Lompat ke konten Lompat ke footer

Aave dan Compound tempat berkumpulnya trader profesional untuk aktivitas simpan pinjam meminjam utang uang aset kripto terbesar di dunia dengan quick load, non custodial wallet, terdesentralisasi, suku bunga berbunga otomatis secara DEFI tanpa gagal bayar, tanpa kredit macet ( 2023 )

Di bidang ilmu komputer dan teknologi blockchain. Yang dirilis pertama kali pada tahun 2008 oleh bapak Satoshi Nakamoto terus mendapatkan nilai value yang dari hari ke hari semakin membesar.

Itu lalu mengundang banyak orang orang developer pemprograman, mahasiswa mahasiswi dari seluruh penjuru dunia untuk terus menerus ikut berpartisipasi mengembangkan, memperbaharui, mengotakatik, memperkuat, mempelajari dan menciptakan kekuatan ekosistem blockchain ke sesuatu yang lebih baru lagi belum pernah terjadi sebelumnya. 

Dimulai dari kelahiran bitcoin, lalu berkembang menjadi ethereum, ripple dan jenis crypto lainnya. 

Kemudian bergerak maju, dimana pada tahun 2018 yang lalu. Lahirlah atau tercipta sebuah sistem FI ( Finance Internet ) atau decentralized finance ( DEFI ).

Asal usul Bitcoin sebagai pelopor pemimpin pertama di dunia kriptografi memberikan efek berantai pada sistem finansial yang berjalan serba 100% otonom oleh algoritma komputer yang dibangun oleh komunitas orang orang internasional melalui internet via jarak jauh. 

DEFI kemudian melahirkan inovasi protokol lending. 

Dilihat dari posisi volume perdagangan. 

Sejauh ini pada tahun 2023. 

Temuan saya ada 2 lending DEFI terbesar di dunia ini yaitu AAVE dan COMPOUND.

Aave dan Compound tempat berkumpulnya trader profesional untuk aktivitas simpan pinjam meminjam utang uang aset kripto terbesar di dunia dengan quick load, non custodial wallet, terdesentralisasi, suku bunga berbunga otomatis secara DEFI tanpa gagal bayar, tanpa kredit macet ( 2023 )

AAVE memiliki simbol seperti menyerupai gambar logo hantu. Karena prinsipnya memang seperti hantu. Tidak ada seorangpun yang mengetahui siapa yang memberikan pinjaman dan siapa yang meminjam. Karena semua proses keuangan ini dijalankan oleh hantu. ( Istilah ini kurang tepat sih ya menurut saya, karena yang melakukan eksekusi adalah matematika dan algoritma komputer, bukan hantu ). 

Di Indonesia. 

Website resmi AAVE diblokir dan dibanned oleh pemerintah Indonesia melalui KOMINFO sehingga tak dapat kita akses. 

AAVE memiliki keunggulan dibidang quick load dan wallet miliknya bertindak non custodial sehingga lebih hemat biaya transaksi. 

Pembahasan selanjutnya yaitu tentang COMPOUND. Karena AAVE diblokir.

Compound adalah protokol DeFi terdesentralisasi untuk market suku bunga. Saat seorang trader memasok ETH untuk mendapatkan bunga, ditukar dengan cETH, yang dapat ditukar lagi dengan ETH.

Pada tahun 2023. Compound telah sukses mengumpulkan jumlah anggunan berupa uang aset crypto sebesar $ 2,5 miliar dolar atau sekitar Rp 37 triliun dan pada saat bersamaan telah sukses meminjamkan sebesar $ 900 juta dolar atau sekitar Rp 13 triliun rupiah. 

Kalau teman teman bandingkan dengan perusahaan Bank BCA yang memiliki Rp 209 triliun rupiah. Maka Compound masih dianggap kecil, namun Compound tak dapat dianggap remeh juga.

Bank BCA dan Compound walaupun punya prinsip terlihat sama, sesungguhnya berbeda. 

Di Bank BCA kita mengenal ada deposito untuk mereka yang mau memberikan pinjaman uang dan kredit bunga untuk pengutang atau orang yang mau berutang dibebani dengan bunga. 

Compound menggunakan sistem smart contract yang dapat diakses secara terbuka. Compound menyediakan layanan peminjaman uang aset dimana pemberi dan peminjam diwajibkan mengunci aset kripto ke dalam protokol yang dihargai atau dibayar dengan suku bunga mengacu pada nilai aset.

Para pengguna Compound dan AAVE. Pada umumnya bukan digunakan oleh orang orang biasa. Ini dibutuhkan skill SDM dengan kemampuan teknis yang mengacu kepada dari golongan trader profesional dengan telah mengerti tentang resiko dan segala macam macam keuntungannya.  

Ada faktor anggunan sebesar antara 50% - 70% dari nilai aset. Lalu selisihnya berupa bunga dan sanksi jika telat membayar dari perjanjian waktu yang telah ditentukan 

Lalu ada orang orang biasa bakal bertanya. Lho kenapa ada orang mau ngutang duit ke tempat semacam ini. Tetapi malah pihak penyedia memberikan pinjaman utang yang jauh lebih kecil semana mestinya dari total yang didapatkan atau dikunci. Nampak terlihat semua peminjam utang merugi karena harus mengeluarkan jumlah modal awal yang lebih besar. 

Walaupun dilihat dari beberapa sisi. Platform ini punya keunggulan lain yaitu anti gagal bayar dan tanpa kredit macet tapi tetap masih saja aja ada resiko terbesar yaitu penurunan aset coinnya bisa turun anjlok parah. 

Jadi, kembali ke pembahasan diatas. 

AAVE dan COMPOUND hanya didesain untuk kalangan trader profesional untuk menggunakan platform ini sebagai cara bagi mereka meningkatkan penghasilan profit di dunia perdagangan trading.  

Daftar jenis aset yang didukung oleh compound antara lain : USD coin, DAI, Ether, Wrapped BTC, Tether, Basic attention token, Uniswap, Sushi, Chainlink, Ox, Sai, Trueusd, yearn finance, augur, dan masih banyak lagi. 

Nah, buat teman teman yang bukan trader profesional atau belum memiliki skillnya.  

Sebaiknya ngga usah mencoba coba layanan dari platform jasa pinjam meminjam utang ala AAVE dan COMPOUND. Karena tanpa pengalaman skill memadai, hasilnya dijamin malah selalu jadi buntung. 

Biarkan para trader profesional bekerja di tempat ini ( AAVE dan COMPOUND ). 

Nama : Compound

Alamat : app.compound.finance

Kantor pusat : - ( terdesentralisasi live in internet )

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.