Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Intip 10 portofolio saham milik perusahaan Alphabet ( induk Google, Youtube, Android, dll ) ( 2022 )

Alphabet inc adalah sebuah perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat yang didirikan oleh 2 sosok founder Yahudi, Sergei brin dan Larry page. 

Ini merupakan induk dari mesin pencari Google, Youtube, Android, Waymo, Pixel, Calico, Nestlabs, Deepmind, Waze, Fiber dan masih banyak lagi. 

Pada kesempatan lain, perusahaan Alphabet tak hanya sekedar berbisnis menghasilkan uang dengan menciptakan berbagai layanan jasa dan produk yang digunakan oleh miliaran orang saja, melainkan ikut terlibat secara aktif sebagai investor saham. 

Ya, anda tak salah baca. 

Alphabet juga ikut berinvestasi saham seperti anda dengan cara mendapatkan uang melalui deviden dan capital gain. 

Melalui GV Google Ventures. Ini adalah anak perusahaan dari bisnis induk Alphabet. Terlibat mendalam di bidang pendanaan tahap awal startup kecil hingga berinvestasi ke saham seperti mirip kebanyakan orang orang investor pada umumnya. 

Sejauh ini, Google Ventures bukan beraktivitas layaknya trader. Melainkan murni sebagai investor dalam jangka panjang, karena itu lebih aman ketimbang menjadi trader dan dapat diperhitungkan dengan menghindari resiko gagal yang fatal. 

Fokus utama Google Ventures yaitu mencari startup awal dalam tahapan masih baru lahir di berbagai bidang seperti teknologi, kesehatan, transportasi, pendidikan, kecerdasan buatan, pertanian, perternakan, genetika, internet, dan masih banyak lagi. 

Pada tahun 2022. Sebanyak $ 8 miliar dolar atau sekitar Rp 124 triliun rupiah ( setara Rp 124.000 miliar ) dimiliki oleh Alphabet dalam portofolio saham yang disebar ke 400 perusahaan di Amerika Serikat, Uni Eropa hingga ke Indonesia. 

Berikut 10 di antara portofolio saham milik Alphabet. 

Yuk, mari kita intip : 

1]. Goto

Goto adalah perusahaan teknologi ekosistem digital yang menggabungkan dari kekuatan antara transportasi berbasis aplikasi ride hailing dan toko online. Ini adalah perusahaan asal Indonesia dengan kode saham GOTO.

Alphabet menguasai $ 100 juta dolar di Goto ( sekitar Rp 1,5 triliun rupiah atau setara Rp 1.500 miliar rupiah ).

2]. Toast

Toast adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang mengoperasikan teknologi cloud untuk industri restoran. 

Alphabet menguasai $ 18 juta dolar di Toast ( sekitar Rp 279 miliar rupiah ).

3]. Desktop metal

Desktop metal adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang menjual sistem perangkat teknologi percetakan 3D. 

Alphabet menguasai $ 24 juta dolar di Desktop metal ( sekitar Rp 372 miliar rupiah ).

4]. Adagio therapeutics

Adagio therapeutics adalah perusahaan kesehatan asal Amerika Serikat yang berfokus di bidang biofarmasi untuk meringankan gejala penyakit menular. 

Alphabet menguasai $ 18 juta dolar di adagio therapeutics ( sekitar Rp 279 miliar rupiah ).

5]. Ideaya biosciences

Ideaya biosciences adalah perusahaan kesehatan asal Amerika Serikat yang menciptakan sebuah obat presisi untuk mengurangi tingkat kematian menggunakan diagnostik molekuler. 

Alphabet menguasai $ 10 juta dolar di Ideaya biosciences ( sekitar Rp 150 miliar rupiah ).

6]. Uber technologies

Uber adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang menyediakan layanan penghubung transportasi antara penumpang dan sopir melalui konsep penyewaan serta berbagi tumpangan dan menjemput ke lokasi yang dituju. 

Alphabet menguasai $ 250 juta dolar di Uber technologies ( sekitar Rp 3,8 triliun rupiah atau setara Rp 3.800 miliar rupiah ).

7]. Medium

Medium adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang menciptakan penerbitan blog.

Alphabet menguasai $ 25 juta dolar di Medium ( sekitar Rp 387 miliar rupiah ).

8]. Gitlab

Gitlab adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang menciptakan manajemen repositori git berbasis web dengan fitur wiki dan pelacakan masalah. 

Alphabet menguasai $ 20 juta dolar di Gitlab ( sekitar Rp 387 miliar rupiah ).

9]. Viz.ai

Viz ai adalah perusahaan asal Israel yang mengoptimalkan perawatan kesehatan menggunakan teknologi machine learning dan artificial intelligence untuk pencitraan medis. 

Alphabet menguasai $ 21 juta dolar di Gitlab ( sekitar Rp 325 miliar rupiah ).

10]. Illumina

Illumina adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang menciptakan solusi berbasis sequencing dan array untuk analisis genetik dan genomik di dalam ilmu kehidupan, onkologi, kesehatan reproduksi, dll. 

Alphabet menguasai $ 10 juta dolar di Gitlab ( sekitar Rp 150 miliar rupiah ).

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.