Lompat ke konten Lompat ke footer

Pemerintah Amerika Serikat membeli 1.681 unit mobil tempur JLTV dan 1.152 unit truck militer FMTV dengan total harga senilai $ 543 juta dolar atau sekitar Rp 8,4 triliun rupiah ( 2023 )

Perusahaan swasta teknologi militer asal Amerika Serikat, Oshkosh defense. Telah memberikan pengumuman resmi kepada para pemegang saham di seluruh dunia bahwa pemerintah Amerika Serikat telah kembali lagi, lagi dan lagi membeli 1.681 unit mobil tempur tambahan dari model JLTV dan 1.152 unit truck model FMTV.

Pesanan ini sesungguhnya berasal dari pembicaraan sejak tahun 2022 yang lalu. 

Alustista diproduksi, dikirim dan digunakan segera untuk ditujukan kepada angkatan darat AS, angkatan udara AS dan angkatan laut AS. 

Total pembelian tambahan ini senilai $ 543 juta dolar atau sekitar Rp 8,4 triliun rupiah ( setara lebih dari Rp 8.416 miliar rupiah ). 

[ Kode saham NYSE : OSK ]

[ NB : Pembelian tidak termasuk senjata senapan mesin RCWS dan bukan varian hybrid electric car

Pemerintah Amerika Serikat membeli 1.681 unit mobil tempur JLTV dan 1.152 unit truck militer FMTV dengan total harga senilai $ 543 juta dolar atau sekitar Rp 8,4 triliun rupiah ( 2023 )  

Oshkosh corporation merupakan perusahaan senjata militer terbesar peringkat #46 di dunia yang bergerak di bidang industri pembangunan mobil tempur lapis baja. 

Selama berdekade dekade. Oshkosh terus berupaya memajukan produk miliknya guna memberikan keselamatan bagi para tentara saat berada di area berbahaya, melindungi ketahanan diri, efektif dan memastikan kesuksesan misi sesuai standar militer Amerika Serikat dan dari segi bisnis setiap produk memiliki harga relatif kompetitif terjangkau tanpa merugikan keuangan AS.

Tentang JLTV

JLTV atau joint light tactical vehicle merupakan varian upgrate kecanggihan dengan kemampuan ditingkatkan dari model mobil tempur lama ( HUMVEE atau disebut juga HMMWV ) yang sudah menua. 

Ketahanan JLTV telah ditingkatkan, daya tampung muatan diperluas, daya hidup terhadap ledakan ranjau IED ditingkatkan, mobilitas diupgrate, akselerasi dipercepat dan kontrol dashbor komputer diupgrate, 

Jarak jangkau operasional sekali isi bahan bakar minyak (BBM) dengan tangki penuh dapat mencapai hingga 482 km.  

Teknik hit n run atau ketika mobil dalam keadaan mesin mati, lalu bergegas menyala hendak dengan cepat berpindah posisi. JLTV hanya membutuhkan waktu 9 detik untuk melakukan akselerasi tersebut dari keadaan 0 ( diam ) ke kecepatan 48 km/jam. 

Mobil tempur JLTV dapat diinstal dengan berbagai macam persenjataan. Meliputi senapan mesin RCWS, peluncur rudal Hellfire, Javelin hingga rudal pertahanan udara Stinger. 

Senjata canggih ini dapat digunakan untuk menyerang, menghancurkan, membunuh dan mengalahkan kendaraan lapis baja musuh lainnya yang ditemui. Bahkan dapat meledakkan tank musuh apabila JLTV diinstal dengan sistem peluncur rudal Javelin dan Hellfire.

JLTV merupakan aset alustista militer relatif murah dibandingkan alat berat militer lainnya, selain itu bersifat taktis, perawatannya mudah dan begitu mematikan dalam banyak skenario apabila dilengkapi dengan rudal dan RCWS.

Ini merupakan upaya bagus bagi pemerintah Amerika Serikat menurut mansfield untuk melengkapi jajaran formasi alustista US ARMY. Alih alih menggunakan platform mahal seperti tank Abrams yang berharga fantastis, berat dan kurang lincah. JLTV dapat memberikan manfaat nyata di dalam formasi pertempuran untuk beralih dari tank ke JLTV. Selain itu mudah diangkut oleh pesawat Hercules dan helikopter ke lokasi yang diinginkan dengan cepat. 

Mansfield mengatakan : 

Perang di Ukraina. Memberikan kepercayaan pada gagasan untuk mempersenjatai kendaraan ini dengan senjata yang relevan terhadap pertempuran perkotaan modern. Sahutnya. 

JLTV lahir pada tahun 2016. 

Sepanjang sejarahnya dari 2016 - 2023. Perusahaan Oshkosh mengklaim telah memproduksi dan menjual sebanyak 19.000 unit JLTV ke pemerintah Amerika Serikat dan kepada negara negara lain para sekutu Amerika Serikat yang diizinkan untuk diekspor berdasarkan mandat White house.  

Tentang FMTV

FMTV adalah truck militer yang diawaki oleh 2 kru dengan perlindungan bagian depan kebal terhadap terjangan peluru dan mampu menahan pecahan serpihan partikel kecil kecil dari semburan artileri. 

Misi FMTV didesain untuk mendukung tugas membawa logistik militer dan membantu upaya dalam hal transportasi barang barang guna memastikan kemenangan perang. 

Jarak tempuh FMTV mampu menjangkau hingga jarak 483 km sekali isi bahan bakar dalam keadaan tangki penuh. Kecepatan maksimal 94 km/jam dan mampu menerjang medan berat seperti hutan, padang pasir, jalan berbatu, jalan tak beraspal, jalan bertanjak, dll. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.