Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Infinidome : Teknologi perisai serangan peperangan elektronik warfare untuk drone ( 2023 )

Penggunaan drone sebagai investasi aset militer semakin hari semakin meningkat pesat di dunia ini. Dimana berbagai macam angkatan bersenjata di seluruh dunia berbondong bondong hendak membeli, meminang dan berusaha memiliki drone kamikaze atau jenis drone lainnya sebagai alat tempur.

Tetapi ancaman baru muncul. Yaitu sejenis senjata peperangan elektronik. 

Itu berbentuk mulai dari perangkat genggam kecil menyerupai senapan pengambilalih kontrol hingga senjata kelas berat menggunakan truck dan tank untuk melakukan proses jamming yang mampu melumpuhkan, menjatuhkan dan mengambilalih drone hingga radius jarak jauh. 

Israel Infinidome : Teknologi perisai serangan peperangan elektronik warfare untuk drone ( 2023 )

Merebaknya sistem penyerangan EW untuk mengalahkan drone. Menjadikan tantangan tersendiri bagi angkatan bersenjata di seluruh dunia.

Israel dikenal sebagai salah satu pemimpin dunia di bidang teknologi drone, sekaligus juga piawai membuat sistem pengacau elektronik drone, Israel juga piawai membuat sistem keamanannya. Ini memang agak klise ya. 

Infinidome asal Israel adalah perusahaan yang untuk pertama kali menciptakan perisai keamanan drone hanya seberat 150 gram dalam melawan peperangan elektronik paling canggih sekalipun. Dijamin drone anda aman atau your money back guarantee. 

Infinidome menciptakan teknologi GPSdome. Solusi keamanan data dari sensor modul anti jamming. Memberikan ketahanan navigasi dari penolakan GNSS (GPS). Teknologinya menggabungkan pola dari beberapa antena omni directional secara real time untuk menciptakan pola baru sehingga meredam gangguan EW dan melindungi komunikasi data nirkabel. 

Foto : Omer sharar, Founder Infinidome

Omer sharar, salah satu anak muda, founder Infinidome dari Israel mengatakan : 

Infinidome memberikan perlindungan untuk drone tak berawak. Produk masa depan GPSdome dan Infinidome memungkinkan BVLOS ( beyond visual line of sight ) dan pengoperasian otonom untuk udara, darat dan laut. Sahutnya. 

Jasmine topor dari Israel mengatakan 

Investasi strategis ini berfungsi sebagai langkah penting untuk mendukung klien kami dalam menggunakan teknologi canggih di berbagai platform. Entah itu drone sipil komersial dan militer. Kami berharap dapat meningkatkan kemampuan canggih yang dapat membuat pelanggan kami unggul dari berbagai macam ancaman dan tantangan. Sahutnya. 

Teknologi ciptaan Infinidome hanya seberat 150 gram dan telah dipatenkan. Produk sudah digunakan oleh berbagai pelanggan klien dari negara asing. Meliputi Amerika Serikat, India dan Korea Selatan.

Pertama tama, itu diinstal pada berbagai macam tipe drone. Mulai dari UAV, UGV dan USV. Termasuk aset alustista non-drone. Seperti kapal perang, kapal boat, helikopter, pesawat tempur hingga ke kendaraan militer lainnya. 

Pada masa depan, teknologi ini dapat pula diinstal pada kendaraan mobil otonom self driving milik sipil dalam mendukung advanced aerial mobility di area ranah komersial guna mengaktifkan system autonomous world dan dapat digunakan pula untuk memberikan perisai keamanan pada gedung infrastruktur cloud computing, gedung pusat commando, gedung kantor militer, infrastruktur GCS, dll.

Foto : Founder Infinidome, Professor doktor Moshe kaplan dari Israel

Perusahaan Infinidome didirikan oleh 3 founder asal Israel, lulusan Tel Aviv University (TAU). Terdiri dari Ehud sharar, Moshe kaplan dan Omer sharar. Mereka dikenal ahli di bidang ilmu pengetahuan jamming dan spoofing. 

Pendanaan modal awal didanai oleh pemerintah Zionis Israel. 

Mayoritas drone membutuhkan konektivitas dan sistem yang kuat agar dapat berfungsi dengan baik dan aman. Terutama 1 atau 2 dekade ke depan manusia segera memasuki zaman era otonom seperti mobil listrik tanpa awak kelak menjadi pemandangan lazim, internet 5G, robotika, alat alat IoT, cloud dan masih banyak lagi. Semua perangkat ini tentu membutuhkan solusi Infinidome. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Afrid Fransisco
Afrid Fransisco Blog Information, Technology, Christian Lyrics, Dayak Ngaju and Diary.