu, maka berkembang pesat menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga menggurita saat ini. 

Di tahun 2022, selama kurun waktu 1 bulan saja, Facebook mampu menghasilkan 18 triliun page view kunjungan per bulan. 

Pada intinya, Facebook adalah raksasa situs media sosial terbesar di dunia, setiap orang ketika sedang ada waktu luang, lagi bosan dan aktivitas rebahan lainnya. Tetap gemar membuka Facebook setiap harinya. 

Facebook berfokus ke hubungan komunikasi media sosial kepada pertemanan, tetangga dan keluarga. 

Secara demografis Facebook digunakan paling banyak oleh orang orang dewasa yang sudah menikah di rata rata umur 20 tahun ke atas, para jomblo usia 18 tahun hingga orang tua lanjut usia umur 90+ tetap aktif di Facebook.  

Bagi anda para pemasar bisnis iklan marketing yang hendak menyasar kaum bocil dan remaja. Urungkan saja niat karena facebook kurang cocok di bidang ini.

Nama : Facebook

Kantor pusat : Amerika Serikat

Kode saham : META

Pemilik : Perusahaan Meta

Jumlah kunjungan per bulan : 18 triliun page view 

Alamat : Facebook.com

3]. Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog yang memungkinkan seseorang untuk berbagi foto, video, berita dan teks dengan jumlah 280 karakter.

Pengguna aktif twitter berasal dari kalangan pebisnis entrepreneurship, orang orang dewasa, anggota partai politik, pejabat pemerintahan, wartawan berita, orang orang penting dan para investor saham atau maniak crypto.  

Twitter dimiliki oleh Elon Musk. Orang terkaya #1 di dunia pada tahun 2022. 

Dalam 1 tahun saja, Twitter mampu meraup pendapatan kotor sebesar $ 5 miliar dolar atau sekitar Rp 77 triliun rupiah hanya dari bisnis iklan. 

Nama : Twitter

Kantor pusat : Amerika Serikat

Kode saham : -

Pemilik : Elon musk

Jumlah kunjungan per bulan : 7 triliun page view ( setara 7.000 miliar view )

Alamat : Twitter.com

4]. Instagram

Instagram adalah tempat media sosial berkumpulnya bagi orang orang di usia rentangan rata rata 18 - 35 tahun. Ini memungkinkan seseorang mengambi foto dan video kemudian menerapkan filter digital. 

Instagram merupakan anak dari perusahaan Meta. 1 atap dengan raksasa Facebook. Kepopuleran Instagram memang masih kalah jauh bila di bandingkan dengan sang kakaknya, Facebook. Tetapi Instagram merupakan tempat yang baik dan ideal bagi anda pemilik pemasaran marketing dalam produk seperti kecantikan, perawatan tubuh, fashion, dll yang menargetkan kalangan anak muda usia 18 sampai 35 tahun. 

Nama : Instagram

Kantor pusat : Amerika Serikat

Kode saham : META

Pemilik : Perusahaan Meta

Jumlah kunjungan per bulan : 6,2 triliun page view ( setara 6.200 miliar view ).

Alamat : Instagram.com

5]. Tiktok

Tiktok adalah media sosial sekaligus video sharing berbentuk pendek mulai dari 15 detik sampai 10 menit yang mampu menghadirkan lelucon, trik, animasi, efek, suara palsu dan kombinasi entertainment yang menarik.  

Mayoritas pengguna Tiktok adalah para bocil. Turut hadir pula orang orang remaja dan dewasa yang gemar melakukan goyang goyang badan dan hal keren lainnya yang menginspirasi dengan penuh kegembiraan, candaan, keluhan, curhat, kemarahan, dan apa saja. Termasuk streaming sambil berjualan produk secara live.

Buat teman teman pedagang pemasaran Kinderjoy. Platform Tiktok cocok bagi bisnis anda.  

Nama : Tiktok

Kantor pusat : China

Pemilik : Perusahaan bytedance

Jumlah kunjungan per bulan : 1,8 triliun page view ( setara 1.800 miliar view ).

Alamat : Tiktok.com

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.