Lompat ke konten Lompat ke footer

Calmaine : kisah sukses perusahaan perternakan budidaya ayam yang memelihara 53.000.000 juta ekor ayam petelur di 64 kandang seluas 28.000 ribu hektar di Amerika Serikat dengan sukses menjual dan ekspor miliaran butir telur pertahun ke berbagai negara lainnya ( 2023 )

Perusahaan Calmaine dinobatkan mendapat peringkat sebagai #1 produsen telur ayam terbesar di Amerika Serikat. 

20% hasil dari telur yang dihasilkan melalui pembudidayaan perternakan calmaine di konsumsi di dalam negeri secara lokal oleh warga negara Amerika Serikat. Sisanya 80% di ekspor ke luar negeri.

Jadi apa yang menarik dari perusahaan ini. 

Kenapa bisa menjadi sebesar ini. 

Mari sama sama ikuti sejarahnya yuk.

Calmaine : kisah sukses perusahaan perternakan budidaya ayam yang memelihara 53.000.000 juta ekor ayam petelur di 64 kandang seluas 28.000 ribu hektar di Amerika Serikat dengan sukses menjual dan ekspor miliaran butir telur pertahun ke berbagai negara lainnya ( 2023 )

Seorang pria bernama Fred adams asal kelahiran Amerika Serikat.

Di tahun 1957 memulai usaha pertamanya dengan membangun kandang ayam di lahan kebun kapas milik tanah orangtuanya yang cukup luas. 

Untuk menjalankan operasi bisnis budidaya ternak ayam miliknya, Fred adams membeli truck bekas dari modal bantuan kedua orangtuanya. Truck ini digunakan untuk mengangkut karung pakan ternak dari toko ke kandang miliknya. 

Usaha penjualan dari ternak ayam menguntungkan Fred adams, hasil uang digunakan kembali untuk memperluas lahan dengan langkah menyewa tanah di sekitar tempat beliau membudidayakan ayam, sehingga jumlah luas hektar bertambah lebih luas.

Hingga tahun 1963. Pundi pundi penghasilan Fred adams dari budidaya ayam terus meningkat pesat. 

Secara terus menerus, Fred adams membeli lahan baru seluas berhektar hektar ( tidak lagi menyewa tanah ) dan merekrut banyak karyawan pekerja untuk mengoperasikan perternakan miliknya. 

Telur yang beliau jual laku keras di pasaran dan disukai oleh pembeli konsumen orang orang lokal di Amerika Serikat. 

Singkat cerita, sebuah stasiun radio lokal tertarik datang ke kandang miliknya dan mewawancarai beliau tentang perternakan ayam miliknya yang sukses besar. 

Selesai di wawancarai di radio, keesokan harinya di tahun 1963. Banyak orang mendengar kabar tentang kesuksesan Fred adams. Dari peristiwa ini, nama Fred tersiar jauh hingga ke berbagai tempat. Sehingga banyak mengundang para pebisnis di perternakan ayam serupa untuk datang mengajak Fred adams bekerjasama memperbesar kapasitas menjadi lebih besar lagi.  

Di tahun 1963. Perusahaan Calmaine didirikan. Ini mengokohkan fasilitas kandang miliknya dari usaha UKM untuk menjadi lebih profesional dalam bentuk PT. 

Pada tahun 1988. Perusahaan Calmaine mencapai rekor untuk pertama kalinya memelihara sebanyak 6.800.000 juta ekor ayam petelur. 

Pada tahun 1996. PT calmaine melakukan IPO. Terdaftar di bursa saham NASDAQ Amerika Serikat. 

Sejak memutuskan IPO, perusahaan Calmaine makin menganas karena modal keuangannya bertambah berkali kali lipat dari para investor. Jadi, satu per satu perusahaan perternakan ayam petelur yang memiliki bisnis serupa diakuisisi oleh Calmaine. Sehingga kapasitas jumlah perternakan ayam terus meningkat lebih besar daripada sebelumnya.    

Pada tahun 2014. Perusahaan Calmaine kembali mencetak rekor dengan memelihara tembus puluhan jutaan ekor ayam dengan menghasilkan tonggak sejarah untuk pertama kalinya menjual 1.000.000.000 miliar butir telur per tahun. 

Pada tahun 2020. Perusahaan Calmaine memperkerjakan 3.461 ribu karyawan, memelihara 53.000.000 juta ekor ayam petelur, memiliki 64 fasilitas kandang modern, memiliki 25 pabrik pengelolaan pakan ternak ayam, memiliki 7 pabrik distribusi pengelolaan terpadu, memiliki 43 gudang pabrik pengemasan telur untuk dijual ke toko toko dan memiliki 28.000 ribu hektar tanah milik pribadi atas nama calmaine ( bukan sewaan ). 

Setiap pabrik menggunakan energi listrik terbarukan melalui panel photovoltaic.

Setiap fasilitas kandang menggunakan teknologi modern bahkan memiliki sistem penyejuk suhu ruangan yang canggih untuk melawan dampak dari pemanasan global iklim dan teknik manajemen biosecurity yang ketat terhadap virus flu burung. 

Setiap karyawan yang masuk ke kandang harus disterilkan dan diwajibkan menggunakan pakaian khusus.  

Tak cukup sampai disitu. Calmaine juga bergerak memperluas bisnis miliknya dengan mengakuisisi banyak perusahaan yang bergerak di rantai pasokan untuk memperkuat industri budidaya ayam miliknya. Seperti mengakuisisi pabrik pengelolaan pakan ternak ayam dan mengakuisisi pabrik pengolahan & pengemasan untuk mempermudah penjualan telur agar dapat di jual ke berbagai macam toko Walmart, toko minimarket lainnya dan juga ditujukan untuk ekspor ke negara lainya.

Founder PT Calmaine

Sebagai tambahan informasi. Calmaine bukan satu satunya perusahaan perternakan ayam petelur di Amerika Serikat. Di bidang pangsa pasar yang sama, calmaine menguasai 62% market ayam petelur di USA.

Pada tahun 2020. Pendapatan kotor perusahaan calmaine pertahun mencapai $ 1,3 miliar dolar atau sekitar Rp 20 triliun rupiah atau setara Rp 20.000.000.000.000 miliar rupiah pertahun. 

Nama : Calmaine 

Kategori : Budidaya perternakan ayam petelur

Kantor pusat : Amerika Serikat

Alamat : Calmainefoods.com

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.