Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Youtube shorts adalah, sejarah, aturan dan syarat monetisasi iklan untuk mendapatkan uang ( 2022 )

Bagi teman teman yang udah kecanduan adiktif terhadap platform website Youtube. 

Kali ini nampaknya bakal lebih kecanduan lagi ya. Sejak bulan September 2020. Alphabet inc, sebuah perusahaan induk dari Youtube telah merilis versi beta untuk inovasi baru dengan sebutan 'Youtube Shorts'.

Youtube Short diperkenalkan dengan maksud tujuan utama untuk menghadang laju pesaing dari perusahaan Bytedance asal China yang menaungi Tiktok. 

Youtube short terlihat condong mirip seperti ingin meniru atau menjiplak konsep platform Tiktok.

Tetapi sejak awal penciptaan Youtube. Sesungguhnya Youtube Shorts sudah hadir sejak lama di tahun 2005 ketika salah satu founder atau pencipta Youtube bernama Jawed karim mengupload video berjudul Me at the zoo berdurasi 18 detik dan telah di tonton oleh lebih dari 247.000.000 juta kali

Tentang Youtube, sejarah dan shorts

Youtube adalah platform video terbesar di muka bumi dengan kemampuan yang sulit di tandingi. 

Sebagai perbandingan, situs pesaing terdekat seperti Tiktok dari China hanya mampu mendulang 1,8 triliun page view per bulan, Twitch dari perusahaan Amazon hanya mampu mencetak 1 triliun page view per bulan dan vimeo.com hanya mampu meraih 73 miliar page view kunjungan perbulan. 

Sedangkan Youtube mampu mencetak berkali kali lipat mencapai 33 triliun page view kunjungan per bulan. Secara praktis angka keberhasilan statistik ini sulit tertandingi. 

Youtube diciptakan pertama kali pada tahun 2005. 

Video pertama kali di Youtube di upload oleh seorang pria muslim ahli ilmu komputer dan pemprogram algoritma asal Amerika Serikat yang sekaligus sebagai pencipta awal platform online video ini. Bersama kedua sahabat akrabnya, Jawed menciptakan Youtube.

Pada tahun 2006. Youtube di akuisisi oleh perusahaan Google dengan nilai mahar yang fantastis ketika itu. ( Google adalah anak dari perusahaan Alphabet ). 

Youtube memiliki motto : Nikmati video dan musik yang anda sukai. Upload konten asli anda dan bagikan semuanya kepada sahabat, keluarga dan orang orang di seluruh penjuru dunia melalui Youtube.

Keunggulan Youtube terlatak pada kategori peminat hampir di segala rentangan macam usia. Mulai dari bocil umur 2 tahun hingga kakek nenek umur di atas 90+. 

Pada tahun 2020. Yotube memperkenalkan fitur short. Menghadirkan konten video yang dibatasi oleh waktu dengan durasi mulai dari 15 detik - 60 detik saja. 

Youtube shorts dapat kita tonton melalui laptop, tablet, smartphone dan smart TV. Ini upaya Alphabet demi mengutak atik strategi dan taktik guna menjegal, menghadang, mengalahkan dan merebut basis pengguna agar tak dilibas oleh Tiktok.

Perusahaan pesaing lain, seperti dari Meta melalui Facebook. Pernah pula mencoba hendak mengkloning dan menyaingi fitur video pendek ala Tiktok dengan menggunakan fitur aplikasi Lasso. Tapi pada akhirnya Facebook gagal sehingga memutuskan menutup Lasso. Tak menyerah, utak atik strategi dan taktik, Meta menghadirkan fitur 'Instagram Reels'.

Aturan youtube short dan syarat monetisasi iklan untuk mendapatkan uang. 

Saat artikel ini di tulis. 

Bagi teman teman para mitra program publisher adsense di Youtube shorts masih belum dapat menghasilkan pundi pundi uang. Itu di mulai berlaku pada awal 2023.

Walaupun nampak hanya mengupload konten dengan durasi pendek antara 15 - 60 detik. Tetapi syarat, ketentuan dan aturan menjadi youtuber shorts begitu sulit. Karena itu mewajibkan anda untuk memenuhi kuota dengan jumlah subcriber 1.000 orang dan 10.000.000 juta penayangan per 90 hari. 

Tim Google mengatakan : 

Mulai tahun depan, para kreator mempunyai peluang untuk monetisasi Youtube shorts. Jadi kreator Youtube shorts akan bisa menghasilkan uang di dalam platform Youtube mulai tahun depan. Mulai dari live streaming konser, video shorts yang menyenangkan hingga menonton connected TV bersama keluarga dan teman. Youtube adalah satu satunya platform yang cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati banyak orang orang di berbagai kategori, format dan perangkat sepanjang hari. Sahutnya. 

Untuk metode monetisasi iklan Youtube shorts berbeda dengan versi video panjang. Jenis iklan yang dapat ditampilkan tak dapat disesuaikan oleh publisher, itu sepenuhnya menjadi hak otomatis oleh sistem pada bagian mana ditempatkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sesuai dengan namanya, hasil pendapatan gaji dari iklan juga menjadi pendek (kecil), karena video juga pendek. Hal ini terjadi karena uang di bagi bagi ke antara 3 - 5 konten kreator lainnya. 

Apakah maksudnya. 

Misalkan : Afrid fransisco sedang menonton 1 video youtube shorts milik Budi, lalu lanjut scroll ke milik video shorts Anita, kemudian lanjut scroll ke milik 1 video shorts milik Andi. Lalu berakhir sukses menonton iklan yang ditampilkan. 

Maka nilai pendapatan uang iklan dibagi kepada 3 ke masing masing akun adsense konten kreator dengan syarat perhitungan video shorts sudah ditonton beberapa detik sesuai aturan yang berlaku. 

Tetapi itu juga dapat berlaku uang iklan penuh. 

Misalkan : Afrid Fransisco menonton antara 5 - 10 video shorts sekaligus dalam 1 channel tanpa berpindah channel, maka sang kreator konten mendapatkan jatah uang iklan juga penuh tanpa dibagi bagi. 

Hal ini dapat berubah, jika Afrid Fransisco menonton video shorts berpindah pindah channel Youtube. 

Maka uang iklan juga dibagi bagi ke kreator short lainnya. 

Konsep monetisasi iklan Youtube shorts berbeda dengan versi video panjang.

Jika video panjang reguler pada umumnya, itu menjadi hak uang iklan sepenuhnya 100% milik kreator. ( 55% dari pembagian bagi hasil bersama Youtube ).

Tetapi nilai uang iklan di shorts di bagi bagi menjadi potongan kecil. 

Ya, sesuai dengan namanya,

Youtube shorts maka pendapatan uang gaji anda juga di shortskan. 

Berikut syarat menjadi Youtuber shorts :

1]. Jumlah subscriber harus mencapai 1.000 orang dan kuota penayangan 10.000.000 juta per 90 hari.

2]. Memiliki minimal usia 13 tahun

3]. Video shorts tak boleh hasil daur ulang ( recycle atau copypaste )

4]. Di wajibkan mengikuti peraturan yang berlaku dan menautkan Adsense ke akun anda. 

5]. Minimal telah mengumpulkan pencapaian sebanyak 4.000 jam pemutaran dalam waktu 12 bulan terakhir dengan bagi hasil 45% pendapatan iklan.  

6]. Video harus asli dan otentik.

NB : Ketentuan dapat berubah sesuai kebijakan Youtube yang berlaku saat itu. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.